ads

Cara Daftar Quipper School Untuk Guru

Kamis, 28 Juli 2016
Quipper School

Saat ini belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi bisa dilakukan dimana saja kapan saja dengan menggunakan e-learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Semakin mudahnya dan murahnya akses internet membuat guru dan siswa bisa dapat dengan mudah mencari materi apa saja yang diinginkan termasuk dengan menggunakan aplikasi yang bisa digunakan smartphone, tablet, komputer atau laptop.

Salah satu aplikasi pendidikan berbasis e-learning yang menarik untuk dipelajari adalah Quipper School. Quipper School adalah sebuah platform online gratis untuk guru dan siswa. Quipper School terdiri dari dua bagian LINK untuk guru, dan LEARN untuk siswa.

Quipper School Link adalah tempat dimana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa. Berikut ini hal-hal menarik yang dapat dilakukan guru saat menggunakan Quipper School Link : 

  1. Mengirim tugas dan ujian. Guru bisa memanfaatkan ribuan materi dan soal yang sesuai dengan kurikulum, untuk dijadikan tugas bagi seluruh siswa Anda di kelas atau beberapa grup siswa.
  2. Membuat konten edukasi. Jika ada yang kurang atau hilang, guru dapat mengubah konten yang sudah tersedia atau membuat materi dan soal baru dari awal.
  3. Melihat dan mengunduh analisa. Perkembangan siswa tersambung secara langsung antara LEARN dan LINK, sehingga guru dapat mengakses pusat informasi mengenai tingkat pengerjaan, pencapaian, kekuatan dan kelemahan siswa.
  4. Bekerja sendiri atau bersama-sama. LINK didesain sehingga memudahkan guru untuk mengelola kelasnya sendiri, atau berkolaborasi dengan dua guru atau lebih, pada kelas atau sekolah yang sama.
Berikut ini cara melakukan pendaftaran Quipper School Untuk Guru :
  1. Bapak dan Ibu Guru dapat mendaftar melalui link berikut: https://school.quipper.com/id/index.html Maka akan muncul tampilan ini:
  2. Bagi para Guru dan pendidik, dapat memilih “Portal Guru” dan diarahkan menuju halaman pendaftaran: https://school.quipper.com/id/signup.html. Tampilannya seperti ini:
  3. Di halaman ini Anda dapat membaca kelebihan-kelebihan dari fitur yang ditawarkan Quipper School untuk Guru dan Pendidik. Tersedia video youtube yang dapat diputar mengenai Quipper School. Silahkan klik “Daftar Sekarang” maka Anda akan diarahkan kembali ke halaman Quipper “BUAT AKUN GRATIS ANDA” dengan tautan: https://link.quipper.com/id/subscribe/indonesia2014 dengan tampilan seperti ini:
  4. Silahkan pilih “Mulai” untuk melanjutkan
  5. Jika Anda mempunyai akun Facebook, Proses Pendaftaran akan lebih cepat dengan tampilan seperti ini :
  6. Hubungkan ke Facebook jika Anda ingin mendaftar dengan menggunakan Facebook pribadi anda. Akan muncul satu layar baru untuk Anda dimana Anda dapat masuk (Log in) dengan akun facebook Anda. Harap di ingat: Quipper School tidak pernah menyimpan informasi pribadi apapun dari facebook Anda. Pilih “Okay” untuk melanjutkan. Anda akan diminta masuk ke facebook di tampilan ini terlebih dahulu.
  7. Lewati Langkah Ini jika Anda tidak mau menggunakan facebook untuk mengakses Quipper School. Anda akan diarahkan kehalaman ini:  
  8. Silahkan di isi formulir diatas, lengkapi dengan benar agar kami mudah menghubungi Anda jika Anda butuh bantuan. Isi Nama, email aktif, konfirmasi email, isi kata sandi, nomor telepon (handphone atau telepon rumah) dan kode undangan XN69BKT. Pilih “Lanjut”.
  9. Bagi Bapak dan Ibu guru yang belum mendaftarkan sekolahnya maka bisa mendaftar dan mengisi Informasi Sekolah. Sertakan informasi mengenai sekolah tempat Anda mengajar saat ini. Untuk Guru-guru SMP Negeri 1 Gabuswetan Indramayu sudah saya daftarkan dengan Kode Sekolah XR7FPE6
  10. Nah Bagi Anda yang belum daftar sekolahnya silahkan ikuti langkah ini dengan seksama dan tidak perlu terburu buru. Contoh: Saya mengajar di SMA Nusa Bangsa, yang bertempat di Kab Bogor, Provinsi Jawa Barat. Bagaimana cara saya mencari sekolah saya? Ikuti langkah ini : Pilih Provinsi. Saya memilih “Jawa Barat”. Pilih Kota atau Kabupaten. Saya memilih “Kab. Bogor”. Ketikkan nama sekolah saya dengan menggunakan kata kunci “Nusa Bangsa”. Harap perhatikan!. Ketikkan nama sekolah saja (contoh: Nusa Bangsa), agar nanti muncul daftar nama sekolah dengan nama yang sama. Jika muncul nama yang mirip, perhatikan ALAMAT sekolah tersebut. JANGAN sampai salah memilih sekolah. Jika sudah yakin benar nama sekolah dan alamatnya, silahkan klik sekolah Anda, lalu pilih Lanjut.
  11. Nah bagi sekolah Anda belum terdaftar? Silahkan pilih “Masukkan “…” sebagai sekolah baru.”
  12. Masukkan data baru. Isi alamat sekolah Anda dengan benar lalu pilih “Lanjut”.
  13. Review Akun Anda. Silahkan lihat kembali data yang anda masukkan, jika sudah benar semua. Silahkan “Daftarkan saya”. Atau pilih tanda panah kecil sebelah kiri untuk kembali menyunting data yang Anda berikan.
  14. Verifikasi Akun. Quipper School menerapkan system verifikasi akun bagi seluruh akun guru yang mendaftar di Quipper School. Verifikasi ini bertujuan agar siswa tidak menyalahgunakan fitur yang dibuat khusus untuk guru dan pendidik. Apa yang terjadi bila akun anda tidak di verifikasi? Anda tetap dapat masuk dan memberikan tugas kepada siswa, namun Anda tidak dapat mengakses fitur Q-Create (membuat konten sendiri) dan melihat jawaban dari soal pilihan ganda. Berikut Alur verifikasi akun Quipper School. Silahkan masuk ke Quipper School seperti biasa. Pada saat Anda mengakses akun Anda akan muncul tampilan berikut, Pilih “Cari sekolah Anda”
  15. Muncul menu ‘Satukan dengan sekolah resmi”
  16. Silahkan pilih sekolah Anda. Lihat contoh dibawah ini, Data Sekolah : SMA NEGERI 3 SLAWI Alamat Sekolah : Jl. Prof Moh Yamin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Bagaimana cara mencarinya? - Silahkan masukkan provinsi sekolah (Jawa Tengah). - Kota/Kab sekolah (Kab. Tegal), - Ketikkan nama sekolah (“3 Slawi”). Usahakan tidak menulis “SMA” atau “SMA Negeri” pada kolom pencarian, harap tulis nama unik sekolahnya saja. Jika ditemukan, perhatikan alamat sekolahnya. Apakah sudah benar? Jika sudah, pilih Gabung.
  17. Bagaimana jika sekolah Anda tidak ditemukan? Perhatikan contoh yang lain dibawah. Data Sekolah: SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.
  18. Anda dapat menuliskan nama sekolahnya, “Muhammadiyah 2 Sidoarjo”. Kalau tidak muncul daftar sekolah di bawahnya yang dapat dipilih. Anda dapat memilih “Sekolah tidak ditemukan? Klik disini untuk melalukan verifikasi”. Lihat gambar
  19. Anda akan diarahkan untuk mengisi data diri Anda dan sekolah. Lengkapi semuanya sejelas jelasnya agar kami mudah memverifikasi akun Anda. Lihat gambar dibawah ini
  20. Pilih Lanjut jika sudah selesai. Pastikan kembali, data yang anda masukkan sudah benar sebelum memilih menu Lanjut. Salah memasukkan data bisa berakibat sekolah anda tidak di verifikasi oleh tim CS Quipper School. Data permintaan untuk verifikasi sekolah Anda akan diterima oleh sistem Quipper School. Harap menunggu proses verifikasi berlangsung dan Quipper School.akan mengabari Anda jika sekolah sudah diverifikasi.
  21. Bagaimana jika muncul permintaan Kode Sekolah?
  22. Jika ketika Anda masuk dan muncul halaman berikut, maka Anda dapat menghubungi Tim CS Quipper untuk meminta kode sekolah. Maka tim kami akan memverifikasi akun Anda dan sekolah Anda dan memberikan kode sekolah. Apa fitur yang Anda dapatkan setelah terverifikasi? 1. Fitur Q Create (Membuat konten), 2. FItur melihat jawaban pada soal pilihan ganda, 3. Fitur notifikasi persetujuan guru. Jika Anda sudah menjadi guru yang terverifikasi, maka Anda dapat mempunyai wewenang untuk menerima dan menolak guru yang bergabung di dalam sekolah Anda. Notifikasi tersebut akan muncul seperti dibawah ini bila ada guru yang memilih sekolah Anda:
  23. Pilih “Klik disini untuk menyetujui atau menolak guru tersebut” dan akan muncul tampilan berikut:  Jika Anda melihat guru tersebut benar guru di dalam sekolah Anda, silahkan pilih “Setuju” atau pilih “Tolak” jika Anda merasa guru tersebut bukan guru didalam sekolah atau nama tersebut adalah seorang siswa.
  24. Membuat Kelas Baru. Setelah Anda masuk dan berada di “Beranda”. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, silahkan pilih “Buat kelas baru”.
  25. Ikuti langkah selanjutnya, pengisian nama kelas. Pilih “Mulai” jika sudah mengisi nama kelas.
  26. Kemudian Pilih Mata Pelajaran
  27. Anda dapat memilih mata pelajaran untuk kelas yang Anda buat dengan cara memilih mata pelajaran yang tersedia didalam Quipper School. Materi yang tersedia di Quipper adalah materi materi yang di ujikan di Ujian Nasional dan kami menyediakan KTSP dan Kurikulum 2013. Anda dapat memilih lebih dari satu bidang studi. Pilih Lanjut untuk meneruskan.
  28. Lalu Tinjaui kelas Anda
  29. Lihat Nama Kelas, Bidang Studi. Apakah sudah benar semua, jika sudah. Silahkan pilih “Lanjut” untuk mendapatkan “Kode Kelas”.
  30. Apa itu Kode Kelas? Kode Kelas adalah 7-digit unik kombinasi angka dan huruf dimana siswa dapat bergabung kedalam kelas tertentu yang sudah dibuat oleh guru mereka. Kode Kelas akan otomatis muncul pada saat guru membuat kelas (seperti langkah diatas) dan kode tersebut dapat di akses kapan saja pada menu “Kelola” didalam kelas dan petunjuk penggunaan kode kelas pun tercantum di menu ini. Perhatikan gambar berikut:
  31. Cara mengirimkan TUGAS. Kelas baru telah dibuat, siswapun sudah diberikan kode kelas. mari kirimkan tugas kepada siswa! Ikuti langkah langkah berikut : Pilih kelas yang akan dikirimi Tugas. Masuk ke Beranda lalu pilih kelas yang akan dikirim tugas. Misal saya pilih kelas X IPA untuk saya kirimi tugas. Lihat gambar dibawah:
  32. Lalu muncul:
  33. Pilih topik yang akan ditugaskan. 
  34. Keterangan tanda panah: 1. Pilih topik topik yang dikirimkan, 2. Klik dan tarik kedalam kotak yang ada di tanda panah nomer 2, 3. Centang tanda ini jika Anda memperbolehkan siswa melihat topik yang Anda pilih atau hilangkan tanda centang jika siswa tidak diperkenankan melihat topik yang Anda pilih, 4. Jika sudah selesai menyusun topik, pilih “Kirim tugas dengan (jumlah yg dikirimkan) topik” untuk mengirimkan tugas ke siswa. Akan muncul tampilan berikut:
  35. Keterangan gambar: - Nama Tugas adalah nama untuk tugas agar mudah dikenali siswa didalam kelas. - Rentang Waktu adalah periode pelaksanaan pengerjaan tugas yang diberikan kepada siswa. Lama atau tidaknya waktu pengerjaan dapat diatur disini. Lihat gambar dibawah :  Pilihan waktu: 7 hari terakhir, 14 hari terakhir, 1 bulan dan Lainnya.
  36. Dikirim kepada adalah isian untuk siswa mana saja yang diberikan tugas. - Tugas / Ujian adalah pilihan untuk guru mengirimkan tugas nya berupa tugas biasa atau dalam bentuk ujian. Siswa tidak dapat melihat materi, petunjuk dan penjelasan dan tidak bisa mengulang soal jika pilihan Ujian yang dipilih. - Kirim tugas ini pilihan ini dapat dipilih setelah Anda melengkapi semuanya.
  37. Lihat hasil analisis pekerjaan siswa. Untuk dapat melihat hasil pekerjaan siswa secara analitik, Anda dapat mengikuti langkah langkah berikut. Perhatikan gambar dan keterangan tanda panah:  Keterangan tanda panah: 1. Pilih menu Ikhtisar, 2. Pilih menu Performa, 3. Pilih masing masing siswa untuk melihat performa individual siswa,  4. Pilih menu Unduh dalam bentuk Excel untuk mengunduh hasil performa siswa secara keseluruhan dalam bentuk Microsoft Office Excel.
  38. Performa Individu. Bagian ini masih berada di dalam menu Performa dimana Anda dapat melihat hasil pengerjaan siswa secara individu, lihat gambar dan keterangan tanda panah: Keterangan tanda panah: 1. Pilih salah satu nama siswa, 2. Lihat hasil pengerjaan siswa pada topik topik yang dikirim oleh Anda. Hasil jawaban siswa bisa dilihat pada kotak yang dihitamkan. Catatan: Jika siswa mengerjakan topik sebagai bagian dari latihan mandiri mereka (bukan ditugaskan guru), maka akan terdapat keterangan ‘self study’ pada halaman performa. 3. Unduh dalam bentuk Excel jika Anda ingin mengunduh performa individual siswa.
Selamat mencoba semoga berhasil 

0 komentar:

Poskan Komentar test