ads

Inilah 6 Tren Teknologi Masa Depan

Minggu, 28 Juni 2015
Pemeriksaan Medis

Teknologi berjalan semakin cepat, dulu yang dianggap mustahil, kini telah menjadi kenyataan. Lebih dari 60 tahun lalu masih dipusingkan bagaimana memindahkan data di antara jaringan komputer, namun lihat apa yang terjadi sekarang. 

Perekembangan telekomunikasi, internet, perangkat canggih, transportasi, dan lainnya berubah dengan cepat menjadi semakin canggih ke arah yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Berikut 6 teknologi yang akan tren dan membantu hidup kita di masa depan: 


  1. Rumah yang memiliki sumber energi sendiri. Tenaga matahari atau surya kini menjadi lebih terjangkau dan banyak konsumen yang telah mengaplikasikannya di rumah mereka. Walaupun saat ini panel tenaga surya masih terbilang mahal, ke depan harganya akan semakin murah sehingga banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. 
  2. Mobil berbahan bakar energi alternatif. Cadangan minyak mentah dipastikan bakal semakin menipis dalam beberapa tahun ke depan, sehingga bahan bakar alternatif memang harus segera ditemukan. Hidrogen saat ini membutuhkan wadah besar dan tidak memiliki infrastruktur. Sementara jarak tempuh mobil listrik masih terbatas dan infrastrukturnya pun mahal. Beberapa energi alternatif lainnya yang sudah dan harus terus dikembangkan adalah tenaga angin dan surya, biodiesel, ethanol, fuel cell dan lainnya. Mari kita lihat siapa yang akhirnya bisa menemukan bahan bakar alternatif yang efisien di masa depan. 
  3. Perangkat Wearable. Hadirnya kacamata pintara Google Glass dan beragam produk smartwatch akan semakin memicu produsen lain untuk juga menghadirkan teknologi serupa berupa perangkat yang dapat dipakai. Nike, Apple, Samsung, Google, Dell, Qualcomm, dan banyak produsen lain disebut terus mengembangkan perangkat seperti ini. Wujud perangkat wearable ini bisa bermacam-macam, seperti kacamata, jam tangan, sepatu, gelang, pakaian dan lainnya. 
  4. Pemeriksaan Medis. Saat ini kita memiliki berbagai alat medis yang harus dikalibrasi untuk mengukur kesehatan tubuh. Tetapi di masa depan, dokter akan menggunakan DNA kita untuk melihat rencana pengobatan ke depan yang lebih komprehensif. Analisis komputer akan membantu mengidentifikasi apa yang salah dengan tubuh kita, dan kemajuan dalam pengobatan medis akan memastikan bahwa ada selalu obat untuk penyakit tersebut.
  5. Pakaian Tak Terlihat. Para peneliti dari Nanyang Technological University memamerkan alat yang dapat membuat tubuh menjadi tidak terlihat dengan menggunakan pakaian bergaris warna tertentu. Di masa lalu teknologi ini adalah omong kosong, namun kini muncul teknologi berupa Calcite Crystal yang dapat membelokkan cahaya dari suatu objek sehingga membuatnya tidak terlihat. Pakaian ini sangat bermanfaat untuk militer.
  6. Penerjemah Universal. Sebuah perusahaan di Jepang mengembangkan aplikasi penerjemah suara secara langsung. Konsepnya adalah di masa depan dimungkinkan kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia, dalam bahasa yang mereka gunakan secara langsung. 

0 komentar:

Poskan Komentar test