Aug 3, 2015

5 Aplikasi yang Harus Dihapus dari Smartphone Android Anda

5 Aplikasi yang Harus Dihapus dari Smartphone Android Anda

Aplikasi Anti Virus di Android

Saat ini banyak aplikasi yang hadir untuk smartphone Android. Aplikasi-aplikasi banyak digunakan penggunanya untuk membantu aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi yang ter-install digunakan oleh si pengguna setiap hari. 


Perangkat smartphone memiliki keterbatasan terutama dalam hal kapasitas penyimpanan dan daya tahan baterai berdasarkan banyak aplikasi yang tersimpan di smartphone. Selain itu, terlalu banyak aplikasi pun juga dapat memberikan dampak pada performa smartphone. 


Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi pengguna untuk dapat memilah-milah aplikasi mana saja yang sering digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari dan aplikasi mana yang tidak diperlukan lagi. Tapi jika sudah terlanjur terinstal dan merasakan performa smartphone Anda semakin menurun, kini saatnya Anda menghapus beberapa aplikasi di smartphone Android Anda. 

Berikut 5 Aplikasi Android yang harus dihapus dari smartphone Anda : 

  1. Facebook. Tentu Anda tidak sependapat dengan hal ini pasalnya aplikasi paling populer ini sering digunakan sehari-hari. Dengan adanya jejaring sosial ini para penggunanya dapat terhubung dengan orang-orang kapanpun dan di manapun. Namun, hadirnya beberapa fitur dan notifikasi lewat aplikasi ini justru membuat kapasitas penyimpanan smartphone Android menjadi boros. Maka sebaiknya aplikasi ini harus dihapus, Namun, jika Anda merupakan orang yang kerap membuka Facebook setiap hari, jangan khawatir. Anda masih bisa menggunakan browser untuk membuka Facebook. Ini justru lebih jauh menghemat kapasitas memori dan baterai jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi. 
  2. Aplikasi atau Widget Cuaca. Aplikasi cuaca memang sangat membantu penggunanya untuk mengetahui cuaca yang sedang berlangsung pada hari, besok atau beberapa hari mendatang. Namun demikian, dengan hadirnya update prakiraan cuaca yang kerap tampil secara berkala rupanya akan memakan banyak daya baterai, terlebih jika pengguna memasang widget di layar home. Jika Anda tetap ingin memanfaatkan fitur prakiraan cuaca, Anda masih bisa menggunakan fitur Google Now untuk menanyakan langsung terkait informasi cuaca. 
  3. Anti Virus Gratisan. Perangkat Android memang rentan terkena serangan virus. Karenanya, kehadiran aplikasi anti virus dan pelindung keamanan di perangkat Android memang sangat dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut. Namun, yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah dapat memakan daya baterai smartphone Anda dalam skala yang cukup besar. Kendati demikian, Anda masih bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi atau konten lainnya secara aman, langsung dari toko aplikasi Google Play Store. Aplikasi yang hadir di Google Play Store memang bebas virus dan diklaim 100 persen aman. Bahkan, Android mengklaim sistem operasinya terlindung dari serangan virus dan telah mengakomodasi sistem enkripsi. 
  4. Aplikasi Clean Master (Aplikasi Pembersih Sejenisnya). Membersihkan aplikasi di perangkat Android memang dapat meningkatkan performa smartphone Android Anda lebih lancar lagi. Hal tersebut dilakukan untuk menghapus beberapa cached data (data sisa) yang rupanya memakan kapasitas memori. Tapi perlu diingat, Clean Master dan beberapa aplikasi sejenisnya seperti CC Cleaner dan Speed Booster rupanya juga dapat menyisakan sampah dan dapat menghabiskan daya baterai. Anda masih bisa mengakali pembersihan sampah dari smartphone Anda dengan cara masuk ke Settings, pilih pilihan Apps dan pergi ke direktori Downloaded. Dari situ, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan dengan memilih tulisan Clean Cache. 
  5. Aplikasi Browser Bawaan Android. Aplikasi browser bawaan Android ternyata dapat memakan kuota data internet yang cukup besar. Namu demikian, Anda masih bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi browser lainnya seperti Opera Mini. Aplikasi ini memiliki fitur untuk meminimalisir penggunaan data internet pengguna ketika hendak mengunjungi situs tertentu. 
5 Aplikasi yang Harus Dihapus dari Smartphone Android Anda
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon