Jul 2, 2016

Blackberry Messenger (BBM) Dibeli Emtek Perusahaan Media Asal Indonesia

Blackberry Messenger (BBM) Dibeli Emtek Perusahaan Media Asal Indonesia

Aplikasi BBM (BlackBerry Messenger)

Beberapa tahun yang lalu smartphone BlackBerry masih begitu diminati dan menjadi handset paling populer di dunia. Smartphone BlackBerry tersebut banyak diburu karena memiliki aplikasi populer yakni BlackBerry Messenger atau BBM. 


Semenjak aplikasi BBM sudah bisa didownload di perangkat berbasis iOS dan Android, pesona smartphone BlackBerry semakin meredup. Ditambah lagi persaingan aplikasi perpesanan sejenis BBM semakin marak dan semakin kreatif dengan menyematkan berbagai fitur menarik seperti bisa melakukan video call, berkirim musik dan lain sebagainya. 


Namun demikian aplikasi Blackberry Messenger masih menjadi aplikasi populer di Indonesia dengan menempati peringkat pertama dengan proporsi 19%. Dan kabar yang mengejutkan itu datang saat platform chatting tersebut dibeli oleh sebuah perusahaan Indonesia yakni PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). 

Emtek sendiri merupakan perusahan raksasa media asal Indonesia yang saat ini telah mendapatkan hak lisensi merek, IP dan teknologi pada aplikasi Blackberry Messenger yang banyak dikenal sebagai BBM. Nilai kesepakatan yang dicapai 207.5 juta dolar Amerika Serikat selama enam tahun. 

Emtek sendiri saat ini memiliki tiga stasiun TV yakni Indosiar, SCTV dan O Channel. Dengan membeli aplikasi messaging berumur 11 tahun tersebut, dan aplikasi ini terbilang masih banyak disukai di Indonesia dengan pangsa pasar terbesar secara keseluruhan. 

Hingga kini, pengguna BBM secara global mencapai 200 juta dan 60 juta penggunanya berasal dari Indonesia. Efek dari kesepakatan ini secara langsung akan memberikan akses bagi pengguna BBM ke konten Emtek baik itu dalam membangun ekosistem yang menggabungkan pesan, media sosial, konten, hiburan serta e-commerce. Saat ini E-commerce menjadi salah satu sektor bisnis yang berkembang cukup pesat di Indonesia dan umumnya di Asia Tenggara. 

Dalam siaran persnya BlackBerry enyebutkan bahwa Emtek sebagai perusahaan media dan konten terkemuka Indonesia, adalah rekan bisnis yang ideal dalam upaya pengembangan inovasi dan kemampuan aplikasi BBM. 

Bermitra dengan Emtek menurut BlackBerry, memungkinkan pertumbuhan sektor konsumen dan korporat BBM. Seiring dengan pengembangan Emtek atas platform konsumen, BlackBerry akan meneruskan pertumbuhan platform korporat dengan BBM Protected, layanan pesan antar platform yang paling aman di dunia. Langkah ini juga merupakan salah satu strategi BlackBerry dalam meningkatkan pendapatan dan menaikkan marjin laba. 

Latar belakang yang kuat dalam industri hiburan, konten dan teknologi menjadikan Grup Emtek sebagai rekanan bisnis yang sempurna untuk memaksimalkan potensi aplikasi layanan pesan BBM, sekaligus juga memenuhi tujuan keuangan dan operasional kami, demikian menurut John Chen, Executive Chairman dan CEO BlackBerry. 

Sementara itu menurut CEO Emtek, Alvin Sariaatmadja, kerjasama dengan BlackBerry akan memungkinkan para pengguna BBM, khususnya di Indonesia mengakses konten eksklusif berupa hiburan, teknologi dan produk dan layanan digital Emtek yang banyak dicari. Kami melihat peluang besar mengembangkan bisnis konsumen BBM secara global. 

Kami juga semangat untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk lebih memajukan BBM." Seperti diketahui, BlackBerry didirikan pada tahun 1984 dan berdomisili di Waterloo, Ontario. BlackBerry memiliki kantor-kantor yang beroperasi di berbagai negara di Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, Asia Pasifik dan Amerika Latin. Saham Blackberry terdaftar dengan simbol ticker "BB" di Bursa Efek Toronto dan "BBRY" di NASDAQ. 

Saat ini banyak pengguna yang merasa kesal dan terganggu dengan aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) sekarang karena banyak iklannya berbeda dengan kompetitornya. Tapi ini merupakan langkah strategis perusahaan untuk mendapatkan pundi-pundi uang. 

Blackberry Messenger (BBM) Dibeli Emtek Perusahaan Media Asal Indonesia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon