ads

Seru dan Menariknya Blogger Camp 2015

Selasa, 27 Oktober 2015
Blogger Camp 2015 di Camp Hulu Cai
Dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional ke-8 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2015. Tahun ini ratusan blogger berkumpul di 4 tempat yakni Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makasar untuk mengikuti acara yang bernama Blogger Camp. 

Saya sendiri mengikuti acara Blogger Camp 2015 karena diundang oleh panitia sebagai nominator Blogger kategori Gadget dan Tekno. Karena lokasi saya yang berada di Indramayu saya lebih memilih mengikuti acara Blogger Camp 2015 di Jakarta karena lebih dekat.

Tujuan pertama adalah Hotel Harris Tebet karena disitu point meeting pertama sebelum ke Camp Hulu Cai di Bogor. Walaupun datang agak terlambat karena kemacetan kota Jakarta, tetapi saya tidak menyurutkan langkah untuk mengikuti acara kopdar blogger ini. 

Setibanya di Hotel Harris Tebet saya langsung menuju ke tempat registrasi. Ternyata di meja registrasi sudah ada mba Ani, blogger Jakarta yang aktif memberikan pengalamannya ke berbagai tempat di Indonesia. Di sekeliling meja registrasi ternyata sudah ada rekan-rekan blogger lain yang saya kenal seperti mas MT (Matahari Timoer), dan mba Indah Juli.  
Hotel Harris Tebet

Melihat rekan-rekan sedang Hotel Tour, saya pun langsung mengikuti kegiatan keliling hotel yang dipandu oleh petugas dari hotel tersebut. Kami diperlihatkan fasilitas yang dimiliki oleh Hotel Harris Tebet dari kamarnya, ruang meetingnya, drugstore, gim, hingga kolam renang yang dimilikinya. 

Di tengah kesibukan hotel tour tersebut, saya bertemu dengan beberapa rekan blogger yang saya kenal seperti blogger kembar dari Bandung Eva dan Evi Sri Rejeki, mba Nchi dari Bandung, mba Rara, Kang Gerry, Nikitomi, mba Dewi Sulistiawaty, Pak Nur Terbit dan isteri, mas Tigor Simanjuntak dan lain-lain. 

Selepas Hotel Tour kami kembali ke ruang pertemuan untuk mengumumkan pemenang lomba livetwit kegiatan tersebut, dan pemenang dari lomba tersebut adalah mba Helda yang mendapatkan sebuah voucher menginap di Grup Hotel Tauzia. 
Pembagian tempat duduk bus 

Setelah pengumuman lomba livetwit tersebut, kami berkumpul kembali di depan meja registrasi untuk pembagian tempat duduk bus. Peserta dibagi menjadi 2 bus dan kebetulan saya kebagian duduk di bus 2 bersama Ipan Setiawan blogger dari Garut, Nchi dan Helda yang memenangkan lomba livetwit tadi. 
Seru-seruan di bus 

Di tengah perjalanan EO dari Juara Idea Agency mas Alexander Zulkarnaen memberikan berbagai kuis selama perjalanan menuju Camp Hulu Camp di Bogor. Kuis pertama adalah blogger disuruh ngetwit “aku blogger karena aku ....” terserah diisi kata-kata apa. Disini blogger berkreasi membuat kata-kata yang, lucu, unik dan menarik. 

Kuis kedua blogger disuruh mengambil slipper yang terdapat di dari Hotel Harris Tebet lalu difoto sesuai gayanya masing-masing. Di sini blogger seru-seruan dengan gayanya masing-masing seperti yang dilakukan oleh Nchi, Ipang dan Helda. 

Kuis ketiga adalah blogger disuruh untuk membuat pantun yang ada nama buahnya. Sebagai imbalannya membuat pantun blogger diberi pisang oleh panitia. Karena banyaknya blogger yang ngetwit dari bus dan berbagai daerah dengan hastag #BloggerCampId #Lovekonten menjadi trending topic. 
Blogger Camp 2015

Sesampainya di Camp Hulu Cai kami langsung turun dari naik mobil yang sudah disiapkan oleh panitia. Awalnya jalannya biasa tetapi ternyata setelah masuk ke lokasi jalannya ekstrim dan peserta langsung berteriak-teriak seperti di wahana-wahana ekstrim di tempat wisata. 

Hari sudah sore menjelang magrib ketika sampai di lokasi, tetapi ciri khas blogger adalah narsis-narsisan di acara apa pun. Setelah puas bernarsis-narsisan kami makan bersama dengan rekan-rekan blogger, tetapi dari sekian banyak peserta ada rekan-rekan media yang berbaur dengan blogger seperti mba Reka dari Media Indonesia yang satu meja makan bersama dengan kami. 

Panitia sudah menyiapkan tenda untuk peserta blogger camp 2015, saya kebetulan satu tenda nomor 20 dengan Ipan (blogger Garut, dan Hendar dari Bogor). Peserta diberi sleeping bed dan alasnya oleh panitia untuk tidur agar tidak kedinginan. Mengingat daerah Camp Hulu Cai berada di daerah pegunungan. 
Api Unggun di Blogger Camp 2015

Selepas shalat Isya, kami berkumpul kembali di lapangan sambil menyalakan api unggun ciri khas dari perkemahan. Di sini panitia sudah menyiapkan berbagai acara dari hiburan hingga acara talkshow dengan berbagai topik. 

Acara pertama kami dihibur oleh Tito yang menyanyikan beberapa lagu karya dia sendiri dan musisi ternama lainnya. Selepas itu kami diajak untuk memahami topik acara Blogger Camp 2015 yakni “Membangun Kredibilitas Blog”. Beberapa blogger diminta untuk mengeluarkan pendapatnya tentang tema tersebut. 

Setelah penjelasan dari blogger, MC lalu memanggil blogger senior yakni Pak De Mbilung dan Dorokakung yang sudah malang melintang di dunia perbloggeran Indonesia untuk menjelaskan kredibilitas blogger. 

Banyak hal menarik yang bisa diambil dari pengalaman seorang pak de dan dorokakung. Diantaranya adalah blogger harus menulis apa yang disukai sesuai dengan kata hatinya, blogger harus berbagi hal yang bermanfaat sehingga visitor juga bisa bertambah, jika menulis dan mengkiritisi sesuatu sebaiknya didukung dengan sumber, referensi, dan data. 

Banyak juga pertanyaan-pertanyaan menarik mengenai Kredibilitas Blog. Acara kemudian dilanjutkan dengan Sharing Session dari Net Media yang menjelaskan tentang Citizen Jurnalism. Dia menjelaskan tentang banyak hal dari cara warga menginformasikan sesuatu yang bisa jadi berita termasuk cara mengambil gambar dengan menggunakan smartphone layaknya kamera mahal. 
Penjelasan Tentang NetCJ 

Net juga sudah menyiapkan aplikasi NetCj di Android dan iOS yang memungkin penggunanya bisa berbagi informasi atau berita dari mana pun di seluruh dunia. Uniknya dari video yang dikirim tersebut bisa mendapatkan penghasilan karena Net akan memberikan reward dengan dari 250 ribu hingga 1 juta per video berdasarkan lokasi berita yang dikirimkannya. 

Pada kesempatan ini saya mendapatkan kenang-kenangan dari Net. Karena sebelumnya menjelaskan tentang pengertian tentang Citizen Jurnalism bersama Pak Nur Terbit dan rekan-rekan blogger yang bertanya kepada kepada nara sumber pun mendapat kenang-kenangan dari Net. 

Selepas penjelasan tentang Citizen Jurnalism, sesi berikutnya adalah penjelasan tentang Blue Bird oleh Bapak Teguh dan Pak Suharto. Pada kesempatan ini dijelaskan sejarah blue bird dan perkembangannya hingga saat ini. Dari awalnya berjualan telor, beli bemo, sewa mobil pribadi hingga sekarang. 

Blue Bird kini memiliki aplikasi yang bisa didownload melalui Google Play dengan nama My BlueBird. Blue Bird juga masih menggunakan cara-cara konvensional seperti mangkal di tempat-tempat ramai seperti hotel, mall dan tempat-tempat lainnya. 

Selain itu Blue Bird masih menggunakan pemesanan menggunakan telepon. Blue Bird kini memiliki 73 pul yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah karyawan mencapai 35 ribu karyawan. Rencananya Blue Bird akan membuka cabang atau pul baru di beberapa tempat temasuk Cirebon. 

Setelah penjelasan dari Blue Bird acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang Uteesme. Uteesme merupakan salah satu toko online pembuat kaos dengan desain dari membernya. Pembuat desain bisa mendapatkan reward sebesar $1,11 jika desainnya ada yang beli. 
Produk dari Uteesme (Foto @Sefiiin) 

Uteesme memberikan kesempatan pada siapa pun untuk membuat desain bahkan membernya tidak harus yang ahli dalam desain grafis karena Uteesme sudah menyiapkan beberapa tool berupa template dan desain yang bisa digunakan oleh membernya. 

Pembeli tidak usah khawatir dengan kualitas cetakan dari Uteesme karena bahannya yang kuat dan prinan yang kuat tidak cepat rusak hanya beberapa kali cucian. Kaos Uteesme ini untuk segala usia dan ukuran untuk anak-anak hingga orang tua. 

Setelah penjelasan tentang Uteesme, acara malam tersebut ditutup dengan hiburan akustik dari Tito Musik. Dan seluruh peserta pun beranjak ke tendanya masing-masing untuk tidur malam berselimut sleeping bed. 

Pagi hari saya sudah terbangun untuk mandi dan shalat subuh, selepas itu saya sambil menunggu sarapan pagi sambil ngobrol dengan teman-reman blogger di restaurant. Berbagai hal perbincangan tentang isu-isu blogger terbaru pun diungkap dalam obrolan ringan ini. 
Suasana sarapan pagi

Semakin siang semakin banyak blogger yang sudah berada di restaurant. Apalagi setelah sarapan pagi sudah siap untuk disantap. Semua blogger langsung menuju ke tempat meeting untuk mengikuti berbagai acara talkshow. 

Sebelum acara talkshow MC mas Tomi memperkenalkan seluruh panitia, dan pemberian hadiah kepada peserta blogger camp yang memenangkan kuis saat di perjalanan menuju Camp Hulu Cai Bogor. 

Panitia Blogger Camp 2015 Jakarta
Selepas acara pemberian hadiah diadakan pemutaran video tentang Indosat Love. Dalam video ini dijelaskan cara mendaftar Indosat Love cara cukup mudah bisa menggunakan akun blogger dan twitter. Dengan setelah menjadi anggota Anda bisa menjadi top brand yang bisa menghasilkan berbagai reward menarik. 

Acara dilanjutkan dengan talkshow yang dimoderatori oleh Doro Kakung blogger yang mengotaki Beritagar.id. Pada kesempatan ini ada beberapa nara sumber yakni mas Iman Brotoseno, Maulana Nurhadi dan mas Nirwan Dewanto. 
Acara Talkshow dengan moderasi Ndoro Kakung 

Nirwan Dewanto diminta untuk menjelaskan tentang Membangun Kredibilitas Blog, dia  mengatakan bahwa pada prinsipnya setiap orang bisa menulis termasuk menulis di blog. Sayangnya kemampuan menulis ada yang bisa mengekspresikannya ada juga yang tidak. Ada juga yang bisa menekuni ada juga yang tidak. 

Setiap orang biasanya mempunyai keahlian tertentu yang cukup baik di bidangnya. Ada orang yang tertarik pada apa saja, tetapi orang yang tertarik pada satu bidang. Ada juga penulis yang biasanya mempunyai kemampuan mendalam dan ada juga yang tidak mendalam. 

Untuk penulis yang memiliki keahlian biasanya mereka bisa menjadi penulis novel, atau penulis buku sementara untuk yang belum mendalam bisa menjadi penulis cerpen atau cerita pendek. Dan penulis pun di dunia maya sebenarnya bukan menjadi spesialis tetapi mendapatkan reputasi tertentu dan mendapatkan uang. 

Kredibilitas menurut Nirwan adalah kemampuan pada satu hal secara konsisten. Kredibilitas dalam blog yang kedua adalah tulisannya sendiri, tulisan yang baik menuruti tata bahasa, ejaan dan tentunya bahan yang menarik dan diceritakan secara menarik. 

Selain itu kridibilitas juga mempunyai arti yang hampir sama dengan reputasi. Selain itu kredibilitas juga diartikan dipercaya karena setiap yang ditulis oleh blogger harus bisa dipercaya oleh orang lain dimana pun di dunia. 

Selepas penjelasan dari Nirwan Dewanto dilanjutkan dengan penjelasan tentang Iman Brotoseno. Mas Iman menjelaskan dirinya dulu senang menulis tetapi isinya berbagai hal dari masak, wisata hingga sejarah terutama mengenai hal Bung Karno. Pada akhirnya dia memutuskan diri pada kategori sejarah. 

Seorang pembaca blog akan datang ke blog yang sesuai dengan minatnya sebanyak 37 %, blog tidak sekedar personal hot, tetapi menjadi personal branding juga. Dengan topik-topik yang lebih spesifik membuat orang akan melirik blog kita. 

Menurut mas Iman menulis itu passion, dia kagum dengan orang yang bisa menulis di blog sehari sekali atau seminggu tujuh tulisan. Untuk menulis yang baik harus mempunyai backgroud referensi yang banyak dan berdasarkan pengalaman. 

Selepas penjelasan mas Iman, dilanjutkan penjelasan tentang mas Maulana dari Twitter Asia. Twitter besar karena anda (blogger). Twitter merupakan media sosial terbuka yang digunakan oleh setiap orang dimana pun di dunia. 

Pengguna twitter akan tetap menggunakan 140 karakter atau dikenal microblogging, tetapi kini bisa diikuti dengan fitur-fitur baru seperti mengupload video, dan polling. Selain itu seorang blogger harus memanfaatkan twitter untuk berbagai hal. Banyak orang yang memfollow akun seseorang karena kesesuaian dengan ketertarikannya. 

Untuk itu sebaiknya pemilik akun twitter mengisi profilnya dengan benar dan berbagi tulisan setelah dia posting untuk memperkenalkan kepada orang lain. Sehingga blognya bisa dikunjungi oleh banyak orang. Setelah penjelasan dari nara sumber, acara diisi dengan tanyajawab antara nara sumber dan peserta.
Panitia mendapatkan voucher dari Blue Bird
Selang beberapa menit kemudian acara diisi dengan acara kuis yang disponsori oleh Blue Bird. Peserta sangat antusias karena voucher yang dibagikan tidak tanggung-tanggung sebanyak dua buku, dan beruntung saya mendapatkan hadiah voucher Blue Bird sebesar 200 Ribu, bukan hanya peserta tetapi panitia pun kebagian voucher dari Bapak Teguh dan Suharto dari Blue Bird. 

Selepas acara kuis dari Blue bird ada Seminar yang membahas tentang Predictive Content Marketing base on Big Big data system yang dibawakan oleh mas Muhammad Imran.  Muhammad Irman adalah Founder Data Driven Asia sebelumnya dia berkerja sebagai Data Scientist United Nations, dan Data Scientis World Bank Indonesia. 

Muhammad Imran 
Sewaktu bekerja dia bisa mengolah data twitter, facebook dan data lainnya yang dibutuhkan oleh tempat kerjanya. Seperti Bank Dunia biasanya mencari data tentang nasabah, kemampuan daya beli masyarakat, cuaca dan lain sebagainya. 

Dia mencoba mengulas top blogger di Indonesia ada Diana Rikasari, Doro Kakung, Budi Raharjo dan Indonesia Matters dan Bunda Don’t Worry. Top blogger topics in predictive search-nya ternyata berbeda-beda. Seperti Diana Rikasari ada twitter dan sepatu. Sementara Doro Kakung ada twitter karena dia sering ngetwit dan followernya banyak.

Berbagai pengetahuan baru saya dapat dari acara seminar dan talkshow hari ini. Itulah keseruan Blogger Camp 2015 Jakarta yang diadakan di Camp Hulu Cai Bogor. 

9 komentar for Seru dan Menariknya Blogger Camp 2015 :

  1. wah menang nih. selamat kang Didno blognya jadi the best di Blogger Campr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat kang,, mantap tulisannya,,, salut..

      Hapus
  2. Congratzzz.. Detil tulisannya,..baguss

    BalasHapus
  3. pantas atuh jadi pemenang, harus belajar banyak sama Kang Didno...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe saya juga masih belajar bu

      Hapus
  4. asik banget ya, blogger newbi bsa ikutan gak mas

    BalasHapus
  5. Congratulation kang didno !!!! top banget dech !!!

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam