ads

Inilah Cara Preventif Sebelum Smartphone Android Anda Hilang

Kamis, 26 Maret 2015
Perangkat Android

Bagi Anda pengguna smartphone berbasis apa pun tentu paling tidak mengenakan ketika perangkat yang kita miliki hilang. Hilangnya mungkin dikarenakan beberapa sebab seperti lupa menyimpan, terjatuh atau diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Pada dasarnya hampir semua sistem operasi mempunyai pengaturan agar bisa dilacak keberadaan smartphone tersebut. Tetapi sayangnya tidak semua pengguna smartphone mengetahuinya. Begitu juga bagi Anda pemilik smartphone Android. 

Perangkat Android pasti sudah terinstall Google play di dalamnya. Ketika Anda pertama kali menggunakan google play di smartphone atau tablet, google akan menginstall android device manager pada smartphone tanpa sepengetahuan Anda. Untuk dapat menggunakan semua fitur tersebut kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Fitur ini merupakan cara pencegahan sebelum perangkat smartphone yang Anda miliki hilang.   
Berikut cara mengaktifkan Android Device Manager



  1. Masuk ke bagian Setting 
  2. Kemudian pilih Security/ Keamanan 
  3. Setelah itu pilih Device Administrator / administrasi perangkat 
  4. Anda akan melihat beberapa aplikasi, klik pada Android device manager / pengelola perangkat android 
  5. Kemudian klik activate / aktifkan
Setelah mengaktifkan Android Device Manager ini, kita bisa mengetahui lokasi smartphone atau tablet Android Anda yang hilang atau dicuri, caranya dengan membuka browser di komputer/laptop Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut : 


  1. Kunjungi situs Google Play 
  2. Selanjutnya Anda mengatur pada gambar gear atau icon setting di pojok kanan atas 
  3. Setelah itu pilih android device manager / pengelola perangkat android 
  4. Setelah itu klik android device manager pada browser , maka akan otomatis terhubung dengan Smartphone anda. 
  5. Setelah android device manager menemukan posisi smartphone , anda akan dapat melihat lokasinya pada google maps dan jarak antara anda dengan perangkat Android anda. 
Sekarang anda memiliki 3 pilihan untuk : 


  1. Ring the device (Deringkan). Pilihan ini akan membuat smartphone atau tablet Anda berbunyi selama 5 menit walaupun perangkat tersebut dalam keadaan diam. 
  2. Lock the device (Kunci Perangkat). Fitur ini berguna untuk mengunci perangkat android anda sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain. 
  3. Erase all Data (Hapus Semua Data). Dengan menggunakan fitur ini semua data yang ada di perangkat android Anda akan hilang termasuk gambar, musik, file dan lain sebagainya. 
Catatan: Perangkat dapat dilacak walaupun GPS dalam keadaan tidak aktif, namun harus dalam keadaan terkoneksi ke internet.


0 komentar:

Poskan Komentar test