ads

Enam Tahun Menunggu, Akhirnya Instagram Resmi di Windows Phone

Kamis, 10 Maret 2016
Instagram resmi di Windows Phone

Setelah enam tahun menunggu akhirnya aplikasi Instagram resmi mendarat pada platform mobile milik Microsoft. Saat ini sudah tersedia pada Windows 10 (sementara sistem operasi yang lebih lama tidak didukung), aplikasi ini lama ditunggu-tunggu setelah melakukan ujicoba atau beta selama enam tahun. 


Walaupun aplikasi Instagram masih beta tapi tidak diragukan lagi karena ini resmi. Instagram pada Windows Phone layaknya Instagram pada sistem operasi yang lain. Bahkan setelah menjadi bagian dari aplikasi iOS, Instagram dilengkapi fitur emulasi Apple Peek and Pop 3D Touch, yang memungkinkan melihat gambar dengan cara menekan dan menahan gambar tersebut seperti dalam versi Android. 


Instagram untuk Windows 10 ini masih memiliki beberapa permasalahan yang harus dikerjakan. Sebagai permulaan, beberapa pengguna tidak bisa login dengan akun Facebook dan tidak dapat menggunakan fungsi "share”. Hal ini menyebabkan aplikasi ini sering crash. 

Aplikasi ini tentu masih terus dipoles layaknya Instagram pada Android dan iOS, kita bisa membayangkan tim Instagram bekerja keras untuk memoles kode-kodenya untuk pengguna setia Microsoft. 

Sementara itu Instagram berusaha meyakinkan penggemarnya bahwa video dan foto yang ada di smartphone Windows Phone akan bisa diedit dengan bebas, serta memiliki filter khusus yang disesuaikan. 

Disiapkan 10 tools kreatif dijanjikan akan hadir dalam Instagram untuk Windosw Phone sehingga bisa menghasilkan foto kreatif. Pengguna akan dapat men-tweak highlights, perspektif, bayangan dan mengatur kontras, kecerahan dan saturasi. 

Instagram dan Facebook sebagai induk perusahaan tidak begitu tertarik dalam sistem operasi Microsoft karena memiliki pangsa pasar yang kecil (sekitar 3% di seluruh dunia). Namun, tampaknya Microsoft dan Facebook telah melakukan kompromi di Silicon Valley melalui Proyek Islandwood. 

Proyek Islanwood merupakan salah satu dari empat program Windows Bridge yang memungkinkan para developer bermigrasi dari aplikasi Windows ke platform lain. Seperti yang dijanjikan Pendiri Facebook Mark Zuckerberg bahwa perusahaannya akan memanfaatkan Windows Bridge untuk membawa aplikasi Windows 10 berjaya kembali, dan merilis Instagram untuk pengguna setia Windows Phone 10.

0 komentar:

Poskan Komentar test