Cara Mengecek KTP Asli Atau Palsu

Jumat, 30 Desember 2016
Cara mengecek e-KTP Anda

KTP (Kartu Tanda Penduduk) tentu wajib dimiliki setiap warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun atau lebih. Saat ini KTP sudah tidak manual lagi tetapi elektronik atau istilahnya e-KTP (Electronic-Kartu Tanda Penduduk).

Penggunaan e-KTP ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan, pemalsuan identitas atau pemalsuan KTP itu sendiri. Dengan e-KTP, Indonesia sejajar dengan negara-negara maju lainnya tetapi sayangnya tidak semua aktivitas dan transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan KTP tersebut.

Padahal jika semua sudah elektronik dan online maka kita tidak perlu mengantri terlalu lama di loket pembayaran apa pun karena semua datanya sudah tersimpan dengan baik. Begitu juga dengan pelayanan oleh pihak swasta atau pemerintahan seharusnya lebih cepat karena mereka hanya tinggal menggesekkan atau menempelkan KTP tersebut ke perangkat pembaca e-KTP.

Walaupun sudah sedemikian canggihnya teknologi tetapi tetap saja e-KTP tersebut ada yang dipalsukan. Karena semakin canggih teknologi maka akan semakin canggih pula manusianya. Nah untuk mengetahui KTP Anda asli atau palsu sebaiknya kita mengeceknya secara online.

Berikut ini cara mengecek KTP Asli atau Tidak :

  1. Download aplikasi Cek Identitas KTP 
  2. Setelah terinstal kemudian masukkan Nomor NIK atau KTP Anda 
  3. Selepas itu tekan Saya bukan robot 
  4. Jika muncul gambar maka tekan gambar yang sesuai lalu tekan Verifikasi 
  5. Setelah itu tekan Cari 
  6. Maka akan muncul Identitas dari Kartu Anda berarti asli jika tidak berarti palsu atau data belum diupdate. 
Sayangnya aplikasi ini sering muncul Pop-up iklan sehingga mengganggu pengguna smartphone yang ingin mengetahui keaslian KTP ini. Selamat mencoba semoga e-KTP Anda bukan palsu.

0 komentar:

Posting Komentar test