ads

Notebook Hybrid Kebutuhan Mendesak Untuk Menjalankan Profesi dan Hobi

Senin, 28 November 2016
Acer Switch Alpha 12

Hampir setiap hari saya selalu membawa laptop ke tempat kerja. Maklum kini aktivitas sebagai guru bukan hanya mentransfer ilmu kepada peserta didik tetapi juga mengerjakan beberapa tugas lain seperti membuat perangkat pembelajaran, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Semua aktivitas tersebut tentu harus menggunakan perangkat yang bernama laptop atau komputer. 

Tidak hanya itu, kini guru juga dituntut untuk melek TI (Teknologi Informasi) dengan menggunakan laptop atau komputer untuk mengerjakan berbagai pekerjaan secara online seperti Guru Pembelajar, PMP (Peningkatan Mutu Pendidikan), dan (UKG) Uji Kompetensi Guru.

Mengakses Guru Pembelajar (Data Pribadi)

Belum lagi guru juga harus mengisi berbagai instrumen melalui dapodik (Data Pokok Pendidik) agar hak sebagai guru profesional terus berjalan dengan baik dan juga mengisi data melalui situs BKN (Badan Kepegawaian Negara) secara online. Semua pekerjaan tersebut harus menggunakan laptop atau notebook. 
Mengisi data pegawai secara online (Data Pribadi)

Tahun ini kebetulan saya ditugaskan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti beberapa pelatihan salah satunya adalah pelatihan guru IPS kurikulum 2013. Sejak awal pelatihan kami diwajibkan membawa laptop untuk mengerjakan tugas saat pelatihan, dari membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), materi untuk pembuatan bahan ajar dan penilaian peserta didik. 

Kegiatan itu terus berlanjut hingga akhir bulan Nopember ini dengan kegiatan In dan Kegiatan On di sekolah. Kegiatan In merupakan pertemuan antara guru bina dan Instruktur atau Mentor membahas berbagai persoalan seperti RPP dan penilaian saat kegiatan On nanti.

Kegiatan On di Sekolah (Foto Pribadi)

Sementara itu Kegiatan On adalah praktek pelaksanaan guru mengajar di kelas dengan diawasi oleh Instruktur atau mentor. Mereka akan menilai kelebihan dan kekurangan guru saat mengajar di kelas untuk dievaluasi agar lebih baik lagi.

Kegiatan On di Sekolah (Foto Pribadi)
Di penghujung akhir semester ini saya kembali ditugaskan oleh kepala sekolah untuk menjadi panitia pelaksanaan UAS (Ulangan Akhir Semester) untuk peserta didik yang menggunakan kurikulum KTSP atau 2006 dan PAS (Penilaian Akhir Semester) untuk peserta didik yang menggunakan kurikulum 2013.
Perangkat UAS (Foto Pribadi)

Berbagai instrumen harus saya selesaikan seperti membuat daftar hadir peserta, daftar nilai, daftar hadir pengawas, dan lain sebagainya. Semua kerjaan tersebut harus diselesaikan tepat waktu agar pekerjaan orang lain tidak terbengkalai hanya gara-gara pekerjaan saya terlambat. 

Sedang mengerjakan tugas di sekolah (Dokumen Pribadi)

Untuk itu saya membutuhkan laptop yang bisa mengerjakan berbagai tugas tersebut. Selama ini sekolah sudah menyiapkan laptop Acer One 14 sebagai inventaris untuk mengerjakan tugas-tugas saya di sekolah. Dari mengerjakan tugas sebagai guru, guru pembelajar, hingga panitia UAS (Ulangan Akhir Semester).


Acer One 14 (Dokumen Pribadi)

Laptop ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa diandalkan untuk mengerjakan perkerjaan atau tugas-tugas sebagai seorang guru. Spesifikasi dari Acer One 14 selain memiliki layar berukuran 14 Inci juga memiliki prosesor Intel Core i3-5005U (2.0GHz, 3MB L3 Cache), menggunakan Intel HD Graphics 5500 serta Memori 2GB DDR3, dan 500 GB HDD.

Perangkat ini dilengkapi pula dengan USB versi 3.0 yang dapat mentransfer data dengan cepat. Serta dilengkapi dengan keyboard yang nyaman untuk mengetik berbagai pekerjaan dan sudah dilengkapi dengan DVD Drive.

Selain sebagai guru, saya juga aktif dalam dunia maya khususnya blogger. Saya bahkan membuat komunitas blogger di Indramayu dengan nama Komunitas Blogger Indramayu yang berdiri sejak 28 Oktober 2013 yang lalu. 
Sesaat setelah memberikan materi tentang blog di Pendopo Kabupaten Indramayu (Foto Samood)
Walaupun berada di daerah tetapi saya dan rekan-rekan blogger Indramayu terus berusaha mengedukasi masyarakat Indramayu melalui pelatihan-pelatihan blog dari pelatihan blog untuk pelajar, mahasiswa, UKM (Usaha Kecil dan Menengah), guru dan masyarakat umum. 

Sebagai blogger tentu aktivitas saya adalah ngeblog selepas pulang mengajar. Waktunya tentu disesuaikan dengan kegiatan di rumah. Setelah menjemput anak sekolah, dan mengantar isteri belanja ke pasar. 

Untuk aktivitas tersebut saya membutuhkan laptop untuk membuat tulisan di blog. Hampir setiap hari ada tulisan di blog pribadi saya, menulis di blog komunitas dan blog beda platform yang memiliki kategori berbeda dengan blog utama. 

Aktivitas tersebut terus saya jalani sejak 2009 yang lalu saat saya masih bekerja sebagai guru honorer untuk membantu perekonomian keluarga dengan menulis review produk atau jasa, mengikuti program afiliasi, pemasangan iklan dan mengikuti lomba blog. Dari aktivitas tersebut saya bisa membiayai anak sekolah dan menafkahi isteri saya.

Kopdar bareng Blogger di Kantor Google Indonesia (Foto Fitri Rosdiani)

Berkat aktif menulis di blog dan mengikuti kegiatan kopdar blogger, saya akhirnya jadi bertambah ilmu dan wawasan saya dalam hal ngeblog. Hingga akhirnya sering diajak mengikuti kopdar dan event blogger baik level lokal, nasional maupun internasional. 

Setiap ada event saya tidak pernah ketinggalan untuk membawa netbook karena ukurannya kecil sehingga tidak terasa berat saat dibawa dan digendong di tas. Tetapi sayangnya netbook tersebut hanya bisa melakukan hal-hal yang biasa saja sedangkan untuk mengedit gambar, video dan bermain game harus saya tinggalkan karena dipastikan netbook tersebut nge-hang atau nge-lag. 

Untuk itu sepertinya sudah mendesak bagi saya memiliki notebook hybrid yang memenuhi segala kebutuhan saya. Notebook yang bisa digunakan untuk aktivitas saya sebagai seorang guru di sekolah dan hobi saya ngeblog yang sering bepergian dari satu tempat ke tempat lain atau lebih dikenal dengan Switchable Me. Salah satu pilihannya jatuh pada Acer Switch Alpha 12

Berikut alasan memilih Acer Switch Alpha 12 adalah : 

Daleman Switch Alpha 12 tanpa kipas (Foto Acerid.com)

Switch Alpha 12, Notebook Hybrid Intel Core Pertama Tanpa Kipas. Kinerja laptop atau notebook tergantung pada otaknya. Notebook Hybrid Acer Switch Alpha 12 menggunakan prosesor Intel Core i5-6200u atau i7-6500U yang memiliki kelebihan dalam hal performa dan kinerja. 

Prosesor Intel terkenal ketangguhannya saat digunakan untuk mengerjakan berbagai aktivitas multitasking seperti saya. Dan saya tidak khawatir lagi menggunakan notebook untuk mengedit gambar atau video jika menggunakan prosesor yang dibenamkan pada Acer Switch Alpha 12. 

Switch Alpha 12, Notebook dengan Performa Tinggi Tanpa Kipas. Mungkin terdengar agak aneh ketika mendengar notebook tidak menggunakan kipas, karena hampir semua laptop memiliki kipas yang digunakan untuk mencegah penurunan performa akibat overheat tetapi sayangnya saat kipas berputar mengeluarkan suara yang cukup mengganggu saat kita menggunakannya. 

Oleh sebab itu Acer Switch Alpha 12 menggunakan sistem pendinginan bernama Acer LiquidLoop. Sistem ini mengandalkan pipa berisikan cairan pendingin untuk menstabilkan suhu prosesor Intel Core i Series yang ada di dalamnya secara optimal. 

Desain ramping dan fleksibel (Foto Acerid)

Desain Ramping dan Fleksibel. Sebagai guru yang sering pindah dari satu kelas ke kelas yang lain dan juga blogger yang sering bepergian jauh tentu mendambakan notebook yang ringan dan memiliki performa yang mumpuni. Acer Switch Alpha 12 memiliki berat hanya 1,25 Kg yang tentu saja membuat siapapun yang membawanya tidak merasa keberatan. Apalagi saat dikejar deadline menulis artikel untuk review produk atau jasa atau mengejar deadline untuk mengikuti lomba blog. 

Switch Alpha 12 telah dilengkapi dengan kickstand yang bisa dimiringkan hingga 165 derajat yang juga bisa diubah sesuai kebutuhan, dari mode tablet menjadi notebook atau sebaliknya. Anda hanya perlu melepas dan memasang kembali keyboard docking yang telah dilengkapi engsel magnet. Dengan engsel magnet ini, melepas keyboard Switch Alpha 12 dapat dilakukan dengan cepat dan aman. 


Keyboardnya dilengkapi dengan backlit yang dapat menyala pada malam hari (Foto Acerid)

Notebook yang Dilengkapi Dengan Backlit. Selama ini saya mengerjakan pekerjaan hingga larut malam. Terkadang tidak hanya di rumah tetapi di luar rumah. Kendala muncul saat kurang cahaya maka huruf yang ada di netbook tidak terlihat. Beruntung Switch Alpha 12 memiliki fitur backlit yang menyala dalam gelap sehingga penggunanya tidak akan mengalami masalah saat kekurangan cahaya atau digunakan pada malam hari. 

USB 3.1 Type-C (Foto Acerid)

Transfer Data Lebih Cepat. Kendala saat ini saat mentransfer data yang besar membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi dengan menggunakan Switch Alpha 12 transfer data lebih cepat karena sudah dilengkapi dengan USB 3.1 Type-C. Seperti kita ketahui USB 3.1 Type C memiliki beberapa kelebihan diantaranya bisa transfer data lebih cepat hingga 5 Gbps. 

Layar Switch Alpha 12 (Foto Acerid)

Layar Jernih dan Tidak Membuat Mata Cepat Lelah. Switch Alpha 12 memiliki display 12 inci dengan resolusi tinggi yakni QHD (2160 x 1440) piksel yang juga dilengkapi dengan teknologi IPS, sehingga warna yang dihasilkan sangat tajam dan cocok dipakai untuk bekerja karena dilengkapi dengan fitur Acer BlueLight Shield. 

Dengan fitur ini mata Anda akan terlindungi dari emisi cahaya biru dari layar notebook penyebab mata lelah dan kering. Sehingga Anda bisa berlama-lama di depan notebook mengerjakan tugas atau menikmati hobi Anda. 

Stylys Pen untuk Switch Alpha 12 (Foto Acerid)

Dilengkapi dengan Stylus Pen. Notebook 2-in-1 Switch Alpha 12 dilengkapi dengan stylus pen yang mampu mendeteksi sensor tekanan pada layar secara lebih presisi. Dengan stylus pen ini Anda bisa menggambar dan menulis sesuai dengan keinginan Anda. Pena ini juga sangat membantu saat menggunakan fitur Windows Inks, seperti mengatur ketipisan dan ketebalan garis atau membuat sketsa digital lebih presisi saat layar menjadi kanvasnya. 

Bateri Tahan Lama. Sebagai seorang blogger tentu sering lupa waktu karena keasyikan di depan laptop. Untuk itu saya membutuhkan laptop yang memiliki baterai tahan lama. Acer Switch Alpha 12 memiliki baterai dengan kapasitas 4.870mAh yang bisa digunakan selama 8 jam. Untuk lebih jelasnya silakan lihat video di bawah ini : 



Sekarang saatnya kita mengumpulkan uang untuk membeli Switch Alpha 12. Harga Switch Alpha 12 dengan Intel Core i5 dibanderol dengan harga Rp. 13.799.000,- sedangkan Switch Alpha 12 Intel Core i7 dibanderol dengan harga Rp. 19.999.000,-.


2 komentar for Notebook Hybrid Kebutuhan Mendesak Untuk Menjalankan Profesi dan Hobi :

  1. Wah mantab... jadi kepengen upgrade

    BalasHapus
  2. ayo mas kumpulin duitnya biar bisa beli Acer Switch Alpha 12

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam