Inilah Cara Agar Baterai Smartphone Anda Tahan Lama

Sabtu, 10 Desember 2016
Smartphone dan charger

Memiliki barang apa pun tentu harus dijaga dan dirawat dengan baik agar barang yang kita miliki tersebut bisa bertahan lama atau awet saat digunakan. Begitu juga dengan perangkat elektronik yang kita miliki termasuk smartphone. 


Sebagai barang elektronik, smartphone juga harus dirawat dengan cara-cara yang tentu berbeda dengan barang lainnya. Sehingga smartphone tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Salah satu elemen penting dari smartphone adalah baterai. 


Baterai smartphone yang beredar saat ini banyak yang menggunakan lithium-ion, sehingga kita harus mengetahui cara merawatnya agar baterai smartphone tersebut bisa digunakan untuk waktu yang lama. 

Berikut ini cara agar baterai smartphone Anda tahan lama atau awet : 

  1. Gunakan travel charger original. Sering kali kita menggunakan charger apa saja asal sesuai dengan colokan smartphone yang kita miliki. Padahal cara tersebut bisa merusak smartphone yang Anda gunakan Karena ada perbedaan daya Anda satu perangkat dengan perangkat lain. Jika travel charger bawaan hilang sebaiknya membeli yang originalnya agar smartphone Anda tidak mengalami masalah nantinya. 
  2. Jangan terlalu sering menggunakan power bank. Beberapa waktu yang lalu ada teman yang menanyakan kenapa smartphone saya sering ngehang bahkan sering ngeblank. Lalu saya menanyakan apakah sering menggunakan power bank, kemudian dia mengiyakan. Saya jelaskan bahwa penggunaan Power Bank secara terus menerus akan merusak baterai smartphone yang Anda miliki Karena memiliki daya yang berbeda. Jadi gunakan power bank sesekali saja saat darurat atau saat perjalanan jauh, setelah itu sebaiknya gunakan colokan ke aliran listrik yang ada di rumah atau dimana pun yang listriknya stabil. 
  3. Hindari mengisi ulang menggunakan laptop. Sering kali kita mengisi ulang baterai smartphone menggunakan laptop atau notebook Karena dianggap bisa mengisi ulang smartphone. Padahal mengisi ulang smartphone menggunakan power dari laptop dalam jangka waktu yang lama akan merusak kemampuan baterai smartphone Anda. 
  4. Jangan terlalu sering mencabut travel charger saat smartphone diisi ulang sebelum terisi penuh. Sering kali Karena kita terburu-buru kita mencabut kabel smartphone dari arus listrik. Padahal cara ini bisa menyebabkan baterai jadi ngedrop. Oleh sebab itu sebaiknya hindari terlalu sering mencabut smartphone saat mengisi ulang belum penuh. 
  5. Jangan terlalu sering mengisi ulang menggunakan light charger yang ada di mobil Anda. Sama seperti power bank dan laptop, arus listrik yang ada di kendaraan seperti mobil dan bus tidak stabil terkadang naik terkadang turun sehingga akan berdampak pada baterai smartphone yang Anda gunakan. 
Mudah-mudahan cara ini bisa menghindari kerusakan pada baterai smartphone yang Anda gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar test