ads

Inilah Cara Menghemat Baterai Smartphone Selama Mudik

Kamis, 30 Juni 2016
Baterai smartphone cepat habis

Saat ini sebagian masyarakat Indonesia berduyun-duyun pulang ke kampung halamannya atau lebih dikenal dengan istilah mudik. Banyak pemudik yang memanfaatkan smartphone untuk berbagai keperluan seperti menelepon, berkirim pesan bahkan hingga mengecek info arus lalu lintas melalui smartphone. 

Dan smartphone akan bisa bertahan jika baterainya masih bagus. Tanpa baterai yang bagus dan bisa bertahan lama, ponsel pintar Anda tidak akan ada gunanya untuk mendukung aktivitas baik secara online maupun offline termasuk pada saat mudik. 

Kehabisan baterai pada saat ada momen-momen penting sangatlah menyebalkan, termasuk kegiatan berjejaring sosial terhenti, tidak bisa berfoto selfie, bahkan tak bisa mengecek rute perjalanan selama mudik. Agar bisa tetap online dan tidak khawatir kehabisan baterai, berikut ini cara menghemat baterai smartphone selama mudik : 
  1. Jangan Menggunakan Auto Brightness (Pencahayaan Otomatis). Layar smartphone merupakan salah satu faktor yang membuat baterai cepat boros. Untuk menghemat baterai, sebaiknya jangan gunakan auto brightness. Tampilan layar yang diatur dengan pengaturan auto brightness biasanya lebih terang dibandingkan dengan kebutuhan penggunanya. Smartphone Anda akan lebih hemat baterai jika pengaturan brightness atau tingkat kecerahan dilakukan secara manual.
  2. Mengatur Screen Timeout Lebih Singkat. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai adalah dengan mengatur screen timeout (batas waktu aktif layar) menjadi lebih singkat. Contohnya jika sebelumnya layar smartphone Android Anda akan nonaktif setelah 1 menit, sebaiknya diubah menjadi 30 detik. Caranya, masuk ke menu 'Setting' kemudian pilih 'Display' dan kemudian pilih 'Screen timeout' dan pilih ke waktu yang lebih singkat, misalnya 30 atau 15 detik.
  3. Matikan Notifikasi Getar dan Aplikasi. Penggunaan fitur getar pada smartphone juga dianggap sebagai salah satu hal yang membuat baterai cepat habis. Maka sebaiknya menggunakan langkah penghematan yakni dengan cara matikan getar untuk panggilan masuk. Selain itu pengiriman notifikasi aplikasi juga membuat baterai cepat habis. Atur aplikasi tersebut supaya tidak mengirimi notifikasi. Cara ini bisa membantu menghemat baterai smartphone android karena bisa mengurangi aktivitas sinkronisasi di latar belakang sistem. 
  4. Tutup atau Uninstall Aplikasi yang Jarang Dipakai. Banyak aplikasi yang jarang dipakai, misalnya aplikasi cuaca atau widget cuaca. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi cuaca ini, kamu bisa mengakses melalui Google Now. 
  5. Matikan akses WiFi dan Bluetooth. Seringkali kita lupa mematikan fitur WiFi dan Bluetooth saat sudah tidak digunakan lagi. Kedua perangkat tersebut juga dapat membuat baterai smartphone lebih cepat habis. 
  6. Matikan Fitur Smart. Menonaktifkan fitur smart yang ada pada smartphone Anda akan membantu menghemat masa pemakaian baterai. Misalnya, fitur smart seperti air gesture dan smart scrolling yang muncul di smartphone terbaru. 
  7. Jangan Hapus Recent Apps. Jika recent apps dihapus maka baterai smartphone malah akan bekerja lebih keras. Hal ini dikarenakan sistem akan membuka aplikasi dari awal dan membutuhkan banyak tenaga dari pada mengakses memori yang sudah tersimpan. Meski berjalan di background masih akan menyerap baterai, tetapi tidak akan menghabiskan baterai sebesar saat pengguna menutup dan membuka sebuah aplikasi secara berulang-ulang. 
  8. Batasi Penggunaan Data. Membatasi pemakaian data akan menghemat konsumsi baterai ponsel. Pembatasan pemakaian data di latar belakang sistem akan melarang aplikasi menggunakan koneksi internet secara otomatis. Cara membatasi pemakaian data secara otomatis dengan cara membuka panel yang berisi tabel konsumsi data di perangkat Android. Dari situ Anda akan bisa melihat aplikasi yang banyak mengkonsumsi data.
  9. Menggunakan Baterai Original. Jika ingin smartphone kamu hemat baterai, maka salah satu aturan utamanya adalah menggunakan baterai original bawaan smartphone Anda. Oleh karena itu sebaiknya cari smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar. 
  10. Gunakan Akses 4G Saat Penting. Saat ini akses layanan 4G sudah digelar dan beberapa smartphone sudah mendukung layanan tersebut. Agar baterai tetap hemat gunakan saat dibutuhkan saja layanan 4G-nya. 
  11. Minimalisir Bermain Game dan Mendengarkan Musik. Bermain game dan mendengarkan musik memang mengasyikan dan mungkin dapat mengusir kejenuhan Anda pada saat terjebak dalam kemacetan. Namun, pada saat mudik, kegunaan smartphone yang paling utama tentunya adalah untuk komunikasi dengan kerabat atau keluarga di kampung halaman. Maka, sebaiknya menahan diri untuk tidak mengakses hiburan yang bisa mempercepat daya baterai habis seperti game atau aplikasi tertentu di smartphone. Untuk mendengarkan musik saat jenuh melanda, Anda bisa membawa perangkat pemutar musik sendiri seperti iPod, atau MP3 player. 
  12. Matikan GPS saat tidak dibutuhkan. Saat Anda mudik memang membutuhkan GPS tetapi gunakan saat dibutuhkan karena penggunaan GPS akan menyedot baterai smartphone dengan cepat. 
Itulah cara paling mudah untuk menghemat baterai, selamat mencoba dan bijaklah dalam menggunakan smartphone. Dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Poskan Komentar test