ads

LG Perkenalkan Televisi Setipis Kertas

Minggu, 24 Mei 2015
TV Wallpaper

Televisi yang ada saat ini memang sudah semakin tipis dari sebelumnya tetapi pernahkah Anda membayangkan jika televisi setipis kertas?. LG sepertinya ingin mewujudkan ambisi tersebut. Raksasa teknologi Korea Selatan ini baru saja memamerkan sebuah panel organic light-emitting diode (OLED) berukuran 55 inci dengan tingkat ketebalan hanya 0,97 milimeter. 

Televisi ini memiliki berat hanya 1,9 kilogram, LG memperkenalkannya sebagai 'TV wallpaper' karena bisa melekat di tembok dengan sempurna. Layaknya wallpaper sungguhan, televisi tersebut bisa langsung menempel dengan bantuan medan magnetik yang dipasang pada dinding.

Lewat alas magnet tersebut, pengguna nantinya bisa menempelkan televisi tersebut ataupun melepas panel dengan mudah. Menurut Yeo Sang-Deog petinggi LG, "Perlu 1,5 tahun bagi kami untuk membawa TV LCD hingga ke level seperti ini. OLED mewakili terobosan teknologi, tak hanya bagi LG, tetapi juga industri yang lainnya," 

Untuk menjadikannya lembaran ini berfungsi seperti sebuah televisi, tampaknya LG menyiapkan sebuah wadah khusus berisi sirkuit dan komponen yang dibutuhkan dan sepenuhnya terpisah dari panel super tipis tersebut. 

Saat ini, TV wallpaper besutan LG ini memang masih belum disiapkan sebagai produk yang akan dirilis secara komersil untuk pelanggan biasa. Namun, kehadirannya telah memperlihatkan ambisi LG untuk terus mendorong perkembangan teknologi panel OLED fleksibel. 

Tanpa keharusan penggunaan backlight, panel OLED dimungkinkan untuk dibuat setipis mungkin, bahkan jauh lebih tipis ketimbang panel display secara umum. Dengan teknologi ini, sebuah layar bisa lebih fleksibel dibandingkan LED. Selain lebih ringan, material ini juga memudahkan produsen membuat layar televisi berukuran besar dengan desain melengkung. 

0 komentar:

Poskan Komentar test