Oct 23, 2016

Manfaat Menggunakan Domain .com atau .net Untuk Blogging

Manfaat Menggunakan Domain .com atau .net Untuk Blogging

Manfaat dotcom dan dotnet

Di Indonesia pengguna internet sudah mencapai 72,7 juta orang. Mereka menggunakan internet untuk berbagai keperluan dari sekedar membaca berita dan informasi, bermedia sosial, mencari hiburan, mencari hal-hal yang baru dan belum dimengerti hingga menulis di blog atau yang lebih dikenal dengan istilah Ngeblog

Ngeblog bagi saya sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan sehar-hari. Setiap hari minimal satu artikel yang saya tulis di blog pribadi atau blog komunitas. Perasaan seperti ada yang kurang pada saat sehari saja tidak ngeblog. 

Walaupun ada kalanya saya tidak sempat menulis satu artikel pun karena berbagai kegiatan yang sangat padat karena saya berprofesi sebagai guru. Juga karena sedang berada di luar rumah, ada pelatihan kependidikan, ada acara tertentu, hingga saat kesulitan mengakses internet atau ketika laptop sedang bermasalah maka bisa dipastikan tidak ada postingan satu pun pada hari itu.

Postingan pertama berisi soal uji kompetensi

Awal mula saya ngeblog pada bulan Maret 2009 lalu, sebenarnya gara-gara ingin memberikan tugas kepada peserta didik saya waktu saya mengajar di salah satu SMK Perhotelan di Indramayu. Artikel pertama yang saya tulis pun tentang soal Uji Kompetensi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). 

Artikel tersebut ternyata mendapat antusiasme yang tinggi tidak hanya dari peserta didik sendiri melainkan dari peserta didik dan guru dari sekolah lain melalui mesin pencari Google. Melihat hal tersebut semakin bertambah semangat untuk ngeblog. 
View terbanyak dari postingan pendidikan

Meningkatnya jumlah pengunjung blog dari puluhan ke ratusan hingga puluhan ribu pengunjung, belum membuat saya berpuas diri malahan semakin penasaran dengan dunia blogging. Apalagi setelah membaca tulisan-tulisan dari blog orang lain dan sering mengikuti kodar (Kopi darat) blogger dari daerah lain, yang mengatakan bahwa dari blog itu bisa mendapatkan penghasilan. Baik dari job review, iklan, jual beli online dan lain sebagainya. 

Tetapi tidak semua blog bisa mendapatkan job review, atau mendapatkan iklan karena banyak brand atau perusahaan yang menyeleksi blog-blog tertentu dengan berbagai persyaratan. Syaratnya selain pengunjung blognya ramai, juga kategori blognya sesuai yang diinginkan oleh brand atau perusahaan, dan yang paling utama blognya harus berdomain top level baik Dotcom atau Dotnet.

Google Adsense

Begitu juga saat kita ingin mendaftar Google Adsense, blog yang berdomain lebih dipercaya dan cepat disetujui oleh Google jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku bila dibandingkan blog yang masih gratisan. Sehingga jika blog kita ingin didaftarkan ke Google Adsense maka disarankan untuk menggunakan top level domain terlebih dahulu. 

Karena alasan tersebut maka pada bulan Nopember 2012 akhirnya saya memutuskan untuk membeli top level domain Dotcom untuk blog saya. Saya menggunakan nama sendiri Didno76 sebagai personal branding. Didno diambil dari nama asli saya dan 76 diambil dari tahun kelahiran saya. Awalnya ingin menggunakan domain didno.com tetapi nama domain tersebut sudah ada yang menggunakan. 
Domain dotcom

Blog yang semula gado-gado pun, perlahan-lahan mulai ditata dan fokus pada kategori blog gadget dan tekno plus pendidikan. Kategori pendidikan tidak saya hilangkan karena beberapa faktor selain profesi utama saya sebagai guru juga karena pengunjung dari tulisan tentang pendidikan justru yang paling banyak pengunjungnya.

Saya mulai merasa asyik dengan dunia blog setelah mengikuti lomba blog Cirebon Blogger Competition dan berhasil mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan dengan memenangi lomba blog tersebut dan mendapatkan hadiah pertama berupa sebuah netbook. Selepas itu saya menjadi kecanduan untuk menulis blog dan mengikuti lomba blog.

Job review dari luar negeri

Selain mengikuti lomba blog, saya juga mulai mendapatkan tawaran job review baik dari dalam maupun dari luar negeri, dari berbagai brand baik melalui pihak ketiga atau secara langsung melalui e-mail. Rasanya sangat senang ketika pertama kali mendapatkan job review.

Menjadi blogger juga ternyata mengasyikan apalagi sering mendapatkan undangan atau mendapatkan hadiah berupa jalan-jalan ke luar daerah. Beberapa kali saya mendapatkan undangan dan juga hadiah berupa jalan-jalan seperti ke Belitung, Bali, Purwakarta, Semarang, Surabaya dan lain sebagainya.

Jalan-jalan ke berbagai kota di Indonesia gara-gara blog

Sebelum menjadi blogger, tidak terbayang bisa keliling Indonesia apalagi menggunakan pesawat terbang gratis hanya bermodalkan tulisan. Tetapi dengan kemauan dan ketekunan ternyata bisa mengubah semuanya termasuk bisa keliling beberapa pulau di Indonesia.

Kini walaupun ilmu tentang blog masih sedikit tetapi ilmu tersebut sudah saya bagikan melalui pelatihan-pelatihan yang saya adakan melalui Komunitas Blog yang saya pimpin yakni Komunitas Blogger Indramayu. Berbagai pelatihan blog untuk pelajar, mahasiswa, guru, dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) pernah saya lakukan untuk memanfaatkan internet dalam hal yang positif.

Pelatihan blog untuk guru dan umum di Indramayu

Sebenarnya ada berbagai alasan kenapa saya lebih menggunakan domain dotcom dan kategori blog gadget dan tekno plus pendidikan. Berikut ini alasan penting dan manfaatnya menggunakan dotcom atau dotnet untuk blog :

Manfaat Dotcom atau Dotnet untuk Blogging
  1. Lebih dipercaya. Blog yang sudah berdomain Dotcom atau Dotnet lebih dipercaya oleh orang atau pembaca apalagi blog tersebut digunakan untuk mencari uang seperti jual beli online, menjual layanan jasa, dan lain sebagainyanya. Domain dotcom memang digunakan untuk tujuan komersial karena com sendiri merupakan singkatan dari commercial. Sementara untuk Dotnet, digunakan untuk situs network (jaringan) karena net merupakan kependekan dari network. Domain Dotnet ini tentu sangat cocok untuk web jejaring sosial ataupun forum di internet. Dengan domain tersebut brand atau perusahaan akan lebih percaya untuk memberikan job. review atau memasang iklannya di blog kita. 
  2. Lebih profesional. Orang akan menilai blog itu profesional atau tidak, selain dilihat dari artikel-artikelnya yang original (asli tidak “copas”) dan menarik. Selain itu profesional tidak blog tersebut bisa dilihat dari ekor blog tersebut. Apakah blognya masih menggunakan embel-embel blogspot, wordpress, wix atau sudah menggunakan domain sendiri. Saat melihat blognya sudah berdomain maka anggapan orang atau pengunjung bahwa blog tersebut sudah dikelola secara profesional. Karena pemiliknya sudah mengeluarkan biaya untuk membeli domain, atau mungkin juga membeli templatenya (tampilan blognya) dan juga mengatur agar blognya lebih enak dipandang dan cepat terindeks oleh mesin pencari. Apalagi di blog kita tersedia beberapa kata kunci yang dibutuhkan maka banyak brand atau perusahaan yang akan memasang iklan atau memberikan job review. Tetapi jangan lupa untuk menarik brand atau perusahaan memasang iklan di blog kita jangan lupa tulis identitas diri kita dalam “tentang kami” sebagai pemilik blog atau alamat email jika brand dari dalam dan luar negeri yang ingin bekerjasama dengan blog kita. Tentunya setelah ada kesepakatan harga antara brand dan pemilik blog sebelum job review atau pemasangan iklan dibuat atau dipublikasikan. 
  3. Lebih mudah diingat. Blog dengan top level domain seperti dotcom dan dotnet akan membantu pengunjung untuk mengingat nama blog tersebut. Karena namanya tidak terlalu panjang tidak seperti blog yang masih gratisan yang masih ada embel-embel di belakangnya seperti blogspot, wordpress, webs, wix, blogdetik dan lain sebagainya. Oleh sebab itu ada baiknya membuat blog dengan nama yang mudah diingat agar pembaca atau pengunjung blog lebih cepat hafal dan mudah dikenal. 
  4. Lebih cepat terindeks mesin pencari. Jika dibandingkan antara blog yang berdomain dan gratisan, blog yang berdomain lebih cepat terindeks oleh Google atau mesin pencari lainnya. Sehingga posisi blog kita lebih populer dan berada di halaman depan dibandingkan dengan blog yang masih gratisan. Apalagi kita sudah bisa memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) di mesin pencari sehingga posisi tulisan kita akan berada di halaman pertama mesin pencari yang otomatis akan meningkatkan jumlah pembaca di blog kita.
  5. Lebih aman. Bagi blogger yang sudah berdomain tentu Anda akan merasa aman dengan kebijakan platform situs penyedia layanan blog yang sering membanned (melarang) blog kita menampilkan iklan penyedia jasa iklan. Alasannya karena tidak sesuai dengan T.O.S (Term Of Service) atau Syarat dan ketentuan yang mereka tetapkan. Dengan domain berbayar yang kita miliki, semua masalah tersebut akan dapat terhindari. 
  6. Lebih Keren. Dengan menggunakan blog berdomain tentu kelihatan lebih keren dibandingkan blog yang belum berdomain. Bahkan kita bisa memamerkan blog yang sudah berdomain tersebut dengan membuat kaos yang dicetak di kaos, jaket atau bahkan membuat stiker sebagai sarana promosi blog kita agar dikenal oleh masyarakat luas. 
  7. Investasi. Investasi bukan hanya berupa tanah, rumah atau di pasar modal saja, tetapi juga  dalam hal domain. Sekarang banyak blogger yang mencari domain yang potensial berharga tinggi atau mahal dalam beberapa waktu yang akan datang. Maka tidak heran ada beberapa blogger yang membeli domain tertentu untuk dijual kembali dengan harga yang sangat tinggi. 
Di Indonesia ada banyak penyedia jasa layanan pembelian domain untuk berbagai keperluan seperti UKM (Usaha Kecil dan Menengah), e-commerce atau blog. Salah satunya adalah layanan Dotcomforme. Layanan pembelian domain ini menawarkan harga terbaik dengan sistem pembayaran yang mudah tidak hanya menggunakan kartu kredit tetapi menggunakan transfer bank. 

Layanan pembelian domain Dotcomforme juga merupakan kerjasama antara TRAM Digital Works dengan IDWebhost dan JogjaCamp yang merupakan registar domain ternama di Indonesia yang sudah terbukti kredibilitasnya. Jadi sekarang sudah waktunya bagi Anda untuk mengubah blog Anda menjadi dotcom atau dotnet silakan membeli di Dotcomforme dengan menggunakan kode promosi blog100.


Sumber gambar : 
Dotcomforme dan dokumen pribadi
Manfaat Menggunakan Domain .com atau .net Untuk Blogging
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon