ads

8 Fitur Android Marshmallow yang Dipinjam Dari iOS

Kamis, 27 Agustus 2015
Android Marshmallow 

Google baru saja memperkenalkan sistem operasi terbarunya yakni versi 6.0 atau yang disebut dengan Android M atau Android Marshmallow. Sistem operasi ini tentu memiliki sejumlah perubahan dibandingkan versi Lollipop atau versi yang versi sebelumnya. 


Tetapi fitur-fitur terbaru dari sistem operasi ini dianggap sebagai pinjaman atau meniru dari sistem operasi milik Apple yakni iOS. Karena beberapa penampilan serta kegunaannya mirip dengan sistem operasi besutan dari Apple tersebut. 


Berikut ini 8 fitur Android Marshmallow yang dipinjam dari iOS : 

  1. Tampilan familiar. Selama bertahun-tahun, pengguna fanatik Android telah menuduh Apple telah mencuri fitur terbaik dari sistem operasi mobile Google. Dengan peluncuran iOS 9 dan Android 6.0 Marshmallow, ternyata semua fitur Android "terbaru" terlihat sangat akrab bagi pengguna iOS. 
  2. Android Pay ≠ Apple Pay. Selamat tinggal Google Wallet, dan ucapkan halo untuk Android Pay. Sistem pembayaran mobile Google terbaru memiliki lebih banyak kesamaan dengan Apple Pay lebih dari sekedar nama. Android Pay memungkinkan Anda meng-upload informasi kartu kredit Anda dan menggunakan teknologi NFC untuk melakukan transaksi di terminal pay. Cukup memilih kartu yang ingin Anda gunakan dan otentikasi transaksi mobile melalui sidik jari yang diawali oleh Touch ID dari iOS. 
  3. Otentifikasi sidik jari asli. Sejak 2013, Touch ID telah memberi cara yang aman untuk membuka iPhone dan mengotentikasi pembelian. Dengan Marshmallow yang disematkan di smartphone serta hardware yang tepat, pengguna Android akhirnya akan mendapatkan pengalaman kekuatan sidik jari mereka. Sementara beberapa pembuat ponsel Android seperti Motorola dan Samsung telah memasukkan sensor sidik jari di beberapa perangkat mereka, fitur tersebut telah "tidak pernah terpusat di sekitar API standar" sampai sekarang. Android 6.0 membawa otentifikasi sidik jari sebagai bagian penting dari Android Pay. 
  4. Editing teks yang dipilih lebih intuitif. Dalam versi sebelumnya dari Android, ketika Anda akan memilih teks yang dipilih, toolbar dengan pilihan untuk memotong, menyalin, menempel, dan lainnya muncul di bagian atas layar. Pada Android 6.0 Marshmallow, toolbar editing sekarang melayang tepat di atas teks-antarmuka yang lebih intuitif seperti terlihat di perangkat iOS. 
  5. Lebih banyak kontrol atas izin aplikasi. Marshmallow memberikan pengguna lebih banyak cara untuk mengelola hak akses aplikasi mereka. Sebelumnya, pengguna Android hanya mampu memberikan atau menolak semua izin sekaligus sebelum menginstal aplikasi. Dengan Android 6.0, pengguna mendapatkan pemberitahuan setiap kali akan mengakses bagian tertentu dari perangkat seperti mereka layanan kamera, mikrofon, atau lokasi. Pengguna Android juga akan dapat melihat dan mengubah tingkat akses mereka setelah diberikan untuk setiap aplikasinya, dengan cara sebagai berikut Pengaturan> Aplikasi> ikon Aksesoris> izin Aplikasi. Memaksa aplikasi untuk meminta izin tertentu dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol hak akses ini kapan saja telah dimasukkan dalam iOS beberapa waktu yang lalu. 
  6. Aktifkan pencarian suara dari layar terkunci. Android Marshmallow akan membiarkan pengguna mengaktifkan pencarian suara Google Now langsung melalui jalan pintas layar terkunci. Cukup menggesek dari sudut kiri bawah untuk memulai dan tinggal mengucapkan kata-kata yang diinginkan, Anda dapat segera mulai meminta apa saja yang diinginkan di Google Now. Sebagai perbandingan, pengguna iOS bisa mengaktifkan Siri dari layar terkunci dengan menekan tombol Home. 
  7. Menonaktifkan tugas latar belakang untuk setiap aplikasi. Marshmallow juga memperkenalkan mode "Tertidur”, artinya membiarkan pengguna Android mengaktifkan atau menonaktifkan optimasi baterai untuk setiap aplikasi tertentu. Tertidur pada dasarnya akan membatasi tugas latar belakang tertentu untuk menghemat baterai. Sama seeperti pengguna iPhone sudah bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Background App Refresh sejak iOS 7. 
  8. Aktifkan panggilan berulang di bawah jangan diganggu. Jangan diganggu telah menjadi berkah tersendiri bagi pengguna smartphone yang ingin istirahat pada malam hari. Namun, kadang-kadang ada keadaan darurat yang terjadi pada malam hari. Android 6.0 telah menambahkan opsi untuk memungkinkan mengulangi menelepon. Fitur ini sudah ada pada perangkat iPhone agar penggunanya merasa diuntungkan saat istirahat tetapi juga saat keadaan darurat.

1 komentar on 8 Fitur Android Marshmallow yang Dipinjam Dari iOS

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam