Mar 1, 2015

Arti Samsung dan Sejarahnya

Arti Samsung dan Sejarahnya

Logo Samsung dari masa ke masa
Kalau mendengar nama Samsung, pasti orang akan teringat akan smartphone dan peralatan elektronik asal Korea Selatan. Sebelum Samsung menjelma sebagai raksasa teknologi perusahaan tersebut diawali dari pembuatan mie dan menjual makanan laut kering pada tahun 1938. 


Kata "Samsung" artinya "tiga bintang" dalam bahasa Korea. Kata tersebut sengaja dipilih oleh sang pendiri, Lee Byung-chull, karena dia bercita-cita membangun perusahaannya menjadi besar dan abadi seperti bintang di langit. 


Lalu mengapa tiga bintang, bukan dua, empat atau lima?. Alasannya adalah karena angka "3" menurut orang Korea bermakna sebagai simbol atau representasi dari sesuatu yang besar dan berkuasa. Logo perusahaan Samsung pada awalnya pun menyertakan angka "3" yang secara harfiah berupa gambar tiga bintang. 

Tetapi pada tahun 1969 muncul Nama "Samsung" dalam aksara latin. Ketika itu perusahaan asal Negeri Ginseng itu berubah nama menjadi Samsung Electronics dan mulai melebarkan sayap ke bidang elektronik dengan memproduksi tape recorder serta Televisi hitam putih. 

Logo terkini dari Samsung memiliki bentuk elips warna biru sedikit miring dan teks berwarna putih di tengahnya. Logo ini baru ditetapkan sebagai logo perusahaan pada 1993, di bawah inisiatif manajemen baru Lee Kun-hee. 

Lee Kun-hee adalah tokoh yang mengarahkan Samsung agar mulai fokus mengembangkan bisnis di ranah ponsel, setelah mulai membuat telepon genggam pada tahun 1988. Beberapa tahun belakangan, berkat dukungan sistem operasi besutan Google yakni Android yang diterima secara luas di masyarakat, pamor Samsung meroket sebagai salah pabrikan ponsel pintar terbesar di dunia. 

Jajaran produk Samsung pun semakin meluas, dari tablet, jam tangan pintar hingga headset virtual reality. Nama perusahaan "tiga bintang" yang dulu berkutat dengan mie dan makanan kering itu pun kini berganti dan lebih akrab di telinga penggemar teknologi dan gadget mobile. 

Sumber : Kompas
Arti Samsung dan Sejarahnya
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon