ads

Hati-hati Smartphone Berprosesor Qualcomm Rentan Terinfeksi Quadrooter

Jumat, 12 Agustus 2016
Hati-hati Malware Quadrooter

Anda memiliki smartphone dengan prosesor Qualcomm?. Anda harus berhati-hati pasalnya salah satu perusahaan sekuritas ternama Check Point telah melaporkan bug atau celah keamanan terbaru di perangkat android yang menggunakan prosesor Qualcomm. 


Perusahaan keamanan Check Point mengungkapkan pernyataan yang mengejutkan bahwa diperkirkan sekitar 900 juta perangkat Android yang terinfeksi, dan prosesor Qualcomm adalah salah satu chipset yang paling dominan dalam perangkat Android tersebut. 


Namanya QuadRooter, malware yang dilaporkan menginfeksi perangkat Android dengan prosesor Qualcomm tersebut memungkinkan aplikasi jahat ini bisa mengakses root pada perangkat Android, dan bisa mengontrol perangkat tersebut. Setelah terinfeksi, penyerang dengan kemampuannya bisa melakukan pelacakan GPS, kunci-logging dan bahkan bisa merekam video, dan audio. 

Setelah Check Point mengungkapkan kerentanan tersebut, Google tentu akan memindai semua aplikasi Play Store untuk mencegah eksploitasi tersebut dan memastikan aplikasi di Play Store aman. Fitur Verifikasi Aplikasi seperti akan dirancang sebagai lapisan tambahan perlindungan, pemindaian aplikasi dari sumber pihak ketiga untuk menghindari malware sebelum instalasi. 

Beberapa perangkat Android ternama banyak yang menggunakan chipset Qualcomm dan kemungkinan rentan dengan Quadrooter seperti BlackBerry Priv, Google Nexus 5X, 6 dan 6P, HTC 10, LG G4, G5, G10 dan juga seri OnePlus. Seperti dikutip dari SiliconIndia.com (10/08/2016). 

0 komentar:

Poskan Komentar test