ads

Cara Mencari Sponsor Kegiatan Blogger di Daerah

Minggu, 24 April 2016
Kegiatan pelatihan blog untuk guru di Indramayu 

Kegiatan blogger di daerah tentu berbeda dengan di kota Metropolitan atau kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Medan. Di Kota besar hampir setiap minggu ada kegiatan yang mengundang blogger. Bahkan seperti di Jakarta dalam sehari ada dua, tiga bahkan sampai lima acara blogger yang semuanya tidak berbayar alias gratis. 

Kegiatan tersebut tentu berbeda dengan kegiatan blogger di daerah yang jarang ada acara atau event blogger karena jarang ada brand atau perusahaan yang mau datang ke daerah. Selain itu karena komunitas blogger kesulitan mencari sponsor untuk membiayai kegiatan tersebut. Di kota besar biasanya sudah ada sponsornya yang akan membiaya kegiatan blogger. 

Berbagai event atau acara blogger di kota besar diiming-imingi oleh goodie bag dan doorprize berupa voucher, dan gadget yang sudah disiapkan oleh brand atau perusahaan yang mengadakan acara atau kegiatan tersebut. 

Sementara untuk acara di daerah, komunitas blogger biasanya sangat sulit untuk mencari brand yang bisa diajak kerjasama dengan memberikan dana yang besar dengan berbagai alasan seperti tidak berbadan hukum, dan masyarakat belum tahu apa itu blogger. 

Tapi saya sebagai seorang ketua Komunitas Blogger Indramayu tidak patah arang untuk mengadakan berbagai kegiatan ada atau pun tidak ada dana. Beberapa kegiatan seperti pelatihan blog untuk pelajar, untuk guru, dan UKM (Usaha kecil dan menengah), dan lomba blog pernah saya laksanakan dan sukses. Ukuran kesuksesan tentu berbeda-beda, ada yang dilihat dari jumlah peserta, jumlah penyumbang dana atau hasil setelah kegiatan tersebut. 

Untuk melaksanakan kegiatan seperti pelatihan, workshop atau seminar, lomba blog atau kegiatan blogger lainnya, sebenarnya tidak harus membutuhkan dana yang besar bahkan bisa gratis. Ini tentu perlu cara untuk mendapatkan sponsor atau cara lain agar bisa menyiasati hal tersebut. 

Berikut cara mencari sponsor kegiatan blogger di daerah : 

  1. Susun rencana acara secara matang. Menyusun acara blogger yang tidak bersifat foya-foya atau hura-hura tetapi lebih bersifat memberikan manfaat untuk semua lapisan masyarakat di daerah tersebut. Seperti pelatihan blog untuk pelajar/mahasiswa, pelatihan blog untuk guru, pelatihan blog untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah) atau kegiatan lainnya. 
  2. Buatlah proposal yang menarik. Proposal yang menarik bukan hanya dalam bentuk tetapi untuk kerjasama dengan instansi pemerintah atau brand. Buat prososal dengan berbagai kriteria jika ada perusahaan atau brand yang akan memberikan sumbangan. Misalnya untuk perusahaan atau brand yang memberi sumbangan 1 juta ke atas akan mendapatkan manfaat seperti penempatan iklan di blog selama sebulan, penempatan logo di spanduk, media sosial dan lain-lain. Sementara untuk sumbangan di bawah sejuta akan mendapatkan penempatan logo di spanduk dan adlibs (Dibacakan/diucapkan saat acara). 
  3. Buatlah surat pengantar. Surat pengantar harus dibuat untuk melengkapi proposal tersebut, karena ada beberapa perusahaan yang tidak menerima bantuan kerjasama hanya berupa proposalnya saja tetapi harus disertai dengan surat pengantar yang resmi ditujukan kepada pimpinan perusahaan tersebut karena mereka akan mengakomodir apakah diterima atau tidak kegiatan atau acara tersebut. 
  4. Datangi brand atau perusahaan, dan instansi pemerintah yang potensial. Datangi  brand atau perusahaan yang dianggap potensial atau memiliki reputasi yang bagus untuk diajak kerjasama. Kalau kegiatan blogger biasanya mengajak perusahaan jasa telekomunikasi, industri yang berhubungan dengan kegiatan tersebut, atau instansi pemerintah yang berhubungan dengan acara tersebut. Tetapi jangan sepelekan brand atau perusahaan kecil karena bisa jadi mereka menginginkan brand atau perusahaannya dikenal oleh masyarakat luas. Saat mendatangi instansi pemerintahan atau brand buatlah janji untuk bertemu dengan pimpinan atau yang orang yang ditunjuk agar proposal kita tidak disia-siakan. 
  5. Event blogger atau lomba blog yang sesuai. Untuk event atau acara blogger yang sesuai adalah kegiatan pelatihan blog untuk guru dan UKM (usaha Kecil dan Menengah), jika panitia tidak mendapatkan dana dari sponsor sebaiknya dibebankan kepada peserta pelatihan dengan kelebihan akan mendapatkan sertifikat dan konsumsi. Disarankan biaya pendaftarannya tidak terlalu mahal sehingga terjangkau oleh banyak orang. Sementara untuk lomba blog buat lomba yang berhubungan atau memberi manfaat bagi pemerintah daerah seperti yang kami lakukan lomba City Branding Kota Indramayu. Karena lomba ini tidak hanya bermanfaat untuk blogger tetapi untuk pemerintahan di Indramayu  
  6. Efisiensi. Jika tidak mendapat dana yang banyak, sebaiknya cara tempat yang tidak terlalu mengeluarkan uang banyak seperti aula sekolah, balai desa, atau tempat lain yang tidak dibebankan biaya sewa tempat. Akan lebih baik lagi biaya kursi dan peralatan sound systemnya tidak menyewa sehingga mengurangi biaya pengeluaran. 
Tapi intinya untuk mengadakan event blogger adalah aksi dulu jangan cuma hanya meminta-minta sumbangan atau mengandalkan sponsor. Tetapi setelah tidak mendapat sumbangan atau sponsor kemudian kita gagal mengadakan kegiatan blogger. Karena terkadang brand atau perusahaan, apalagi instansi pemerintahan terlebih dahulu ingin melihat buktinya.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengadakan acara blogger atau lomba blog terutama di daerah. 

4 komentar for Cara Mencari Sponsor Kegiatan Blogger di Daerah :

  1. Ditempatku, blogger belum dianggap sebagai wadah yang diperhitungkan. Salut dengan blogger indramayu yang begitu bersemangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, di tempatku juga blogger masih dipandang sebelah mata :)

      Hapus
    2. terima kasih @Djankaru Bumi

      Hapus
  2. @Kabare Braling : oleh karena itu ayo tunjukan dulu kreativitas dan kerja kita baru kita mencari dukungan dari sponsor termasuk dari pemda

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam