Dec 23, 2015

µPeek, Membuat Smartphone Bisa Digunakan Sebagai Mikroskop Profesional

µPeek, Membuat Smartphone Bisa Digunakan Sebagai Mikroskop Profesional

µPeek

Smartphone saat ini memiliki fungsi yang bermacam-macam dari kamera, pemutar musik, konsol game, media sosial, hingga berselancar di dunia maya pun kini bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. 


Kamera yang selama ini hanya digunakan untuk mengambil gambar atau video kini bisa dimanfaatkan untuk edukasi hingga bekerja. Developer Scrona yang berasal Swiss melakukan sedikit modifikasi pada kamera smartphone sehingga bisa digunakan layaknya microskop porfesional. 


Walaupun melalui platform crowdfunding (penggalangan dana), Scrona mengungkap bahwa proyek µPeek merupakan sebuah aksesori unik buat dipasangkan pada smartphone Anda, mengubahnya jadi mikroskop portable nan canggih. 

Dalam proses merancang µPeek, Scrona memutuskan untuk tidak menggunakan desain casing. Pendekatan mereka memastikan produk tetap minimalis, lebih fleksibel dan praktis. Ukurannya cuma sebesar kartu kredit dengan dimensi 92 x 57 x 5mm, sangat mudah diselipkan ke kantong atau dimasukkan ke dompet. 

Aksesoris ini terdiri dari dua komponen, yaitu mikroskop dan slide holder. Untuk aksesnya, developer telah menyiapkan app companion. Meskipun wujudnya begitu tipis, terdapat teknologi mutakhir yang ada di dalam µPeek. 

Developer membenamkan lensa 4-elemen bermotor, dimaksudkan agar mampu menyajikan gambar berkualitas bebas distorsi dan menggantikan proses konfigurasi manual. Aksesoris ini ditopang dengan sistem optik canggih, supaya Anda melihat spesimen dengan level pencahayaan yang tepat. 

Semuanya diatur secara wireless melalui aplikasi. Cara pemakaiannya sangat mudah dan sederhana, Anda tinggal letakkan µPeek tepat di atas subjek. Dengan begini, platform tetap stabil dan pecarian fokusnya juga gampang. 

Jika Anda menaruh spesimen di slide, sebaiknya letakkan slide di holder terlebih dulu. Setelahnya, µPeek dapat digerakan atau diposisikan sesuai yang diinginkan oleh Anda, tanpa menyentuh sampel penelitian. µPeek tersusun atas bodi anti-air bersertifikasi IP65, lensa diproteksi lapisan kaca Gorilla, ditopang kapabilitas iluminasi bright-field, dark-field dan fluorescence. 

Perangkat ini ditenagai baterai internal, dapat diisi melalui port micro USB, serta dibekali konektivitas Bluetooth low energy. Anda bisa memilih warna cover yang sesuai dengan Anda, antara lain warna kuning, merah muda, hitam, biru dan hijau. Aplikasinya sendiri telah disiapkan untuk perangkat Android maupun iOS. 

Saat ini Scrona sedang melangsungkan kampanye penggalangan dana di Kickstarter, dan Anda sudah bisa memesan µPeek . µPeek White (versi standard) ditawarkan seharga US$ 135 atau setara dengan 1,8 Jutaan dan µPeek Blue (dengan pencahayaan fluorescence) dibanderol dengan harga US$ 176 atau Rp. 2,3 jutaan. 

µPeek, Membuat Smartphone Bisa Digunakan Sebagai Mikroskop Profesional
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon