ads

Awas Jangan Tertipu Dengan Gadis Cantik Ini

Senin, 25 April 2016
Robot Jiajia | sumber: cctv-america.com

Kalau melihat bentuk dan parasnya, pasti semua laki-laki yang normal akan kepincut dengan sosok gadis yang satu ini. Tapi jangan salah gadis cantik ini bukanlah manusia melainkan hanyalah sebuah robot cantik yang diberinama Jiajia


Robot cantik ini baru saja diperkenalkan secara luas kepada publik. Kali ini giliran kelompok peneliti dari University of Scienceand Technology of China (UTSC) yang mengembangkan sebuah robot berbentuk seorang gadis cantik. 


Jiajia dikembangkan sebagai robot yang didesain secara khusus menyerupai manusia dan dapat berinteraksi secara langsung dengan manusia. Bahkan, Jiajia juga diprogram untuk dapat berbicara dengan nada dan bahasa yang bisa disesuaikan. 

Namun, dari sisi teknologi Jiajia sebenarnya tidak memperkenalkan sesuatu yang baru pada bidang robotik. Para pengembang Jiajia hanya fokus pada usaha membuat robot yang patuh kepada pemiliknya. 

Direktur di USTC yakni Chen Xiaoping yang mengembangkan Jiajia mengatakan bahwa butuh waktu sekitar tiga tahun untuk penelitian dan pengembangan agar membuat tingkah lakunya begitu nyata. Mulai dari gerakan bibir dan tubuh, sampai ekspresi wajahnya. Chen mengatakan, salah satu pembeda Jiajia dengan robot lain adalah ia mampu memutar matanya secara alami dan menggerakan bibirnya sesuai kata-kata yang diucapkan. 

Selain itu, Jiajia juga didesain dengan tubuh yang sangat menyerupai manusia. Tapi sayangnya, robot ini belum mampu menunjukkan bentuk emosi, seperti tertawa atau pun menangis. Oleh sebab itu, Chen mengatakan pihaknya masih terus bekerja untuk memberikan kemampuan itu pada Jiajia. 

Chen juga mengatakan bahwa "Kami berharap dapat mengembangkan robot yang memiliki kemampuan belajar,". Salah satu yang akan dilakukannya adalah kemampuan mengenali ekspresi wajah dan membuat interaksi yang lebih baik dengan orang lain. 

Jiajia sendiri bukanlah robot wanita pertama yang diperkenalkan kepada publik. Sebelumnya, publik Hong Kong telah diperkenalkan robot wanita yang juga memiliki tampilan layaknya manusia. Ricky Ma berhasil membuat robot dengan wajah mirip Scarlett Johansson dan memperkenalkannya pada publik beberapa waktu lalu. Ada pula robot yang mirip Kelly Chen yang dibuat Ma pada tahun 2010 lalu. 


0 komentar:

Poskan Komentar test