ads

10 Hal Ini Sebenarnya Bisa Dilakukan Dari Smartphone Anda

Jumat, 12 Februari 2016
Launcher 

Smartphone yang biasa Anda gunakan layaknya sebuah komputer yang ada dalam saku dan genggaman Anda. Smartphone memiliki berbagai fitur yang membuat hidup Anda lebih mudah. Bahkan, mungkin Anda tidak sepenuhnya mengetahui begitu bergunanya smartphone Anda. 

Hal-hal ini mungkin tidak disadari oleh pengguna smartphone yang sebenarnya bisa Anda lakukan oleh Anda, seperti mengaktifkan fitur-fitur tersembunyi yang ada pada smartphone Anda. Fitur tersebut jika digunakan akan membuat Anda lebih mudah dan lebih menyenangkan. 

Berikut 10 Hal Ini Sebenarnya Bisa Dilakukan Dari Smartphone Anda

  1. Mengubah Launcher atau Peluncur. Hampir setiap vendor smartphone Android memiliki antarmuka sendiri, baik itu Samsung TouchWiz atau HTC Sense. Tetapi hal tersebut tidak bisa menyenangkan semua orang. Fitur tersebut jarang digunakan dan tidak begitu diminati. Untungnya ada solusi dengan banyak pihak ketiga yang mengembangkan UI (user interface) ciptaannya sendiri dan disimpan di Google Play Store. Sehingga pengguna bisa mendownload Launcher atau peluncur tersebut. Caranya buka aplikasi Google Play Store lalu ketik launcher di kolom pencarian. Anda sekarang akan memiliki daftar Launcher paling populer yang tersedia. Kami akan merekomendasikan Launcher Google Now untuk pengalaman Android gratis dan otentik, dan Nova Launcher untuk mengenal lebih dalam UI yang disesuaikan. 
  2. Mengontrol perangkat lain dengan inframerah. Anda biasanya duduk di depan TV dan ingin mengubah saluran atau membesarkan atau mengecilkan volume tidak usah mencari remote televisi tetapi cukup menggunakan smartphone Anda. Beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan Blasters inframerah, terutama handset high-end seperti Samsung Galaxy S6 dan HTC One M9. Untuk itu pastikan Anda memiliki aplikasi remote yang ada di Google Play salah satunya adalah Peel Smart Remote. Aplikasi ini bisa digunakan untuk remote universal seperti TV, set-top box, DVD player, Blu-ray, Roku, Apple TV, dan sistem audio, serta setiap peralatan rumah tangga lainnya yang dikendalikan dengan Inframerah seperti AC dan pemanas air. Tapi sayangnya aplikasi ini tidak mendukung semua smartphone Android. 
  3. Mengidentifikasi lagu. Anda mungkin sudah tahu dengan aplikasi Shazam atau SoundHound untuk smartphone Anda, keduanya dapat digunakan untuk mengidentifikasi lagu. Tapi apakah Anda tahu bahwa Google, Apple dan Microsoft juga telah menciptakan alat identifikasi lagu mereka sendiri?. Mereka dibangun langsung ke asisten virtual masing-masing, sehingga Anda hanya dapat meminta Google Now atau Siri musik apa yang ingin diputar, hanya tinggal menekan ikon Music Search dalam Cortana. Kualitas sistem ini bervariasi sesuai dengan akses perpustakaan mereka, tetapi fungsi intinya sama. Bagi pengguna iPhone, cukup tekan dan tahan tombol home untuk mengaktifkan Siri. Kemudian tanyakan "Apa yang ingin diputar?. Sementara Siri akan mempekerjakan Shazam untuk mendengarkan selama beberapa detik dan memberitahu Anda lagu apa yang sedang diputar di latar belakangnya. Sedangkan untuk perangkat Android Google Now melakukan sesuatu yang sangat mirip. Tekan tombol mic atau mengatakan audio dengan cepat 'OK Google' (tergantung konfigurasi smartphone Anda), kemudian Anda cukup berkata 'Lagu apa ini? " Anda dapat mengetik pertanyaan di kotak pencarian Google. Untuk pengguna Windows Phone tersedia Cortana. Pengguna cukup mengatakan 'Hei Cortana' atau menekan tombol pencarian, diikuti dengan tombol mic untuk memulai pencarian berbasis suara. Kemudian tanyakan "Apa lagu yang sedang dimainkan? '. Seperti Google Now, Anda juga dapat mengetik istilah di pencarian musik. 
  4. Mengubah ponsel Anda menjadi konsol game. Ada beberapa ponsel Android yang mempunyai pengalaman mumpuni dalam hal peralatan game seperti handset Sony atau Samsung. Keduanya sudah mendukung MHL (Mobile High-Definition Link), yakni smartphone ini bisa dihubungkan dengan peralatan elektronik portabel lainnya termasuk televisi HD dan monitor. Hasilnya smartphone Anda bisa digunakan untuk bermain game dengan kabel MHL terlebih dahulu. Setelah Anda memiliki kabel, pasang salah satu ujung ke port micro USB di smartphone Anda dan ujung lainnya ke kabel HDMI, yang kemudian nantinya dimasukkan ke HDMI di TV Anda. Anda cukup menyentuh layar sentuh smartphone Anda layaknya konsol game dan mata Anda ke layar televisi atau monitor. 
  5. Smartphone Sebagai Perkakas. Kebanyakan smartphone memiliki berbagai fitur salah satunya sensor accelerometer, yang merupakan sensor yang digunakan untuk mengidentifikasi orientasi ponsel Anda. pengembang cerdas sudah tahu smartphone Anda dapat digunakan sebagai waterpas. Selain itu Anda dapat menggunakan perangkat smartphone sebagai kompas untuk penunjuk arah. 
  6. Mengotomatisasi hidup Anda. Smartphone Anda sebenarnya bisa digunakan untuk kehidupan Anda sehari-hari, seperti mengatur data seluler dengan otomatis mematikannya saat Anda terhubung ke Wi-Fi atau secara otomatis menyimpan tag foto jaringan sosial untuk layanan penyimpanan cloud pilihan. Atau untuk membuat sesuatu yang lebih mudah, ada puluhan resep makanan dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan aplikasi IF atau IFTTT sebelumnya. 
  7. Mengetahui detak jantung Anda agar lebih sehat. Banyak cara dari kita agar bisa hidup lebih sehat. Salah satunya dengan mengunduh berbagai aplikasi untuk kesehatan. Beberapa smartphone canggih seperti Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy Note 4, atau Samsung Galaxy S5, telah memiliki semuanya termasuk aplikasi kesehatan seperti S Health, Heart Rate, dan lain sebagainya. Saat ini ada banyak aplikasi untuk mendeteksi jantung Anda agar lebih sehat. 
  8. Gunakan tombol volume untuk melewatkan lagu. Smartphone kini sering digunakan sebagai pemutar MP3, tetapi ketika smartphone ada di saku biasanya agak kesulitan untuk melewati lagu yang tidak diinginkan. Namun, dengan sedikit perubahan Anda dapat menggunakan tombol volume untuk melewati trek lagu. Pada BlackBerry 10 paling mudah menggunakannya hanya dengan pengaturan sistem volume dan mengubah 'Music Shortcuts'. Setelah Anda melakukan itu Anda akan dapat melompat ke lagu berikutnya dengan menahan tombol volume atas dan volume bawah untuk memainkannya. Pada Android, bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yakni Pocket Skip Track. Hal ini memungkinkan Anda untuk melewatkan lagu dengan satu atau dua ketukan tombol volume. 
  9. Mengembalikan foto yang terhapus pada smartphone Anda. Anda mungkin salah menekan gambar atau tanda yang menyebabkan foto yang ada di smartphone terhapus semua. Tapi jangan khawatir karena kita bisa mengembalikannya. Bagi pengguna perangkat Apple, Anda hanya cukup membuka album dari Apple Default Photo sampai Anda melihat folder 'Baru Dihapus'. Album ini berguna menyimpan semua gambar yang Anda hapus selama 30 hari. Setelah itu maka file yang terhapus akan hilang selamanya. Masukkan ke folder Baru Dihapus dan tekan pada gambar atau yang ingin diselematkan. Gambar Anda akan dikembalikan ke album foto utama. 
  10. Memblokir nomor menjengkelkan. Anda tidak lagi harus menderita dengan seringnya menerima telepon atau SMS dari nomor-nomor yang menjengkelkan. Karena sekarang kebanyakan smartphone menawarkan kemampuan untuk memblokir nomor tidak hanya pada perangkat Android tetapi pada iOS dan Windows Phone. 

0 komentar:

Poskan Komentar test