May 18, 2015

15 Ramalan Bill Gates yang Menjadi Kenyataan

15 Ramalan Bill Gates yang Menjadi Kenyataan

Bill Gates

Pada tahun 1999 yang lalu, Bill Gates menulis sebuah buku berjudul ''Business @ the Speed of Thought''. Di dalam buku tersebut ada 15 prediksi Gates tentang perkembangan teknologi di masa depan. 

Pada saat itu, prediksi atau ramalan Bill Gates terdengar tak mungkin. Tapi kini, setelah 16 tahun buku tersebut ditelurkan, prediksi Gates benar-benar menjadi kenyataan. Lalu apa saja isi ramalan Bill Gates si pendiri Microsoft tersebut.

Berikut 15 ramalan Bill Gates yang Menjadi Kenyataan
  1. Harga barang dapat dibandingkan melalui situs internet. Bill Gates sudah meramalkan hadirnya situs-situs penjualan daring atau online semacam Amazon, yang memungkinkan pengguna mengetahui harga barang tertentu. Situs seperti NexTag dan PriceGrabber bahkan sengaja dibuat untuk membandingkan harga barang. Ramalan ini tepat seperti apa yang dibeberkan Bill Gates. 
  2. Hadirnya gawai atau perangkat wearble. Bill Gates mengatakan di bukunya bahwa suatu hari manusia bakal membawa perangkat kecil ke manapun bepergian. Perangkat itu berfungsi menghubungkan sesama manusia, mengakses berita, melihat informasi penerbangan, dan berbisnis. Kini seperti yang diperkiraan Gates, hampir semua masyarakat modern tak lepas dari perangkat pintar. Baik itu ponsel pintar, tablet, atau yang terbaru adalah arloji pintar. 
  3. Pembayaran cepat melalui internet. Orang akan membayar tagihan dan mengatur keuangan melalui internet," begitu tertera pada kutipan buku yang ditulis Gates. Perkataan Gates terbukti lewat layanan pembayaran semacam PayPal dan Venmo.
  4. Asisten personal dan Internet of Things (IoT). Bill Gates memastikan bahwa asisten personal yang digodok dengan kemampuan teknologi, bakal berkembang dan menemani hidup manusia. Saat ini, Google Now memungkinkan implementasi ramalan Gates. 
  5. Monitor rumah yang terhubung internet. Bapak Microsoft ini mengatakan bahwa perekam video di rumah bakal jadi hal lumrah. Pengguna akan tahu siapa saja yang datang ke rumahnya ketika ia tak berada di tempat. Saat ini, alat perekam memang sudah bisa ditempatkan di mana saja termasuk di rumah. 
  6. Media sosial. Situs privat untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan keluarga akan berhamburan. Memungkinkan pengguna mengobrol dan membagi momen," kata Gates. Hari ini, lihatlah Facebook, Instagram, Path, Twitter, yang hampir mendominasi hidup manusia modern. 
  7. Tawaran promosi otomatis. Bill Gates sudah tahu bahwa hari ini, bakal ada situs seperti Expedia dan Kayak. Keduanya menawarkan promosi-promosi yang dianggap cocok dengan pengguna, berdasarkan rekam jejak pemesanan daring dari pengguna sebelumnya. 
  8. Situs diskusi pertandingan olahraga live. Kehadiran Twitter sebagai situs yang menghimpun obrolan hangat secara langsung, sudah menjadi prediksi Bill Gates tahun 1999 lalu. Saat berlangsung pertandingan olahraga seru, netizen Twitter bakal saling bagi informasi dan merespon berbagai informasi yang terakses. 
  9. Iklan pintar. Perangkat akan tahu kebiasaan pengguna. Dari situ, akan tertampil iklan yang sesuai dengan preferensi pengguna,'' kata Gates. Saat ini, hampir semua iklan daring memiliki fitur demikian. 
  10. Tautan atau link ke situs selama siaran televisi berlangsung. Gates sudah mengetahui gelagat perilaku penonton pertandingan bola. Saat ini, hampir semua siaran pertandingan olahraga menyematkan tautan Twitter komentator atau tim bola yang bermain. Ini agar penonton bisa mencari tahu informasi lebih dalam terkait tim idolanya. 
  11. Ruang diskusi daring atau online. Kini, semua situs berita di internet memiliki seksi komen yang memungkinkan pembaca memberi respon atas berita. Dari situ, pembaca dan penulis berita dapat berdiskusi dan tukar pendapat. Ini adalah gambaran yang sudah terkonstruksi di pikiran Bill Gates sejak 1999. 
  12. Situs daring yang berbasis hobi. "Komunitas online tak akan terbentuk berdasarkan lokasi, namun ketertarikan,'' kata Gates. Bisa kita lihat, nyatanya kebanyakan situs dan komunitas online fokus pada satu topik. Mereka menyasar jenis pasar dengan hobi tertentu. 
  13. Aplikasi untuk manajemen proyek. Bill Gates sudah memperkirakan bahwa aplikasi yang mengakomodir sistem kerja suatu tim bakal terwujud di era teknologi yang mumpuni. Hari ini, melalui Google Drive dan Office 365, kerja tim bisa lebih mudah dengan sistem yang efektif. 
  14. Rekrutmen lewat internet. Kemunculan LinkedIn telah jauh hari diprediksi Gates. Perekrut tinggal mencari kriteria pekerja yang diharapkan lewat LinkedIn, dan bakal ketemulah dua pihak berkepentingan. Yakni pencari kerja dan pemberi kerja.
  15. Aplikasi komunitas bisnis. Kerjasama bisnis antar perusahaan dapat didiskusikan dengan cara yang modern dan tak konvensional. Melalui berbagai aplikasi enterprise, pengusaha dapat saling berbincang dan akhirnya dapat menjalin kemitraan untuk proyek besar. Hal ini, pada 1999 sudah tertuang di ''kitab'' ramalan Gates tersebut. 
15 Ramalan Bill Gates yang Menjadi Kenyataan
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon