ads

Squba Mobil Pertama di Dunia yang Bisa Menyelam di Air

Minggu, 29 Maret 2015

Mungkin mobil yang bisa berjalan di darat dan di dalam air hanya ada dalam film-film fiksi ilmiah atau dalam film James Bond. Tetapi dalam kehidupan nyata sebenarnya ada.  Perusahaan mobil asal Swiss Rinspeed Inc. menciptakan sebuah mobil yang diberi nama sQuba. Mobil ini merupakan mobil pertama di dunia yang bisa berjalan di darat dan di dalam air. 

Mobil sQuba selain canggih dan bisa dikendarai di dalam air, sQuba juga memiliki emisi nol artinya sangat ramah lingkungan. Mobil ini dilengkapi baterai lithium-ion dan 3 mesin motor listrik. Satu mesin untuk perjalanan di darat, dan dua mesin lainnya untuk mengapung dan masuk ke dalam air.

Kedalaman yang bisa ditempuh oleh sQuba kira-kira sekitar 10 meter (33 kaki), dimana mobil ini memiliki baling-baling bertenaga listrik dan 2 Seabob water jets. Dua tenaga Seabob jet yang ada di depan mobil ini digunakan untuk bernapas kendaraan dengan cara memanfaatkan putaran saat melalui HS Genion (untuk membuka dan menutup fungsi keluar masuknya air).

Jet ini dirancang khusus dengan bahan material karbon nano. Mobil ini memiliki kecepatan hingga 120 km/jam di jalanan, sedangkan di atas air kecepatan tertinggi hanya sekitar 6 km/jam, sementara itu mbol ini bisa melaju di bawah air sekitar 3 km/jam. 

Interior ini dirancang untuk tahan air dan juga tahan air garam laut. Saat setelah menyelam sQuba bisa menjadi seperti akuarium. Untuk itu disarankan seusai menyelam, pintu kendaraan dibuka agar air di dalam kendaraan keluar. 

Desain sedan ini terbuka karena jika dalam keadaan darurat penumpang tidak perlu repot-repot untuk keluar dari mobil. Tapi dengan kedalaman yang cukup dalam biasanya beban air akan memiliki tekanan yang hebat dan belum bisa ditahan oleh rangka mobil seperti sedan biasa. 

Mobil rancangan perusahaan ini tetap bisa berjalan mulus tanpa masalah. Terlihat mobil menyelam dan kemudian muncul lagi ke permukaan air dan bisa melaju ke jalanan. Pengoperasian mobil pun terbilang mudah, karena untuk fungsi menyelam ini hanya butuh satu buah tombol. Bagaimana Anda tertarik dengan mobil ini. 

2 komentar for Squba Mobil Pertama di Dunia yang Bisa Menyelam di Air :

  1. cara menghilangkan noda bekas stiker paling mudah : http://www.sagacyber.us/2013/08/cara-mudah-menghilangkan-noda-bekas.html

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam