ads

5 Tips Mengurangi Depresi di Jakarta

Selasa, 23 Agustus 2016
Depresi via udaypai.in

Depresi hadir karena kesedihan yang mendalam dan berlarut-larut. Banyak hal yang membuat manusia mengalami depresi, mulai dari faktor biologis, psikologis, dan sosial. Beberapa contoh diantaranya karena bertengkar dengan rekan kerja, terlilit hutang yang berkepanjangan, konflik dalam keluarga, atau masalah hubungan dalam percintaan. Terlebih jika Anda hidup di Jakarta. Bisa jadi depresi Anda diakibatkan karena hidup sendiri, macet yang tak berkesudahan, beban kerja, dan kurang beristirahat. 

Setiap orang tentu tidak ingin berlarut-larut dalam kesedihan. Dikhawatirkan, hal itu akan menjadi depresi yang berkepanjangan. Akibatnya, keadaan emosi menjadi tidak stabil, apatis terhadap sesama, turunnya berat badan, kegelisahan yang berlebih, kelelahan hebat, insomnia, merasa tidak dibutuhkan, dan gangguan kejiwaan, dan yang paling buruk adalah perasaan benci terhadap kehidupan ini. 

Sebenarnya, ada berbagai cara untuk mengatasi depresi. Salah satunya yang dapat menanggulangi adalah kegiatan yang positif dan menyenangkan. Tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Karena bisa jadi itu hanya akan membuat masalah baru. Jika mengalami gejala-gejala depresi, Anda perlu melakukan hal-hal yang sederhana, namun dapat berdampak baik bagi pikiran dan jiwa Anda. Berikut tips mengurangi depresi : 

    Bernyanyi di kamar via abcnewspaper.com
  1. Bernyanyi. Bernyanyi dapat membuat otak Anda menjadi tenang sehingga membuat suasana hati menjadi jauh lebih baik. Seseorang yang menyertakan musik dalam kesehariannya dan bernyanyi selama 10-15 menit per hari, dapat pulih dari depresi hingga 55%. Tak perlu menunggu momen khusus untuk bernyanyi. Anda bisa bersenandung kapan pun Anda mau, baik sendiri di kamar, saat sedang jalan-jalan di taman, atau bersama teman-teman di tempat karaoke. Hanya saja Anda perlu tahu situasi dan kondisi di sekitarmu agar tidak mengganggu kebebasan orang lain juga.
  2. Berlibur via comfystay.com
  3. Berlibur Mencari suasana baru adalah hal yang tepat ketika Anda sedang penat. Banyaknya masalah yang dihadapi menuntutmu untuk mencari jalan keluarnya. Dengan berlibur, hati Anda akan menjadi tenang dan senang. Hal tersebut bisa menekan tingkat depresi yang sedang Anda alami saat ini. Anda bisa pergi ke mana pun Anda mau. Pilihlah liburan di tempat baru untuk mengganti suasana. Carilah suasana yang menenangkan hati, misalkan gunung, pantai, atau pedesaan. Namun jika Anda terbatas di dana dan waktu, cari saja tempat berlibur yang dekat denganmu. Terlebih jika Anda tinggal di Jakarta dengan gaji yang pas-pasan. Setidaknya Anda bisa menginap di hotel dan menikmati fasilitas yang ada di dalamnya. Jika Anda berada di tengah Jakarta, Anda bisa menginap di Pop! Hotel Kemang. Pop! Hotel Kemang berada di kawasan perkotaan dan dekat wisata kota, belanja, dan kuliner. Anda bisa berkeliling kota kapan pun Anda mau dengan akses yang mudah. Untuk memudahkan, Anda bisa mengecek jadwal ketersediaan kamar di situs Traveloka. Di Traveloka, Anda juga bisa mengetahui destinasi wisata dan tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. 
  4. Binatang Peliharaan via ufl.edu
  5. Memiliki Binatang Peliharaan Bercengkerama dengan binatang peliharaan seperti kucing atau anjing akan menyenangkan hatimu. Dengan memeluknya serta membelainya akan memberikan perasaan nyaman. Dengan keberadaan mereka, Anda tidak akan merasa sendirian Apalagi jika Anda tinggal sendiri. Dengan adanya binatang peliharaan, Anda akan merasa dibutuhkan dan membutuhkan satu sama lain. Dengan begitu tingkat depresimu bisa berkurang. Namun, tentu Anda harus bijaksana dan bersabar jika ingin memelihara binatang. 
  6. Makan via lafitness.com
  7. Menerapkan Pola Hidup Sehat Anda perlu memiliki kegiatan-kegiatan positif untuk mengalihkan pikiran-pikiran negatifmu. Rutin berolahraga di pagi hari dapat menjadi hal positif yang menyenangkan. Banyak jenis olahraga yang dapat Anda coba, misalnya lari, berenang, bermain bola, bulu tangkis, dan lain-lain. Terakhir, cobalah untuk istirahat cukup di malam dan 15 menit pada siang hari. Konsumsilah buah serta sayuran yang kaya akan nutrisi dan mineral. Jika perlu, konsumsi suplemen vitamin D serta omega-3 yang baik untuk otak. Selain itu, konsumsilah coklat yang diteliti mengandung phenylethylamine dan zat antioksidan yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah sehingga membuat mood Anda lebih baik. Selain itu, perhatikan pola makan dan gizi yang masuk dalam tubuh. Anda bisa memakan makanan yang Anda sukai, seperti coklat, kue, donat, maupun kebab, namun juga perlu perhatikan kadar gizinya.
  8. Tertawa via cdnimg.in
  9. Tertawa Menontonlah acara komedi di televisi dan tertawalah dengan lepas. Tertawa memicu otak mengeluarkan hormon melatonin dan endorphin yang menjadikan perasaan menjadi tenang. Jika ingin lebih seru, ajak juga teman-temanmu untuk berbincang dan bercerita. Salah satunya dengan mengingat dan menertawakan kekonyolan masa sekolah misalnya. 
Hal itu tentu akan membuat Anda senang dan tertawa. Itulah tadi tips untuk mengurangi dan menanggulangi depresi yang melanda. Jika Anda merasa tidak mampu menghadapi depresi seorang diri, cobalah meminta tolong kepada kerabat atau keluarga dekat. Jika perlu, konsultasikanlah kepada ahlinya. Semua itu demi menolong Anda. Jadi, tidak perlu khawatir ya.

0 komentar:

Poskan Komentar test