ads

Cara Efektif Membuat Konten Marketing di Blog

Rabu, 11 November 2015
Blogger Camp 2015 (Foto Tommy Prabowo) 

Membuat blog itu mudah, bahkan hanya dalam hitungan menit kurang dari setengah jam sudah jadi apalagi sekarang sudah ditunjang dengan akses internet yang cepat. Tetapi dalam dunia blogging yang tersulit adalah menjaga konsistensi, mood dan fokus untuk mengisi blog tersebut dengan konten yang positif dan disukai pengunjung. 

Ngeblog juga tidak melulu hanya membuat tulisan lalu di publikasikan di blog, tetapi sebaiknya mengisi dengan konten yang unik, menarik, beda sudut pandang dengan blog atau situs media online lainnya. Termasuk di dalamnya adalah mencari kata-kata kunci yang potensial yang bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan bisa bertahan bertahun-tahun. 

Dalam perkembangan dunia infomasi dan teknologi yang sangat pesat ini, tidak hanya pengunjung blog yang menjadi sasarannya tetapi juga para pemilik brand atau merek. Pasalnya konten atau postingan di blog tersebut dapat digunakan untuk konten marketing bagi mereka, agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi pemilik blog. 

Para blogger senior yang sudah lama malang melintang di dunia perbloggeran nasional seperti Ndorokakung, Pak De Mbilung, Imam Brotoseno, berkumpul di Camp Hulu Cai Bogor pada tanggal 26 – 27 Oktober 2015 lalu untuk berbagi pengalaman dalam dunia perbloggeran termasuk dalam hal mengisi konten marketing di blog. 

Berikut ini Cara Efektif Membuat Konten Marketing di Blog
  1. Niatkan menulis di blog untuk berbagi. Niat awal seseorang membuat blog tentu berbeda-beda, tetapi sebaiknya meluruskan niat bahwa menulis di blog itu untuk berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman untuk orang lain. Tetapi jika dalam perjalanannya ada tawaran job review atau kerjaan mengulas produk atau jasa, sering mengikuti lomba blog dan memenangkan lomba tersebut itu merupakan suatu bonus dari kerja keras kita mengelola blog.
  2. Menulis di blog dengan konsisten. Dalam hal ini seorang blogger diharapkan menulis blognya dengan konsisten secara terus menerus. Jika Anda sanggup menulis satu hari satu postingan maka lakukanlah, sedangkan jika Anda belum bisa menulis sehari sekali, maka Anda bisa menulis seminggu sekali, atau sebulan sekali. Dengan menulis secara konsisten diharapkan blog Anda tetap banyak dikunjungi oleh pengunjung. Semakin sering Anda menulis semakin kredibel (terpercaya) blog Anda.  
  3. Pilih blog sesuai passion atau hobi Anda. Jika Anda senang jalan-jalan maka sebaiknya Anda membuat blog yang berisi tentang traveling, jika anda hobi ngoprek gadget dan teknologi ada baiknya blog yang Anda tulis adalah gadget & tekno, atau jika Anda senang mengungkap permasalahan keluarga ada baiknya Anda membuat family blog. Sebenarnya masih banyak kategori blog yang lain yang mungkin salah satunya sesuai dengan Anda seperti fashion blog, food blog, lifestyle blog, blog sosial budaya, dan lain-lain. 
  4. Buat tulisan yang bermanfaat. Agar blog kita sering dikunjungi buatlah konten-konten tulisan yang bermanfaat untuk orang banyak. Tulisan bermanfaat tidak harus menggunakan bahasa ilmiah yang susah dipahami oleh orang awam tetapi dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. 
  5. Fokus pada satu blog. Jika Anda memiliki blog lebih dari satu biasanya jarang dikelola secara fokus. Karena biasanya blogger akan kesulitan untuk mencari ide tulisan, mengatur waktu menulis dan lain sebagainya. Oleh sebab itu disarankan untuk memiliki hanya satu blog yang fokus pada salah satu kategori, tetapi jika ada tulisan lain tidak masalah selama masih berhubungan dengan kategori blog utama yang Anda miliki, kecuali jika Anda seorang blogger yang mempunyai keahlian sebagai peternak blog (Jual beli blog). 
  6. Tidak terlalu hard selling. Jika Anda mendapatkan job review atau pekerjaan mengulas suatu produk atau jasa sebaiknya menggunakan bahasa yang halus tidak terlalu hard selling. Sehingga tidak terkesan tulisan tersebut tertulis berbayar. Jenis tulisan ini yang disukai oleh brand karena seolah-olah bukan tulisan berbayar dan terdeksi oleh mesin pencari Google sebagai hal yang alami bukan dibuat-buat dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. 
  7. Buat blog yang responsif untuk semua perangkat. Saat ini banyak pengunjung blog yang menggunakan  perangkat seperti smartphone, dan tablet. Sehingga pemilik blog harus mengatur blognya tidak terlalu lama dibuka di perangkat tersebut atau lebih dikenal dengan istilah responsif. 
  8. Promosikan melalui media sosial. Agar tulisan di blog Anda banyak dilihat oleh pengunjung, sebaiknya Anda membagikan link tulisan blog Anda melalui media sosial seperti facebook, twitter dan Google Plus. Apalagi Anda memiliki banyak teman di akun media sosial tersebut.     
Jika blog tersebut diisi dengan konten yang positif dan bermanfaat, dengan sendirinya banyak brand atau merek yang tertarik untuk memasang iklan atau dibuatkan artikel yang mengarah kepada situs atau produk dan jasa yang dimilikinya. 

Salah satu cara terbaik, agar brand menghubungi Anda sebagai pemilik blog adalah dengan cara mencantumkan alamat email pada menu tentang kami di blog. Dan jangan lupa email yang dicantumkan adalah email yang aktif dan sering dibuka. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi Anda.

12 komentar for Cara Efektif Membuat Konten Marketing di Blog:

  1. Singkat tapi padat, salam kenal dari blogger Kebumen :-)
    Lihat juga artikel saya http://amir-silangit.blogspot.co.id/2015/11/seperti-ini-konten-marketing-yang-saya.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mas Amir tulisannya keren...

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat. terimakasih kang :)

    BalasHapus
  3. Menarik artikelnyaaaaaa, sukaaaaa... Ternyata byak hal yg sy lewatkan trutama soal konsistensi menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Rina silakan belajar untuk konsisten

      Hapus
  4. Asyik, artikelnya sangat bermanfaat ! Dapat ilmu baru lagi.... Ayo NgeBlog !

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua

      Hapus
  5. aku baru tahun ini ngasih imel..biasanya brand nyari whois :v
    tapi emang berguna banget itu imel disertakan yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ca penting banget imel dicantumkan di blog

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam