May 13, 2016

Cara Membuat Soal yang Tidak Bisa Dijawab Oleh Google

Cara Membuat Soal yang Tidak Bisa Dijawab Oleh Google

Membuat Soal yang tidak bisa dijawab oleh Google

Saat ini hampir semua pelajar terutama tingkat SMP dan SMA atau yang sederajat sudah memiliki gadget atau smartphone dan terkoneksi dengan internet. Sehingga mereka sangat mudah untuk menjawab soal-soal PR (Pekerjaan Rumah) yang diberikan oleh gurunya. 


Mereka menjadi malas membuka buku pelajaran karena semuanya sudah ada jawabannya di Google dengan bantuan akses internet yang semakin hari semakin mudah dan murah terutama untuk di daerah perkotaan. 


Tetapi sebagai seorang guru tentu harus memutar otak bagaimana caranya agar murid-murid kita bisa berpikir cepat dan kreatif dengan cara membuat soal yang tidak ada jawabannya di mesin pencari seperti Google. 

Berikut ini contoh-contoh cara membuat soal yang tidak bisa dijawab oleh Google : 

  1. Amatilah berbagai jenis dinosaurus yang Anda ketahui, perhatikan bentuk fisiknya dan klasifikasikan?. 
  2. Pilihlah 5 pahlawan nasional pada zaman penjajahan Belanda yang Anda kenal, pelajari sejarah kehidupannya siapa pahlawan yang paling lama berjuang melawan Penjajah Belanda?. 
  3. Amatilah fluktuasi dolar terhadap rupiah selama tiga bulan yang beritanya bisa diambil dari koran atau situs. 
  4. Tanyakan kepada ibu kalian, bagaimana perasaan hatinya sesaat menjelang kelahiran kalian di Rumah Sakit atau Klinik bersalin?. Tanyakan juga perasaan hati Ayah Anda saat setelah Anda lahir?. Rekamlah wawancara ayah dan ibu kalian menggunakan telepon genggam. Buatlah hasil wawancara tersebut dan dibacakan dihadapan orang tua kalian.
  5. Bangun pagi-pagi, setelah itu keluar rumah dan lihatlah alam sekitar. Carilah obyek menarik kemudian buatlah puisi dengan menggunakan kata-kata pemandangan, Tuhan, indah, baik dan alam. 
  6. Carilah sebuah film mengenai kehidupan seorang pahlawan nasional yang pernah diangkat ke layar perak di internet. Kemudian buatlah kesimpulannya.
  7. Kumpulkan 100 KTP dari keluarga besar kalian lalu dibuat tabel dalam microsoft excel berapa rata-rata umur ke 100 keluarga Anda tersebut pada tanggal 1 Januari 2020. 
Sebenarnya masih banyak contoh-contoh cara membuat soal yang tidak bisa dijawab dengan menggunakan Google seperti yang diungkap oleh Prof. Richardur Eko Indrajit dalam acara Indonesia Digital Learning 2016 lalu di Jakarta.
Cara Membuat Soal yang Tidak Bisa Dijawab Oleh Google
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon