ads

Inilah Tips Membuat Password Yang Susah Ditebak

Minggu, 10 April 2016
Password | Sumber : Blogs.uis.edu 

Orang membuat password atau kata kunci bermacam-macam dari yang menggunakan nama pacar, nama isteri, nama suami, nama anak, alamat rumah, nama binatang peliharaan hingga urutan angka atau abjad pun sering dilakukan untuk membuat password. 

Password yang sering gampang ditebak atau dijebol biasanya karena kesalahan penggunanya sendiri. Dari mulai diberitahukan kepada pasangan, lupa logout dari komputer publik, hingga passwordnya sangat mudah ditebak seperti menggunakan kata satu baris di keyboard, menggunakan tanggal lahir, dan lain sebagainya. 

Tetapi menurut Onno W. Purbo, pakar IT (Informasi dan Teknologi) Nasional pada acara Workshop E-Learning di Indramayu Sabtu 9 April 2016, mengatakan bahwa untuk membuat password yang sulit ditebak syaratnya sangat mudah syaratnya yaitu : 

  1. Password minimal berisi 8 karakter. Minimal menggunakan 8 karakter, lebih banyak lebih bagus. 
  2. Password berisi huruf kapital. Penggunaan huruf kapital tersebut bisa ditempatkan di depan, di tengah atau di akhir password terserah pemilik akun. 
  3. Password harus berisi huruf kecil. Huruf kecil tersebut bisa digunakan di depan, di tengah, di akhir atau dimana saja tetapi harus ada. 
  4. Password harus berisi tanda baca. Untuk membuat password yang kuat maka harus menggunakan salah satu tanda baca seperti ,.?;: dan lain sebagainya. 
  5. Mudah diingat. Percuma saja kalau semua terpenuhi tetapi passwordnya lupa. Oleh karena itu sebaiknya membuat password yang mudah diingat.
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi Anda semua.


0 komentar:

Poskan Komentar test