Nov 8, 2015

10 Hal Pribadi Anda yang Diketahui Oleh Google

10 Hal Pribadi Anda yang Diketahui Oleh Google

Google 

Anda tentu menggunakan salah satu produk dari Google. Entah itu Gmail (Google Mail), Google Drive, Google Checkout, Blogger, Google Chrome, Google Maps, Google Plus, Youtube dan lain-lain. Semakin banyak yang Anda pakai, semakin banyak yang Google ketahui dari Anda. 


Bagi mereka yang peduli terhadap privasi seseorang, apa yang Google ketahui bisa dibilang sangat mengkhawatirkan. Meski demikian, Google sangat terbuka dan transparan mengenai data-data yang ia simpan jika itu dibutuhkan. 


Walaupun benar Google 'tahu segalanya' yang Anda cari, tapi pernahkah Anda mencari apa yang Google tahu tentang Anda?. Biasanya kalau orang ditanya pertanyaan seperti ini, solusinya adalah langsung ketik namanya di Google dan search (mencari di google). Tapi, permasalahannya bukan sampai di sini. Google tahu lebih banyak tentang Anda dari yang bisa dibayangkan. 

Berikut 10 Hal Pribadi Anda yang Diketahui Oleh Google : 

  1. Lokasi yang Anda kunjungi. Ini jika Anda sering menggunakan smartphone Android karena di dalamnya terdapat Google Maps. Terutama jika Anda mengaktifkan pencatatan riwayat perjalanan akun Anda pada Google Maps, maka Google akan melacak pergerakan Anda kemana pun Anda pergi selama smartphone Anda terhubung ke koneksi internet. 
  2. Hal-hal yang Anda cari di Google. Anda biasanya sering menggunakan Google. Semakin lama Anda memakai Google Search, semakin paham Google tentang apa yang Anda inginkan. Google menyimpan cookies untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang apa yang menjadi minat Anda. Sehingga semakin sering Anda memakai Google Search, maka semakin akurat hasil yang diberikan Google ke Anda. Jika Anda mengaktifkan pencatatan riwayat pencarian, Google akan melacak pencarian Anda dalam beberapa kategori. 
  3. Iklan dan Konten yang sesuai dengan Anda. Google dapat mengetahui umur, jenis kelamin dan bahasa Anda, Google pun mengetahui iklan dan konten yang tepat untuk disajikan kepada Anda lewat produk-produknya seperti Google Search, Gmail, YouTube, dan Google Maps. Situs-situs yang Anda kunjungi pun membantu Google menyimpulkan minat dan hal-hal yang menarik bagi Anda. 
  4. Jumlah Email yang Anda kirim. Google dapat mengetahui berapa banyak email yang pernah Anda kirim menggunakan akun Google Anda. Mereka pun tahu berapa banyak kontak yang Anda miliki. Terutama Jika Anda menggunakan browser Chrome, Google tahu berapa banyak tautan yang Anda tandai (bookmark). Tidak hanya itu, Google pun tahu berapa banyak aplikasi yang Anda pasang pada perangkat Anda. 
  5. Perangkat apa yang Anda gunakan. Dengan sering menggunakan perangkat berbasis Android, otomatis Google dapat mencatat perangkat apa saja yang pernah Anda gunakan dan kapan terakhir kali Anda menggunakannya. 
  6. Aplikasi yang digunakan. Tidak hanya perangkatnya, Google pun mengetahui berapa banyak aplikasi yang Anda pasang pada perangkat Anda. Daftar dari semua aplikasi yang memiliki jenis akses ke data kita, dapat terlihat dengan tepat jenis izin yang di berikan kepada aplikasi dan kemudian dapat mencabut akses ke data Anda. 
  7. Video yang sering ditonton di Youtube. Dengan YouTube dan Chromecast, Google bisa tahu apa yang menjadi minat Anda. Semakin sering Anda memakai YouTube misalnya, semakin banyak video-video yang seakan-akan menarik untuk ditonton muncul di hadapan Anda. Ini karena Google memantau kegiatan menonton Anda dan dengan otomatis memberikan tontonan yang paling menarik buat Anda. 
  8. Teman, keluarga, dan koneksi. Selain dari Gmail, Google juga bisa mengetahui siapa yang menjadi teman Anda, atau keluarga dan juga relasi dari Hangouts dan chat. Semakin sering Anda berkomunikasi dengan seseorang, semakin penting orang tersebut buat Anda, dan Google mengetahui hal itu. 
  9. Jadwal Anda. Dengan menggunakan Google Calendar, Google bisa mengetahui kegiatan Anda dan siapa yang Anda temui dalam kegiatan sehari-hari. 
  10. Suara dan Wajah Anda. Google bisa mengetahui suara Anda dengan bantuan Google Now, Google Voice, dan Voice Search. Lalu dengan Anda menggunakan fitur video call dari produk Google Hangout, maka dengan mudah Google mendeteksi wajah Anda. Keempat layanan Google ini bisa mengerti berbagai bahasa, dialek, dan arti dari satu kalimat. Walaupun hal ini belum dieksploitasi, tidak tertutup kemungkinan bahwa Google bisa menggunakan suara dan wajah Anda untuk meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan pundi-pundi keuangan mereka di masa yang akan datang. 
Sumber
10 Hal Pribadi Anda yang Diketahui Oleh Google
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon