ads

9 Perubahan Drastis Dalam Kehidupan Sejak Adanya Media Sosial

Sabtu, 23 Januari 2016
Pola pikir sejak adanya media sosial

Beberapa tahun yang lalu, sebelum adanya media sosial dalam hidup kita, semua orang tidak ada yang seperti sekarang mata kita terlalu sering melototin gadget dibandingkan membaca buku, koran majalah atau yang lainnya. 


Komunikasi antara teman dan keluarga sering terjadi di rumah atau di mana saja. Mereka tidak tergantung dengan yang namanya gadget. Sejak adanya gadget dan media sosial semakin marak maka komunikasi langsung antarpersonal pun semakin berkurang dan tergantikan dengan menggunakan media sosial. 


Banyak sekali perubahan sejak hadirnya media sosial baik dalam berkomunikasi, bersosialisasi bahkan untuk kepentingan yang lainnya. Berikut ini 9 perubahan drastis dalam kehidupan sejak adanya media sosial

  1. Penggunaan Kosakata. Media sosial memiliki bahasa yang berbeda dengan banyaknya tulisan yang disingkat untuk mempermudah penulisan. Generasi yang lebih tua mungkin akan bertanya-tanya apa maksudnya BTW, kepo dan lain-lain saat menggunakan media sosial. Penggunaan kosakota ini dapat mempengaruhi penggunaan bahasa sehari-hari di masa yang akan datang. 
  2. Pola Pikir Sosial. Hari ini, media sosial memainkan peran kunci dalam masyarakat. Pandangan semua orang, pendapat yang kita lihat di media sosial yang cukup meyakinkan, sehingga sulit bagi kita untuk memilih informasi yang harus percaya dan yang tidak. Tidak ada cara mudah untuk menemukan sesuatu yang benar dan yang tidak. 
  3. Kampanye Politik. Beberapa orang terkenal setelah membuat memiliki akun di Facebook atau Twitter. Semua berita mengambil sumberya dari media sosial yang mereka miliki seperti Barrack Obama, SBY, Jokowi dan lain sebagainya. Termasuk untuk menarik pengguna media sosial dalam memilih partai politik atau pemimpinnya pun sekarang menggunakan media sosial. Mereka menggunakan gambar, video, dan lain sebagainya untuk menarik pemilih terutama generasi muda. 
  4. Berdebat dan Berargumen. Sekarang beberapa orang menggunakan media sosial untuk mediskusikan film atau penilaian tentang pertandingan sepakbola dan lain sebagainya. Bahkan tidak sedikit yang beradu argumen dan debat di media sosial tentang sesuatu hal berdasarkan penalaran dan sumbernya masing-masing. 
  5. Nilai Komunikasi. Pada masa lalu, ketika surat masih menjadi satu-satunya sarana komunikasi yang memberikan informasi dari jarak yang jauh. Tetapi kini dengan adanya media sosial informasi itu langsung diterima dan bisa dijawab secara langsung. Pertanyaan dalam kata 'Bagaimana kabarmu?' sudah tergantikan dengan kata 'Hai' yang kita lihat sekarang. Tetapi media sosial tidak mengubah nilai komunikasi tersebut. 
  6. Metode Ekspresi. Informasi melalui media sosial terkadang memiliki dampak yang lebih besar daripada di media lain seperti koran atau TV. Dalam beberapa bulan terakhir kita telah melihat kasus terorisme di Paris, yang dikutuk oleh seluruh pengguna media sosial di dunia dengan mengganti foto profil facebook mereka dengan bendara Perancis. Dengan cara ini setiap orang memiliki cara sendiri untuk mengungkapkan perasaan mereka terhadap apa pun melalui media sosial. 
  7. Promosi dan Produk Sendiri. Selalu ada sesuatu yang menarik yang terjadi di sekitar kita yang ditulis di media sosial. Media sosial membantu dalam mempromosikan produk, layanan, atau bahkan seseorang dengan cara yang mudah dan cepat. Anda tidak perlu untuk menerbitkan iklan di koran untuk mempromosikan produk, jasa dan diri Anda karena media sosial lebih nyaman dan memiliki jangkauan kemampuan yang lebih luas daripada media lainnya. 
  8. Keterbatasan Konektivitas. Melalui media sosial kita hanya membutuhkan beberapa detik untuk menyampaikan sesuatu untuk teman-teman kita atau ke seluruh dunia. Kita dapat memberitahu informasi kepada seluruh teman-teman kita yang ada di daftar teman dan juga bisa dilihat oleh orang lain dalam update status kita. Serta orang lain bisa berbagi dan mencari hampir setiap jenis informasi dalam setiap bentuk, berkat media sosial.
  9. Sarana Kesadaran Sosial. Jika Anda mengikuti halaman dan orang-orang yang tepat melalui media sosial maka Anda dapat menjaga pikiran Anda untuk terus up to date di semua lini seperti politik, ekonomi, hiburan, olahraga dan lainnya. Media sosial adalah jenis database yang membawa berita dari setiap sudut, beserta dengan pendapatnya masing-masing. Ini adalah tanggung jawab kita untuk memilih berita yang benar dan bisa dipercaya. 

0 komentar:

Poskan Komentar test