ads

Tips Ngecas Baterai Smartphone Dari Pakar Gadget

Kamis, 12 Maret 2015
Ngecas smartphone 

Baterai merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah smartphone. Penggunaan yang sangat aktif membuat baterai smartphone akan cepat terkuras habis sehingga penggunanya akan langsung mencari charger dan colokan listrik atau power bank. 

Maka tak heran jika saat ini aksesoris penambah daya baterai portable, atau yang lebih dikenal dengan nama power bank, menjadi perangkat tambahan wajib bagi para pengguna smartphone. 

Seorang pakar gadget yang sekaligus pendiri komunitas ID-Android dan Gadtorade, Lucky Sebastian, mengungkapkan bahwa ada sejumlah cara mudah untuk memperpanjang daya tahan dan umur penggunaan baterai smartphone. 

Saat ini ada dua jenis baterai ponsel yang ada di pasaran, yakni jenis Li-ion (Lithium Ion) dan Li-polymer (Lithium Polymer). Namun yang banyak digunakan saat ini adalah Li-ion, karena jenis Li-polymer pengembangannya belum tuntas. Demikian diungkap Lucky Sebastian. 

Baterai jenis Li-ion normalnya memiliki masa cycle atau frekuensi pengisian ulang daya sebanyak 500 kali. Selebihnya performa baterai akan menurun. Jika setiap hari sekali nge-charge, berarti dalam setahun 360 kali. Jadi bisa disimpulkan setelah setahun lebih performa baterai sudah tidak seperti awal lagi. 

Untuk menjaga baterai smartphone tetap awet, ini tipsnya : 

  1. Nge-charge jangan dibiasakan saat baterai benar-benar habis. Ini menyebabkan masa cycle semakin pendek. 
  2. Charge atau isi ulang sebelum benar-benar habis, masih ada 20-30% dilihat dari indikator baterainya. Masa cycle akan menjadi lebih panjang, dan lebih awet jika mengikuti cara ini.

0 komentar:

Poskan Komentar test