Feb 5, 2016

Engineer Google Ciptakan Cermin Pintar

Engineer Google Ciptakan Cermin Pintar

Cermin Pintar

Zaman sekarang hampir semua perangkat serba pintar. Dari ponsel pintar, jam tangan pintar, kacamata pintar, kaos pintar, gelang pintar, cincin pintar hingga kini muncul lagi perangkat terbaru berupa cermin pintar. 

Cermin biasanya digunakan untuk melihat penampilan diri atau berdandan sebelum berangkat ke tempat aktivitas atau keluar dari rumah. Cermin pintar ini dibuat oleh seorang engineer Google yang sangat berpengalaman bernama Maz Braun. 

Gadget canggih ini terinspirasi dari sebuah film fiksi ilmiah di film The 6th Day yang dibintangi Arnold Schwarzenegger, beliau membuat sebuah prototipe cermin pintar yang dapat menampilkan berbagai informasi. 

Dia menjelaskan secara rinci tentang cermin pintar ini di blog-nya di Medium, cermin pintar ini dibentuk dari sejumlah komponen yang bisa didapat dengan mudah. Utamanya adalah cermin dua arah, panel display, papan controller dan perangkat sejenis Google Chromecast atau Amazon Fire TV Stick. 

Cermin pintar ini dapat menampilkan berbagai informasi seperti prakiraan cuaca, waktu dan tanggal, serta sejumlah headline berita terkini. Nantinya, Max berencana menambahkan informasi lain seperti kondisi lalu lintas, reminder atau pengingat, dan sederet info lain yang biasa kita jumpai dalam wujud kartu di Google Now. 

Semua informasi ini akan di-update secara otomatis, jadi pengguna sama sekali tidak perlu berinteraksi secara terus menerus dengan cermin tersebut. Jangan bayangkan cermin pintar ini sebagai layar sentuh raksasa, ini hanyalah sebuah alat bantu berdandan yang bisa memberi manfaat dengan deretan informasi yang ditampilkannya. 

Dari luar, prototipe cermin pintar ini memang tampak sangat apik. Panel display-nya yang sangat tipis tersembunyi dengan baik di antara panel cermin. Tapi saat Anda buka, ternyata Anda akan melihat sejumlah komponen yang berserakan di bagian belakangnya. 

Terlepas dari itu, upaya yang dilakukan Max Braun ini patut mendapat acungan jempol setinggi-tingginya. Karena dengan modal sejumlah komponen tertentu, kreativitas dan ketekunan, ia bisa menyulap sebuah cermin kamar mandi biasa menjadi perangkat terkoneksi yang amat bermanfaat. 

Max belum terpikirkan untuk menjual cermin pintar ini ke pasaran. Namun paling tidak pabrikan hardware lain bisa terinspirasi dan mencoba mengeksekusi idenya sendiri. Kalau satu orang dengan perlengkapan seadanya saja bisa membuat gadget sekeren ini, bagaimana jadinya jika satu tim riset dan pengembangan bersatu membuat cermin pintar ini. 

Engineer Google Ciptakan Cermin Pintar
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon