ads

Meriahnya Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional

Minggu, 15 Maret 2015
Acara Kopdar Guru Blogger Nasional 

Hari ini Minggu tanggal 15 Maret 2015 saya dan rekan blogger dari Komunitas Blogger Indramayu Sugiharto berangkat menuju ke Jakarta menggunakan kereta api Cirebon Ekspress tujuan Gambir. Berangkat dari Stasiun Kereta api pukul 07.24, tidak mau ketinggalan kereta saya sudah berangkat dari rumah jam 05.30. 

Saya mengikuti acara ini tentu tidak lain ingin bersilaturahmi dengan rekan-rekan guru dari seluruh daerah di Indonesia yang suka dengan ngeblog. Kebetulan hobi ini yang selama ini saya tekuni dan sudah menjadi penghasilan tambahan untuk saya sekeluarga.

Naik kereta api Cirebon Ekspres bersama rekan blogger Indramayu Sugiharto

Selain itu sebagai blogger tentu tidak ingin ketinggalan informasi mengenai banyak hal dari pengetahuan tentang dunia teknologi dan informasi agar tidak ketinggalan dengan peserta didik yang sekarang bisa saja kemampuannya mengalahkan gurunya. Agar guru juga melek dengan internet tetapi yang bermanfaat dan bisa menghasilkan. 

Naik bajaj dulu 
Sampai di Stasiun Kereta Gambir sekitar pukul 09.17 lalu kami berdua menuju ke Gedung Indosat yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No.21 Jakarta Pusat menggunakan bajaj. Walaupun terjadwal acara dimulai pukul 08.00 tetapi karena kereta api yang berhenti di Stasiun terdekat dengan rumah sekitar pukul 07.24 jadi terpaksa terlambat. 

Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional hari ini terselenggara berkat dukungan ICITY Indosat yang di dalamnya berisi tips dan trik menarik, serta permasalahan yang dialami oleh pengguna Indosat bisa ditumpahkan ke dalam situs ini yang merupakan situs crowdsourcing pertama di Indonesia yang memiliki prinsip dari pelanggan, oleh pelanggan dan untuk pelanggan.

Pendaftaran di booth acara 

Ketika kami datang saya langsung mendaftar terlebih dahulu. Saat sampai di ruangan acara baru dimulai dengan sambutan dari Pak Namim. Acara begitu meriah karena tidak hanya dihadiri oleh rekan-rekan guru dan blogger dari Jabotabek saja. Tetapi dari guru dan blogger dari Garut, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Cirebon bahkan dari Palembang pun ada. 

Om Jay sedang menjelaskan KSGN

Setelah Pak Namim, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wijaya Kusumah yang lebih dikenal dengan nama Om Jay. Pada kesempatan ini Om Jay menjelaskan tentang Komunitas Sejuta Guru Ngeblog yang tepat hari ini berulang tahun ke satu. Dia berharap cita-cita untuk mewujudkan sejuta guru ngeblog bisa terwujud walaupun dia sudah tiada. 

Blogger dan Guru Senior

Selepas Om Jay menjelaskan tentang Komunitas Sejuta Guru Ngeblog ada beberapa game yang unik dan menarik. Karena pada game ini peserta dengan usia paling tua dengan usia di atas 50 tahun mendapatkan penghargaan di acara ini. Selain itu ada juga penghargaan untuk pengawas yang aktif di dunia blogging.  

Mba Ghina dari ICITY Indosat

Acara berikutnya adalah penjelasan tentang Forum ICITY yang dibawakan oleh Mba Ghina. Pada kesempatan ini mba Ghina menjelaskan tentang forum yang banyak digunakan oleh berbagai pengguna gadget, komunitas dan masih banyak lagi lainnya. Forum ICITY memberikan banyak kesempatan bagi pengguna Indosat atau operator lain untuk saling berbagi dan juga bertanya tentang kendala. 

Untuk mendukung para blogger, rencananya ICITY akan mengeluarkan program khusus blogger pada bulan April 2015. Ini sebagai langkah inovasi dari forum yang sudah memiliki lebih dari 2500 solusi thread dengan pengunjung lebih dari 9 juta orang pada bulan Februari 2015 mendatang.

Dedi Dwitagama

Setelah penjelasan dari mba Ghina, ada hadiah untuk penanya terbaik dari panitia dengan hadiah voucher pulsa 200 ribu. Selepasnya acara ini dilanjutkan dengan talk show dengan pembicara ternama seperti Dedi Dwitagama, M. Subakri dari Lumajang dan Ibu Amiroh Adnan dari Jombang dan moderator Namim, . 

Manfaat ngeblog sangat banyak selain nama kita jadi terkenal di dunia maya, bisa menghasilkan, jalan-jalan dan lain sebagainya. Dedi Dwitagama berharap guru-guru Indonesia lebih aktif dan ditulis di blog agar tulisan tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain. Kabarkan kebaikan kepada masyarakat luas sehingga informasi di dunia maya dipenuhi dengan informasi-informasi pendidikan yang positif.

Meriahnya acara kopdar guru blogger nasional 

Menurut Bu Amiroh ngeblog banyak sekali manfaatnya diantaranya media untuk bertemu dengan banyak orang, untuk berbagi, termasuk untuk e-learning tools. Blog harus memiliki kategori sesuai dengan dirinya masing-masing. Blogger juga bisa memiliki kekhususan seperti khusus untuk orang tua, guru dan siswa. Pada kesempatan ini Ibu Amiroh bagi-bagi buku kepada peserta kopdar blogger guru Nasional. Ibu Amiroh berpesan "Jangan berpikiran ngebog untuk mencari uang, mencari trafik, dan popularitas, mulailah dengan hati yang bersih".

Setelah pentingnya ngeblog oleh Ibu Amiroh, sekarang Pak M. Subakri menjelaskan tentang blognya yang isinya tentang sekolah dan anak-anak didiknya yang berada di Lumajang. Kebanyakan orang tuanya pergi ke luar negeri khususnya Malaysia sehingga mereka tinggal bersama dengan kakek dan neneknya.
Pak M. Subakri sedang memperlihatkan video tentang anak didiknya

Pak Subakri ini sekarang membuat jaket dengan tulisan "Ayo Mendidik" untuk digunakan oleh siapa saja terutama para guru dan orang yang peduli dengan dunia pendidikan. Pak M. Subakri ini sering memberikan hadiah blog kepada pejabat di lingkungan pendidikan dan lain-lain.

Makan siang
Acara dihentikan sejenak untuk makan siang dan shalat dzuhur. Kami makan bareng dengan reman-teman blogger dari Bandung, Sukabumi yang tergabung dalam relawan TIK Bandung dan Jawa Barat, dan Emak2 Blogger.

Imam Suwandi menjelaskan tentang Selfie Journalism

Selanjutnya materi tentang Selfie Journalism yang dibawakan oleh Imam Suwandi dari Metro TV. Sebagai jurnalis harus memiliki kemampuan untuk bercerita dan bagaiman menulis dengan baik yang memberikan pengaruh. Dia menjelas tentang penggunaan tongsing bisa digunakan untuk mengirimkan berita.

Salah satu reportase menggunakan tongsis

Kelebihan dari Selfie Journalisme adalah ekonomis dan tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Tetapi harus memiliki pengetahuan tentang jurnalisme dan tidak mengunggah hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma sosial dan susila.

Untuk guru, bisa membuat selfie journalisme untuk pembelajaran, membuat informasi tentang lingkungan sekitar. Selain itu bisa juga digunakan untuk media pendidikan dan pembelajaran untuk peserta didiknya.
Onno W. Purbo sedang memberikan materi 

Acara selanjutnya ada Onno W. Purbo yang memberikan pengalaman tentang perjalanannya dari menjadi dosen sebagai pengangguran karena dia ingin membuat pintar bangsa Indonesia yang jumlahnya ratusan juta. Maka tidak heran jika dia sudah berhasil membuat buku sebanyak 40 buku tentang perjalanan hidup dan pengetahuannya tentang dunia Teknologi Informasi dan Teknologi.

Onno W. Purbo memperkenalkan program kuliah gratis melalui Cyber Learning. Jumlah mahasiswanya saat ini berjumlah 8.217 mahasiswa yang bisa diikuti oleh semua masyarakat Indonesia dari mana saja dan kapan saja. Pesan Pak Onno W. Purbo "jika mengajar hanya beberapa orang tetapi dengan menulis di blog kita bisa mengjar lebih untuk semua orang".

Pemenang Live Blogging

Setelah pemateri terakhir dari Onno W. Purbo, acara yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman pemenang lomba Live Blogging dan pemenangnya adalah Didno. Bang Aswi, Rozan, Zannah Tambunan dan Farichatul Jannah. Alhamdulillah saya mendapatkan hadiah berupa smartphone Sony Xperia E1.

Foto Bareng Kopdar Guru Blogger Nasional  

Setelah pembagian hadiah, acara dilanjutkan dengan foto bersama dengan rekan-rekan guru dan blogger. Itulah kemeriahan acara Kopi darat Akbar Guru Blogger Nasional yang acaranya diadakan di Gedung Indosat lantai 4. Jalan Medan Merdeka Barat No. 21 Jakarta Pusat.

Salam dari Blogger Indramayu


5 komentar for Meriahnya Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional:

  1. Waah reportasenta keren... selamat ya mas.... itu acr yg terakhir bs je repirtase in nas kan kewat ham 13... *kepo eh salam kenal ya ^_^

    BalasHapus
  2. Selamat, Pak. Saya mendukung Guru Ngeblog. Sayangnya, saya terlewat dengan informasi kopdar ini.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam