ads

Pengertian Internet

Senin, 15 Agustus 2016
Sedang menggunakan internet

Apa sih pengertian Internet itu? Tapi kalau mendengar kata internet mungkin sudah tidak asing lagi di zaman sekarang. Karena hampir setiap saat kita selalu menggunakan akses internet. Sehari saja tidak menggunakan internet dunia terasa hampa begitu kira-kira banyak orang yang menganalogikan tentang pentingnya internet. 


Internet adalah singkatan dari interconnection networking. Artinya seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. (Wikipedia). 


Internet banyak digunakan untuk berbagai kepentingan seperti untuk bekerja, bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau bahkan mencari uang. Internet banyak sekali kegunaannya dan bisa untuk apa saja, internet bisa membuat orang menjadi saudagar yang kaya dan terkenal tetapi internet juga bisa membuat orang jadi sesat bahkan hingga melarat. 

Pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai sekitar 88,1 Juta dari 200 jutaan penduduknya dan diperkirakan jumlah tersebut akan terus bertambah. Seiring dengan peningkatan pengguna internet berbanding terbalik dengan penonton televisi di Indonesia yang mengalami penurunan rata-rata waktu menontonnya. Hal ini juga tak lepas dari pengguna internet di Indonesia yang lebih sering mengakses internet daripada menonton televisi. 

Bagaimana tidak seru dan ketagihan dengan yang namanya internet. Karena internet itu ternyata multifungsi dari mulai dari browsing atau berselancar, streaming film, mendengerkan musik bahkan hingga belanja online pun dilakukan dengan menggunakan internet. Bahkan di Indonesia sedang booming dengan yang namanya ojek online, taksi online, deliveri online dan lain sebagainya secara online. 

Tapi sayangnya kecepatan internet di Indonesia belum merata. Di kota-kota besar kecepatannya sudah sangat cepat, tetapi di daerah pedesaaan masih relatif lambat. Kecepatan internet itu berbeda-beda mulai dari yang paling pelan 2G lalu berkembang menjadi 3G dan sekarang udah zamannya pake 4G. Beberapa waktu ke depan sudah menanti layanan 5G, 6G dan seterusnya. 

Selain itu Anda juga akan tahu kalau pemakaian internet itu diukur dengan volume pemakaiannya mulai dari yang paling kecil sampai yang terbesar. Berikut ini satuan volume dari yang terkecil sampai satuan volume yang terbesarnya : 

Bytes (B) => KiloBytes (KB) => MegaBytes (MB) => GigaBytes (GB) 

Nah sekarng Anda sudah mengetahui apa itu internet. Mudah-mudahan Anda bisa memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif.

0 komentar:

Poskan Komentar test