ads

Sensor Smartphone Ini Bisa Membantu Penggunanya Tidur Nyenyak

Selasa, 01 September 2015
Sensor smartphone agar penggunanya tidur nyenyak

Semakin hari dunia semakin canggih, dan berbagai teknologi terbaru diterapkan pada sebuah gadget atau ponsel. Salah satu yang terbaru adalah munculnya sebuah sensor baru, yang diterapkan pada sebuah smartphone. Sensor ini dapat memberitahukan kepada pengguna agar bisa tidur nyenyak termasuk memantau kualitas udara yang di sekitarnya. 


Dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Finlandia bernama VTT, sensor gas yang bisa mendeteksi masalah udara internal dapat dilakukan dengan mudah, seperti dikuti dari ayle.fi.com dari para penelitinya. 


Kualitas tidur dapat diukur dengan lebih presisi, menggunakan aplikasi kesehatan degan menggunakan operator selular yang dapat mengukur karbon dioksida dalam jumlah tertentu sehingga bisa dikerahui apakah karbon dioksida di sekitarnya baik saat tidur atau tidak. 

Sensor perangkat ini nantinya dapat memonitor tingkat karbon dioksida yang dihembuskan penggunanya saat sedang tidur, serta memberikan pengukuran yang tepat saat penggunanya tidur. Apakah dia sedang tenang, gelisah, atau tertidur pulas. 

"Banyak masalah sehari-hari seperti presisi dan efisiensi di tempat kerja yang bergantung pada tingkat karbon dioksida dan kualitas udara di dalam ruangan”, demikian diungkap pemimpin peneliti Anna Rissanen. 

Sensor kecil ini dikembangkan oleh ilmuwan senior tim bernama Rami Mannila, dan berdasarkan pada sinar cahaya melalui sampel udara yang ditangkap oleh perangkat. Sebagai contoh Karbon dioksida, diidentifikasi berdasarkan serapan kuat cahaya pada panjang gelombang 4,2 nanometer. 

Sensor tambahan juga dapat digunakan untuk mendeteksi gas atau zat lain secara bersamaan, demikian diungkap para peneliti. Mereka mengatakan teknologi ini dapat segera diproduksi secara massal. 

0 komentar:

Poskan Komentar test