ads

Cara Efektif Pencarian di Internet

Senin, 09 Mei 2016
Cara Efektif Pencarian di Internet

Saat ini manusia dipermudah dengan adanya teknologi informasi. Kalau sebelumnya untuk mencari materi atau topik tertentu harus mencari di perpustakaan atau mencari toko buku terlebih dahulu sekarang cukup diam di depan komputer atau laptop yang terkoneksi internet semuanya sudah bisa dilakukan. 


Teknik dalam pencarian di mesin pencari atau di internet sangat dibutuhkan oleh pengguna internet sehingga Anda tidak tersesat dalam pencarian yang jumlah sangat banyak di mesin pencari dan dengan cepat Anda mencari apa yang hendak dicari di internet. 


Menurut riset baru 5 % orang Indonesia yang mengetahui cara penggunaan mesin pencari dalam hal ini pencarian di Google. Nah oleh sebab itu pada kesempatan ini saya akan berbagi cara paling efektif melakukan pencarian di mesin pencari Google atau di Youtube. 

Berikut cara efektif pencarian di internet : 

  1. Gunakan tanda kutip lalu ketik tulisan yang akan dicari sebagai contoh sejarah napoleon filetype:ppt artinya kita akan mencari sejarah napoleon dalam bentuk ppt (power point). Sedangkan untuk dalam bentuk Microsoft word maka ketik filetype:doc. Kemudian tekan pencarian. 
  2. Untuk mencari buku yang sedang kita cari maka tekan https://books.google.co.id/ kemudian ketik judul buku yang akan kita cari lalu tekan pencarian maka buku yang akan kita cari akan muncul. 
  3. Bagi Anda yang sedang mencari bahan ajar cobalah menggunakan kata "animasi atau simulasi" di Google atau Youtube untuk mencari bahan ajar tersebut. 
  4. Bagi Anda yang ingin mencari film kepahlawanan maka carilah di Youtube. Karena hampir semua film tentang kepahlawanan ada di Youtube dan bisa digunakan untuk bahan ajar. 
  5. Bagi Anda yang sedang mencari lagu kebangsaan maka carillah di Youtube karena hampir semua lagu ada termasuk karaokenya pun ada di Youtube. 
  6. Bagi Anda yang ingin mengetahui sistem peredaran darah maka ketik "Sistem peredaran darah" di Google lalu tekan gambar maka yang keluar adalah image atau gambar tentang Sistem Peredaran Darah.

0 komentar:

Poskan Komentar test