ads

Dampak Bagi Indonesia Jika Google Diblokir Pemerintah

Jumat, 23 Desember 2016
Google diblokir pemerintah jika tidak bayar pajak

Seperti kita ketahui bersama layanan dari Google sudah sedemikian menggurita dan sepertinya susah terlepas dari yang namanya Google. Tapi permasalahan pajak antara Google dengan Pemerintah Indonesia bisa saja berdampak pada pengguna layanan Google. 

Saat ini Google ditagih pajak oleh Pemerintah sebesar 5 Trilyun tetapi Google Indonesia berkelit karena kantor di Asia bukan di Jakarta tetapi di Singapura. Layanan Google sudah banyak sekali dari mesin pencari Google, Gmail. Youtube, Blogger, Play Store, Google Map dan lain sebagainya. 

Sepertinya sangat sulit jika Google diblokir oleh Pemerintah karena masyarakat luas sudah terbiasa dengan produk-produk atau layanan dari Google. Tapi mengaca pada China yang sudah bertahun-tahun memblokir layanan Google, justru muncul hal-hal baru yang membuat mereka lebih independen dan bangga menggunakan produknya sendiri. 

Nah sekarang kita akan mengulas dampak positif dan negatifnya jika Google diblokir oleh Pemerintah. Dampak positif jika Google diblokir oleh Pemerintah
  1. Layanan lokal pengganti layanan Google akan semakin berkembang. Seperti kita ketahui bahwa Google memiliki layanan video berbagai bernama Youtube, sementara ini bandwith kita tersedut untuk melihat produk atau layanan dari Amerika Serikat tersebut. Seandainya Google jadi diblokir maka layanan sejenis yang buatan dalam negeri seperti Vidio.com dan metube akan semakin berkibar. 
  2. Layanan pengiklan lokal akan lebih kompetitif. Startup akan berlomba membuat atau memperbaharui mesin pencari yang canggih pengganti Google. Selama ini kita masih mengandalkan Google untuk mencari informasi atau hal-hal yang belum diketahu melalui mesin pencari Google. Tetapi jika Google diblokir oleh pemerintah bukan tidak mungkin layanan mesin pencari seperti NowGoogle.com, Updatebanget.com, Cangkok.com dan lain-lain bisa berkembang. Seperti di China situs Weibo lebih terkenal karena Google-nya diblokir. 
  3. Pengganti Google Adsense Akan Berkembang. Saat ini Google Adsense menjadi perburuan para pengiklan untuk memasarkan produk dan jasanya di Indonesia. Sementara para pengiklan lokal hanya beberapa tahun muncul kemudian tenggelam lagi. Seperti Sitti, Idblognetwork, dan lain-lain kemungkinan akan berjaya jika Google Adsense diblokir di Indonesia. 

Sementara itu untuk dampak negatif Google diblokir oleh Pemerintah : 

  1. Pengguna Canggung. Pengguna kebingungan karena masyarakat sudah terbiasa menggunakan mesin pencari Google. Walaupun ada beberapa mesin pencari alternatif seperti Yahoo, Bing dan lainnya, tetapi pengguna di Indonesia lebih menyukai mesin pencari Google. 
  2. Aplikasi Peta tidak menggunakan Google Map. Aplikasi berbasis peta yang selama ini menggunakan Google Map tentu tidak bisa digunakan lagi oleh masyarakat Indonesia. Padahal beberapa aplikasi besutan Indonesia seperti Gojek dan lain-lain tidak bisa digunakan lagi. 
  3. Tidak bisa mengakses Google Play. Mayoritas pengguna smartphone di Indonesia menggunakan Android, seperti kita ketahui bahwa Android merupakan produk dari Google. Tentu jika Google diblokir maka kemungkinan besar kita tidak bisa mengakses Play Store lagi. 
  4. Blogger dan Youtuber Ketar-ketir. Blogger dan Youtuber yang selama ini memanfaatkan Google Adsense dengan menggunakan mata uang lokal kemungkinan ditolak. Karena terkait dengan pajak kecuali yang sudah menggunakan mata uang dollar. 
  5. Pekerja Google Indonesia diPHK atau dialihtugaskan. Jika pemerintah jadi memblokir Google di Indonesia maka Pekerja Google yang berada di Jakarta yang jumlahnya ratusan orang kemungkinan di PHK atau dialihkan ke Google negara lain. 
Itulah dampak negatif dan positifnya jika Google diblokir oleh pemerintah. Tetapi mudah-mudahan saja Google mau kompromi dalam membayar pajak dan kita masih bisa menggunakan layanan Google secara penuh.

0 komentar:

Posting Komentar test