ads

13 Trik Rahasia pada Mesin Pencari Google

Selasa, 26 Mei 2015

Saat ini orang sudah ketergantungan dengan internet dan Google. Sehingga untuk mencari apapun saat ini biasanya orang menggunakan Google untuk mencari tahu apa yang mereka inginkan. Tapi belum banyak orang yang mengetahui trik rahasia yang bisa dijumpai pada mesin pencari ini. 

Google saat ini mengambil alih seluruh dunia komputasi dengan mengubah 'search field' menjadi salah satu alat online yang paling kuat. Ini menjadikan Google sebagai 'starting line' jika anda menginginkan semua informasi seperti cuaca, berita, skor dan masih banyak lagi.

Hal yang diperlukan untuk mengakses ini adalah dengan mengetahui 'shortcut' atau jalan pintas, dengan menggunakan kode khusus yang diketik ke bidang pencarian yang mengaktifkan fungsi tersebut. 

Berikut ini beberapa panduan trik Google Search yang dapat segera Anda gunakan
  1. Prakiraan cuaca 7 hari ke depan. Salah satu shortcut pencarian Google yang paling berguna adalah shortcut cuaca. Anda cukup mengetikkan kota dan cuaca yang ingin Anda ketahui seperti ini, 'Indramayu weather', atau 'weather', maka akan muncul prakiraan cuaca selama tujuh hari ke depan. 
  2. Mendapatkan fakta langsung. Mencari situs untuk memberikan Anda informasi yang Anda cari tidak lagi diperlukan seperti mencari buku atau file tertentu Anda cukup menggunakan kemampuan baru dari Google yakni 'Wikiesque'. Anda cukup mengetikkan nama orang atau tempat yang ingin Anda ketahui, misalnya 'Jakarta' dan kata yang menggambarkan info spesifik misalnya, 'populasi', dan saat menulis Populasi Jakarta maka akan muncul faktanya akan ditampilkan di Google. 
  3. Mencari artikel yang hilang. Jika lupa mem-bookmark artikel yang Anda baca namun masih ingat judulnya, Anda bisa mengetikkan 'intitle' sebelum judul di bidang pencarian untuk menemukan artikel tersebut. Shortcut ini sangat efektif, dan dapat memperlihatkan artikel yang paling dekat dengan judul tersebut. Sebagai contoh, ketik 'intitle: cara membuat krupuk udang', maka Google akan menampilkan semua artikel dengan judul yang mengandung kata tersebut. 
  4. Mengkonversi Pengukuran. Fungsi ini dapat mengonversi satuan pengukuran ke metrik dan kembali lagi ke standar. Sebagai contoh, ketik '345 miles kilometers' dan jawabannya akan ditampilkan. Anda juga dapat menggunakan ini untuk satuan lainnya. 
  5. Mengetahui waktu setempat di manapun. Ketahui waktu setempat di kota manapun di dunia bisa Anda lakukan melalui shortcut Google. Cukup ketikkan 'What time is it in (nama kota)?' dan waktu akan ditampilkan di bagian atas halaman. Atau bisa dengan mengetik Time Denpasar atau Tim Chicago. 
  6. Melihat bintang film. Bagi penggemar film yang ingin tahu lebih banyak tentang aktor atau sutradara, shortcut ini memungkinkan Anda melewati Imdb.com dan memberikan informasi tentang aktor atau film dalam sekejap. Ketik “” untuk melihat filmografi, seperti “Julia Robert movies”, dan semua film yang dibintangi aktor tersebut akan muncul. Anda juga dapat melakukan hal yang sama untuk musisi. Cukup ketik “” atau “”. 
  7. Mengetahui nilai tukar mata uang. Anda bisa melihat nilai tukar mata uang untuk mata uang apapun yang Anda cari. Cukup ketikkan “” to “” dan hasilnya akan ditampilkan. Misalnya, ketik “50 usd to rupiah”. 
  8. Menghitung apapun secara langsung. Apakah Anda mengetahui bahwa Google memiliki kalkulator built-in? Anda dapat memasukkan perhitungan langsung ke dalam kolom pencarian seperti ini, “700*50” dan ia akan menampilkan jawaban serta kalkulator Google. Jika Anda hanya ingin menggunakan kalkulator, ketik “Kalkulator”. Kalkulator juga mampu melakukan perhitungan yang lebih rumit. Ia dapat menunjukkan grafik perhitungan jika anda memasukkan “grafik” sebelum persamaan.
  9. Mencari situs serupa. Jika Anda menjalankan suatu situs yang sangat anda sukai dan ingin mencari situs yang serupa, anda juga bisa melakukannya melalui shortcut Google. Cukup ketikkan “related:” sebelum URL situs yang anda cari dan situs-situs serupa akan ditampilkan. 
  10. Mencari tanggal liburan. Anda ingin mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk berlibur? Shortcut Google yang satu ini bisa memberitahu Anda tanggal untuk liburan dan acara tahunan. Misalnya, jika Anda ingin tahu kapan Hari Raya Idul Fitri tahun depan, cukup ketik “Idul Fitri 2015". 
  11. Mencari definisi kata. Bingung akan arti dari suatu kata. Dari pada membuka kamus besar, ketikkan saja melalui Google dengan kata kunci define. Contohnya, define computer. Maka akan dijelaskan pengertian dari kata komputer. Hanya saja hal ini hanya berlaku pada kata dalam bahasa Inggris saja. 
  12. Terbit dan terbenam. Anda bisa ‘bertanya’ pada Google, kapan waktu terbit ataupun terbenamnya matahari waktu setempat. Jika ingin mengetahui waktu terbit atau terbenamnya matahari suatu wilayah, bisa mengetikkan sunrise (terbit) atau sunset (terbenam) beserta nama kota. Contohnya sunrise jakarta atau sunset denpasar
  13. Mencari artikel tertentu. Jika Anda sedang mencari artikel tertentu yang diharapkan, Anda cukup menggunakan allintittle: judulnya, contoh kita akan mencari kata catering Indramayu maka Anda cukup mengetik “allintitle: catering Indramayu. Maka tulisan tersebut akan mencari kata yang diinginkan saja. 
Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar test