ads

Cara Menghemat Kuota Data Pada Smartphone Anda

Senin, 12 Desember 2016
Menghembat kuota data

Tidak buka internet di zaman sekarang rasanya sangat sulit sekali. Apalagi hampir setiap orang saat ini memiliki gadget seperti smartphone atau tablet. Hampir setiap saat menggunakan perangkat tersebut untuk berbagai keperluan dari membuka media sosial, membuka email, berselancar di dunia maya dan lainnya sebagainya. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak pula aplikasi yang mempermudah pengguna smartphone dalam melakukan berbagai aktivitas. Namun demikian, semakin banyak aktivitas seseorang maka semakin sulit pula menemukan aplikasi yang tidak membutuhkan koneksi internet. 

Aplikasi-aplikasi tersebut sedikit banyaknya akan menghabiskan kuota paket data yang Anda gunakan sehingga pengeluaran pun akan semakin tinggi. Oleh sebab itu sebagai pengguna smartphone atau perangkat lain yang selalu terhubung dengan internet, ada baiknya kita mengetahui cara bagaimana menghemat penggunaan kuota data. 

Berikut cara menghemat kuota data di smartphone Anda : 

Pertama batasi penggunaan dan mengaktifkan peringatan kuota di perangkat Anda. Kita terkadang lupa saat menggunakan internet sehingga data yang kita miliki cepat habis oleh karena itu sebaiknya membatasi dan mengaktifkan peringatan kuota data di perangkat Anda jika penggunaan internet Anda segera melampaui batas. 

Dalam sistem operasi Android Anda bisa mengaktifkan melalui cara Setelan > Penggunaan Data > Setel Batas Data Seluler kemudian Aktifkan

Kedua atur aplikasi auto sinkronisasi. Banyak aplikasi yang menggunakan auto sinkronisasi dengan demikian smartphone tersebut akan selalu otomatis tersambung ke internet dan akan menyedot kuota internet. Oleh karena itu penggunaan Auto sync masing-masing aplikasi harus dinonaktifkan melalui Setelan > Sinkronisasi. Lalu pilih aplikasi yang tidak ingin disinkronisasikan. 

Ketiga menggunakan browser yang hemat kuota. Salah satu browser yang menghemat kuota data dan bisa berjalan lancar sekalipun berada di jaringan 2G dan 3G yakni UC Browser. Selain itu Anda bisa menikmati berita terbaru dan terhangat di UC Browser yakni melalui UC News sehingga Anda tidak akan ketinggalan informasi. 

Keempat pindahkan pengaturan data saat ada akses Wifi gratis. Jika di dalam rumah atau kantor, atau tempat-tempat tertentu yang tersedia akses WiFi gratis sebaiknya cepat mengalihkan penggunaan Wi-Fi Anda sehingga kuota data Anda tidak cepat habis. 

Tapi saat Anda membuka internet di tempat Wi-Fi gratisan sebaiknya jangan menggunakan transaksi perbankan Karena berbahaya, akun kita dimata-mata oleh orang lain.

Kelima hindari menonton video Youtube secara langsung. Sebaiknya hindari menonton video Youtube secara langsung. Disarankan Anda mendownload terlebih dahulu saat berada di jaringan WiFi dan dibuka saat ingin membukanya.

Keenam hindari mendownload aplikasi yang berukuran besar. Sebaiknya Anda menghindari mendownload aplikasi-aplikasi dengan ukuran yang besar. Lebih baik Anda mendonwload saat berada di jangkauan WiFi gratisan.

Semoga cara ini bermanfaat bagi kita semua. 

1 komentar on Cara Menghemat Kuota Data Pada Smartphone Anda

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam