ads

Tips Menghemat Penggunaan Kuota Mobile Data

Kamis, 22 September 2016
Tips menghemat penggunaan kuota

Di zaman yang serba modern dan selalu terhubung ini, rasanya sulit untuk tidak menggunakan akses internet. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak pula aplikasi yang mempermudah pengguna smartphone dalam melakukan berbagai aktivitas. 


Namun, semakin banyak aktivitas maka semakin sulit pula menemukan aplikasi yang tidak membutuhkan koneksi internet. Aplikasi-aplikasi tersebut lebih banyak menghabiskan paket data yang Anda gunakan sehingga pengeluaran pun akan semakin tinggi. 


Oleh sebab itu sebagai pengguna smartphone atau perangkat lain yang selalu terhubung dengan internet, ada baiknya kita mengetahui tips untuk menghemat penggunaan kuota mobile data. Berikut cara menghemat kuota mobile data : 

Pertama Anda bisa membatasi penggunaannya dan mengaktifkan peringatan bahwa penggunaan internet Anda segera melampaui batas. Dalam sistem operasi Android Anda bisa mengaktifkan melalui cara Setelan > Penggunaan Data > Setel Batas Data Seluler kemudian Aktifkan. 


Kedua kebanyakan aplikasi akan melakukan auto sinkronisasi, dan dengan demikian smartphone tersebut akan selalu otomatis tersambung ke internet dan membutuhkan kuota. Oleh karena itu penggunaan Auto sync masing-masing aplikasi harus dinonaktifkan melalui Setelan > Sinkronisasi. Lalu pilih aplikasi yang tidak ingin disinkronisasikan. 

Ketiga Penggunaan browser yang hemat kuota. Salah satu browser yang bisa menghemat kuota data hingga 50% adalah browser Chrome. Selain Chrome ada beberapa browser yang menghemat kuota data seperti Opera Max, Opera Mini, dan UC Browser. 



Cara menghemat data pada Chrome, buka Browser Chrome kemudian tekan titik tiga pada pojok kanan atas lalu tekan Setelan > Penghemat Data > Aktifkan. 


Keempat Pindahkan pengaturan data saat ada akses Wifi gratis baik di dalam rumah atau kantor, atau tempat-tempat tertentu yang tersedia akses WiFi gratis. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. 

0 komentar:

Poskan Komentar test