ads

Selfie Journalism Bisa Jadi Tren Untuk Wartawan dan Blogger

Senin, 16 Maret 2015
Imam Suwandi penggagas Selfie Journalism

Pada hari Minggu kemarin tanggal 15 Maret 2015, saya mengikuti acara Kopdar Guru Blogger Nasional di Gedung Indosat Jakarta di jalan Medan Merdeka Barat No.21 Jakarta Pusat. Ada hal yang menarik dan juga inspiratif untuk saya sebagai seorang guru yang suka ngeblog yakni Selfie Journalism.

Materi Selfie Journalisme dibawakan oleh Imam Suwandi dari News Producer Metro TV. Dia menjelaskan apa dan bagaimana Selfie Journalisme. Selfie Journalism artinya jurnalisme dengan menggunakan tongsis untuk reportasenya.

Alat yang dibutuhkan cukup simpel yakni sebuah tongsis atau tongkat narsis dan sebuah smartphone untuk pengambilan gambarnya. Tongsis yang biasanya digunakan untuk photo selfie atau membantu memotret saat tidak ada teman ternyata bisa dimanfaatkan untuk reportase yang bermanfaat untuk orang banyak apalagi untuk hal-hal atau kejadian-kejadian yang sangat penting seperti meliput kejadian bencana, kecelakaan lalulintas, pesawat jatuh atau yang lainnya. 

Kelebihan dari Selfie Journalism adalah praktis dan ekonomis. Praktis karena tidak harus menggunakan peralatan yang besar dan banyak seperti kamera besar atau handycam hanya membutuhkan kamera smartphone dan tongsis. 

Selain itu ekonomis dengan hanya menggunakan tongsis maka biaya untuk mendapatkan informasi menjadi lebih hemat. Tetapi Selfie Journalism sendiri mempunyai kekurangan yakni masalah audio yang dihasilkan. Sehebat-hebatnya suara microfon smartphone untuk mengambil suara maka hasilnya tidak bisa mengalahkan microfon yang dimiliki oleh kamera profesional atau handycam. 

Oleh sebab itu hasil dari Selfie Journalism sebaiknya melalui editing terlebih dahulu agar hasil videonya terlihat menarik. Ini menjadi inspirasi untuk blogger sebagai citizen journalism atau jurnalisme warga. Sehingga jika banyak warga yang mengerti selfie journalism maka bukan tidak mungkin ke depannya banyak informasi atau berita menarik yang dihasilkan oleh warga. 

Berikut contoh Video Selfie Journalism oleh Imam Suwandi bersama Onno W. Purbo :

 

1 komentar on Selfie Journalism Bisa Jadi Tren Untuk Wartawan dan Blogger

  1. hello apa kabar gan? betul gan pakek tongsis praktis dan ekonomis tapi harus melalui editing dulu biar hasilnya bagus .. sip makasih infonya gan

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam