ads

30 Peralatan Ini Sekarang Ada Pada Smartphone

Kamis, 12 Januari 2017
Smartphone sebagai power bank (Foto ASUS ZenFone 3 Max)

Ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang, karena setiap saat perangkat ini dibutuhkan dan dibawa kemana pun mereka pergi. Apalagi sejak keberada ponsel yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik sehingga mereka menyebutnya smartphone atau ponsel pintar. 


Smartphone tentu memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan ponsel biasa karena memiliki berbagai fungsi yang sebelumnya tidak dimiliki oleh ponsel biasa. Bahkan secara tidak langsung smartphone saat ini menggantikan fungsi berbagai peralatan atau perangkat yang dulunya harus dibeli terpisah. 


Ponsel yang fungsi awalnya hanya sebagai alat komunikasi yakni untuk komunikasi atau telepon dan mengirim pesan SMS. Kini berganti smartphone yang secara tidak kita sadari telah menggantikan perangkat lain bahkan kini sudah jarang kita gunakan lagi. 

Berikut 30 Peralatan yang sekarang sudah ada di smartphone Anda : 

  1. Cermin. Bagi kaum hawa biasanya kemana-mana selalu membawa cermin di dompetnya. Sejak ada smartphone dengan kamera depan dengan kualitas baik maka beralih kepada smartphone. Jika tampilan wajahnya ada yang kurang sesuai tinggal sesuai dengan menggunakan kamera depan smartphone yang menampilkan wajah penggunanya. 
  2. Jam Tangan. Keberadaan jam tangan walaupun masih eksis tetapi keberadaanya sudah mulai digantikan dengan yang namanya smartphone. Sekarang untuk melihat waktu tidak lagi menggunakan jam tangan tetapi dengan cara melihat smartphone. 
  3. Kalender. Selama ini kita harus melihat kalender secara fisik untuk melihat hari dan tanggal berapa. Tetapi sejak ada ponsel atau smartphone, kita tidak harus mencari kalender fisik lagi melainkan dengan menggunakan smartphone saja. 
  4. Senter. Fitur yang awalnya disematkan pada ponsel biasa ini akhirnya diadopsi di smartphone. Dengan senter ini ternyata bisa digunakan untuk penerang pada saat mati lampu, atau mencari barang dalam kondisi gelap. Bahkan pada saat pertandingan sepakbola AFF lalu, fitur senter ini digunakan sebagai pengganti lilin. 
  5. Pemutar Film atau Video. Saat ini perangkat pemutar film atau video seperti VCD, DVD, Blue-Ray sudah jarang dibeli oleh orang karena mereka sudah bisa menggunakan smartphone untuk menonton film, atau video kesukaannya. Bahkan dengan smartphone kita bisa mencari film atau video apa saja melalui situs-situs video berbagai seperti Youtube, MeTube, Vidio.com atau yang lainnya. 
  6. Pemutar Musik. Perangkat yang dulu ngetren seperti tape-recorder, Walkman, iPod atau pemutar MP3 kini sudah jarang digunakan lagi bahkan beberapa diantaranya sudah tidak diproduksi lagi. Ini semua gara-gara smartphone yang memiliki fungsi sebagai pemutar musik. Bahkan smartphone bisa menyimpan ribuan lagu terutama smartphone dengan memori besar.
  7. Radio. Penjualan perangkat radio semakin anjlok karena banyaknya smartphone yang sudah membenamkan perangkat radio. Sehingga penggunanya bisa mendengarkan radio melalui smartphonenya dengan menggunakan headset. 
  8. Termometer. Sebenarnya jarang sekali orang membeli termometer untuk mengukur suhu ruangan atau di sekitarnya. Tetapi ternyata dengan smartphone kita bisa mengetahui suhu ruangan atau tempat sekitar dengan menggunakan smartphone Android atau iOS yang sudah tersambung dengan internet dan aplikasi cuaca di perangkatnya. 
  9. Konsol Game. Dahulu untuk bisa bermain seseorang harus membeli konsol game seperti Play Station, Nintendo atau sejenisnya. Tetapi kini kita tidak lagi harus membeli perangkat tersebut untuk bermain game. Cukup download aplikasi atau game di perangkat smartphone Anda maka kita bisa asyik bermain game. 
  10. Kalkulator. Sekarang jarang orang membeli kalkulator untuk menghitung sesuatu begitu juga dengan pelajar atau mahasiswa sudah jarang menggunakan kalkulator karena sekarang semua smartphone sudah membenamkan aplikasi kalkulator di dalamnya. Jika ingin menggunakan kalkulator yang agak canggih ada beberapa aplikasi kalkulator yang tersedia di Play Store atau App Store. 
  11. Kamera. Kalau sebelum ada smartphone, banyak orang yang bepergian selalu menenteng kamera. Tetapi sejak ada smartphone semakin sering menggunakan smartphonenya dibandingkan menggunakan kamera. Karena saat ini setiap smartphone sudah dibekali dengan kamera bahkan dengan kekuatan yang hampir setara dengan kamera DSLR atau kamera digital. Tidak hanya pada bagian belakang smartphone tetapi juga pada kamera depannya. 
  12. Camcorder. Sama seperti kamera, sebelum ada smartphone banyak orang yang membeli camcorder untuk mengabadikan gambar bergerak. Tetapi sejak ada smartphone banyak orang yang enggan membeli camcorder karena semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. 
  13. Komputer. Jika selama ini untuk mengerjakan tugas dan aktivitas pekerjaan sehari-hari banyak orang yang menggunakan komputer kini sudah tergantikan dengan menggunakan smartphone. Berbagai aktivitas seperti browsing, chatting dan mengerjakan tugas-tugas seperti mengedit foto, mengirim dan menerima email dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. 
  14. Televisi. Beberapa tahun yang lalu smartphone sudah dilengkapi dengan televisi analog. Tetapi kini keberadaannya semakin sedikit bahkan sudah tidak ada karena adanya aplikasi televisi yang banyak beredar di Google Play atau App Store. Mereka hanya mengandalkan akses internet yang cepat agar bisa menikmati siaran televisi secara streaming. 
  15. Buku Bacaan. Semakin hari buku-buku digital semakin banyak beredar di Google Play atau App Store sehingga beberapa penerbit terpaksa mengurangi jumlah buku yang dicetak kecuali buku tersebut memang best seller. Buku digital tersebut bisa dibaca melalui smartphone yang ada saat ini. 
  16. Peta. Keberadaan penjual peta semakin hari semakin sedikit kecuali digunakan untuk pendidikan. Pasalnya sekarang semua smartphone sudah dilengkapi dengan peta digital seperti Google Maps. Sehingga bisa mengetahui lokasi yang dituju dengan menggunakan peta digital.
  17. GPS. GPS (Global Positioning System) biasanya digunakan oleh pengendara saat akan menuju ke suatu tempat agar tidak tersesat. Tetapi keberadaannya sekarang sudah tergantikan dengan Google Maps yang sudah dilengkapi peta GPS bahkan sudah dilengkapi suara penunjuk arah. Bahkan dengan aplikasi Google Maps ini kita bisa mengetahui kondisi jalan sedang macet atau tidak. Berbeda dengan GPS yang dulu yang tidak memungkinkan hal tersebut. 
  18. Agenda. Kalau sebelum ada smartphone, untuk menulis hal-hal penting biasanya dengan menggunakan buku agenda. Tetapi kini untuk menulis hal-hal yang penting kini cukup dengan membuka smartphone. 
  19. Koran atau Majalah. Kalau selama ini untuk mendapatkan informasi melalui koran atau majalah sekarang sejak ada smartphone, pengguna smartphone cukup membuka perangkat tersebut untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan akses media online. 
  20. Scanner. Jika Anda membutuhkan dokumen penting untuk di scanner, sekarang tidak harus mencari pemilik scanner lagi karena sekarang banyak aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan kamera smartphone untuk mendapatkan format atau bentuk layaknya scanner. Pada perangkat Android dan Windows Phone ada aplikasi Office Lens yang membuat hasil jepretan kamera smartphone layaknya scan-an dari scanner.
  21. Pembaca Barcode. Saat ini hampir semua barang yang ada di toko atau pasar menggunakan barcode untuk mengidentifikasi barang atau produk dengan jenis yang berbeda. Dengan menggunakan pembaca barcode, pengguna smartphone bisa mengetahui barang yang akan dicek tersebut. 
  22. Kompas. Saat bepergian atau menentukan arah shalat biasanya kita menggunakan kompas. Tetapi semenjak ada smartphone, kompas tidak harus selalu dibawa karena terdapat banyak aplikasi petunjuk arah maupun kiblat untuk shalat dari smartphone Anda. 
  23. Perekam Suara. Beberapa tahun lalu, jika Anda berprofesi sebagai wartawan pasti membutuhkan yang namanya Perekam Suara untuk diputar kembali agar berita yang diturunkan tidak salah. Tetapi sejak adanya smartphone yang dilengkapi dengan perekam suara. Maka alat recorder tidak lagi digunakan. Mereka cukup menggunakan smartphone tersebut untuk merekam suara dari nara sumbernya. 
  24. Remote Kontrol. Sering bingung karena banyak remote kontrol yang harus digunakan untuk menonton televisi, VCD atau yang lainnya. Kini pengguna smartphone tidak harus bingung lagi karena bisa menggunakan smartphone sebagai remote kontrolnya. Tidak hanya remote kontrol beberapa perangkat tetapi juga bisa digunakan untuk remote kontrol komputer dari jarak jauh. 
  25. CCTV. Smartphone juga bisa digunakan untuk CCTV (Closed Circuit Television). Caranya tentu dengan menginstal aplikasi CCTV yang banyak tersebar di Google Play atau App Store. Dengan aplikasi ini kita bisa mengawasi rumah atau bayi tercinta saat di rumah ketika kita meninggalkan rumah. 
  26. Pengusir Nyamuk dan Tikus. Mungkin agak aneh kok bisa digunakan untuk mengusir nyamuk atau tikus. Tetapi itu bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone asal mengunduh aplikasi Anti Mosquito, atau Anti-Rat Sonar terlebih dahulu di Google Play. 
  27. Pengganti ATM. Beberapa operator sudah menerapkan berbagai pembayaran elektronik atau e-money pada ponsel atau smartphone. Seperti Telkomsel menggunakan T-Cash, XL dengan Tunaiku, Indosat Ooredoo dengan Dompetku, Smartfren dengan Uangku. Sehingga saat lupa tidak membawa ATM ketika membayar di mini market, supermarket atau di merchant-merchant tertentu maka dengan E-Money yang sudah disematkan oleh operator seluler ini menjadi pengganti ATM. 
  28. Power Bank. Penggunaan power bank kini hampir dibutuhkan oleh setiap pengguna smartphone yang sering bepergian. Dan kini semakin banyak smartphone yang menggunakan baterai dengan kapasitas yang besar dengan tujuan agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Tetapi kini banyak smartphone yang mempunyai kapasitas besar dan bisa digunakan sebagai power bank bagi smartphone lain. 
  29. Timbangan Digital. Biasanya kita harus mencari timbangan saat akan menimbang barang meskipun yang ukurannya kecil seperti menimbang cincin atau benda-benda kecil lainnya tetapi sekarang ada banyak aplikasi di Play Store atau App Store yang bisa digunakan untuk timbangan seperti Timbangan, Digital Scale dan lain-lain. 
  30. Alat Musik. Kalau sebelumnya kita membutuhkan gitar, piano dan lain sebagainya kini dengan smartphone kita bisa memainkan peralatan tersebut secara digital menggunakan berbagai aplikasi yang ada di Play Store atau App Store. Seperti aplikasi Musik daerah, Real Gitar, Piano Tiles dan lain-lain. 
Itulah beberapa fungsi lain dari smartphone yang membuat kita usah membeli peralatan atau perangkat tersebut. Kedepan mungkin saja bisa bertambah lagi fungsi yang disematkan pada smartphone. 

0 komentar:

Posting Komentar test