ads

Mengonlinekan UKM di Indramayu

Minggu, 29 Mei 2016
Toko Online Produk Khas Indramayu

Sebagai seorang blogger tentu saya tidak bisa tinggal diam dengan keadaan tempat kelahiran saya yakni Indramayu. Berbagai cara sudah saya lakukan untuk membuat citra positif baik di dunia nyata maupun di dunia maya. 


Berbagai kegiatan sudah saya lakukan dari mulai memperkenalkan blog kepada para pelajar, pelatihan blog untuk para guru, serta pelatihan untuk para UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di kota kelahiran saya Indramayu. 

Pelatihan Blog untuk UKM di Indramayu

Selain itu beberapa aktivitas di dunia maya sudah saya lakukan bersama rekan-rekan Komunitas Blogger Indramayu dengan mengadakan berbagai lomba menulis di blog. Dari mulai lomba menulis tentang Indramayu hingga kontes SEO untuk meningkatkan pariwisata Indramayu sudah kami lakukan. 

Kontes SEO Indramayu Kota Wisata (Gambar dari BloggerMangga.com)

Tetapi namanya manusia selalu saja belum puas dengan yang telah diraihnya. Ada hal yang membuat saya merasakan ada sesuatu hal yang masih mengganjal, yakni keinginan untuk membantu UKM (Usaha Kecil dan Menengah) agar produk dan jasanya lebih dikenal dan lebih berkembang lagi sehingga kehidupan mereka lebih sejahtera. 

Di Indramayu ada ribuan pengusaha kecil dan menengah yang menjalankan usahanya masing-masing. Dari yang bergerak dibidang makanan seperti pengrajin kerupuk udang, emping tike, keripik ikan, dodol mangga, abon bonggol pisang dan lain sebagainya. Selain itu ada juga pengrajin batik, pengrajin kaos khas Indramayu, pengrajin topeng, dan pengrajin lainnnya.

Abon Bonggol Pisang (Gambar dari BloggerMangga.com)

Tapi sayang hanya sebagian kecil saja UKM di Indramayu yang sudah memanfaatkan internet untuk keberlangsungan usahanya. Sisanya mereka masih menggunakan cara tradisional dengan menjual produk dan usahanya secara langsung dari pasar ke pasar. 

Padahal kalau saja produk mereka kita kumpulkan menjadi satu dalam satu wadah misalnya koperasi atau institusi tertentu yang menampung semua hasil dari UKM di Indramayu kemudian dibuatkan sistem misalnya membuat toko online yang dikelola secara profesional bukan tidak mungkin hasil kerajinan atau usaha dari para UKM akan lebih dikenal dan lebih berkembang lagi. Prospek pembelinya pun tidak hanya dari Indramayu tetapi dari daerah lain di Indonesia atau bahkan dari luar negeri.
Batik Paoman (Gambar dari BloggerMangga.com)

Sebelumnya para pelaku usaha atau UKM harus diberikan pelatihan terlebih dahulu seperti dalam hal pembuatan kemasan produk, cara menangani pemesanan secara online, pengepakan hingga pengiriman barang agar konsumen merasa puas. Dengan cara ini diharapkan para UKM akan semangat dalam menjalankan usaha atau bisnisnya. 

Untuk bisa melakukan transaksi secara online tentu para UKM harus dibekali dengan peralatan yang dapat membantu usahanya seperti gadget atau komputer yang memadai. Sehingga aktivitasnya tidak akan terganggu karena kesulitan dalam mengakses informasi secara online. Agar tidak ada lagi masalah yang menghambat seperti mendesain kemasan untuk produk atau usahanya, terlambat dalam menangani pesanan, pengepakan dan pengiriman karena terlambat membuka email, pesanan secara online atau yang lainnya. 

Salah satu perangkat yang dapat mendukung bisnis dan UKM adalah ASUS ET2040 dengan prosesor Intel Celeron. Perangkat ini memiliki berbagai kelebihan yang dapat menunjang usaha atau bisnis para UKM (Usaha Kecil dan Menengah). 
Layar ASUS ET2040 (Gambar dari ASUS.com)

Pertama layarnya. ASUS ET2040 mempunyai kekuatan komputasinya yang dapat menunjang bisnis tradisional dengan teknologi terkini karena layarnya sudah mendukung layar sentuh 10 jari. Perangkat All-in-One ini memiliki layar berukuran 19,5 inci HD LED display resolusi 1366x768 piksel, sehingga terlihat lebih jelas terutama untuk mereka yang memiliki kemampuan baca yang terbatas atau bagi mereka yang memerlukan gambar yang lebih detil untuk melihat secara jelas produk yang akan dipasarkan terlihat oleh konsumen. 
Konektivitas ASUS ET2040 (Gambar ASUS.com)

Kedua Konektivitasnya. Perangkat All-in-One ini mempunyai koneksi port serial (COM) untuk berbagai keperluan yang terdiri dari 3 USB 3.0, 3 port USB 2.0 dan HDMI-Output. Selain itu perangkat ini dilengkapi pula dengan modul NFC dan pembaca Smart Card untuk mendukung aplikasi bisnis Anda. 

Kokoh saat berdiri dengan kemiringan yang bisa diatur (Gambar ASUS.com)

Ketiga bentuknya ramping dan kompak. ASUS ET2040 dengan prosesor Intel Celeron memiliki bodi yang ramping dan kompak, menjadikan produk ini sempurna untuk bisnis yang memiliki keterbatasan ruang area kerja. Perangkat ini memiliki ketipisan hanya 14mm pada bagian tertipis. Perangkat ini bisa berdiri dengan kokoh menggunakan logam yang dapat diatur kemiringannya, serta bisa dilipat saat akan dibawa pergi. 
Selain untuk bekerja perangkat ini bisa berfungsi untuk hiburan (Gambar ASUS.com)

Keempat memiliki fungsi hiburan. Kelebihan lainnya Anda bisa mengendalikan pemutar multimedia atau browsing internet hingga jarak lima meter dari komputer Anda. ASUS All-in-One PC ET2040 membuat semuanya jadi mungkin dengan software pengenal gerakan tangan yang canggih yang menggunakan kamera built-in yang akurat untuk menginterpretasikan gerakan. Memutar lagu atau video, menyesuaikan pengaturan player, atau tampilannya dan memutar foto bisa dilakukan dari jarak jauh, tanpa pernah menyentuh layar, keyboard atau mouse. 

Kelima memiliki daya cadangan. Ketika sedang asik-asiknya bekerja atau melakukan aktivitas dengan perangkat ini tiba-tiba listriknya pada atau karena tersenggol binatang peliharaan atau anak-anak. Jangan khawatir karena perangkat ini dilengkapi dengan daya cadangan hingga satu jam secara otomatis. Sehingga Anda bisa menyimpan data Anda atau membuka file yang lainnya. 
Aplikasi Pra-Instal di ASUS ET2040 (Gambar dari ASUS.com) 

Keenam dilengkap aplikasi menarik pra-instal. ASUS ET2040 All-in-One PC dengan prosesor Intel Celeron ini dilengkapi dengan berbagai aplikasi menarik untuk mendukung pekerjaan dan hiburan. Seperti PhotoDirector yang dapat digunakan untuk mengelola foto, penyesuaian dan mengedit foto Anda. Selain itu dilengkapi pula dengan aplikasi PowerDirector untuk menghasilkan video berkualitas untuk promosi usaha Anda di dunia maya seperti Facebook dan Youtube, dan masih banyak lagi lainnya. 

Ketujuh harga terjangkau. Harga ASUS ET2040 All-in-One PC dibanderol tidak lebih dari 5 juta sehingga terjangkau oleh UKM. Dengan berbagai fitur yang disematkan pada perangkat tersebut maka tidak heran jika perangkat ini layak jadi pendamping para UKM dalam menjalankan bisnisnya dengan berjualan secara online dan memasarkannya melalui media sosial atau internet.  

Mudah-mudahan harapan untuk mensejahterakan para UKM di Indramayu melalui cara mengonlinekan seluruh UKM di Indramayu dapat terwujud.

4 komentar for Mengonlinekan UKM di Indramayu :

  1. Balasan
    1. masih cita-cita mas belum terwujud harus berkolaborasi dengan banyak UKM di Indramayu yang tersebar di berbagai pelosok desa dan kota

      Hapus
  2. Mantap nih, kuliner Go Online #blogkuliner salam @bloggerkuliner

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam