8 Hal yang Harus Anda Hapus Dari Halaman Facebook Anda

Senin, 23 Januari 2017
Logo Facebook

Era media sosial masih bertahan dan semakin berkembang dengan berbagai fitur menarik oleh para pengembangnya. Seperti facebook kini dilengkapi dengan video siaran langsung atau live, begitu juga snapchat, twitter, Instagram dan lain-lain yang lebih mengedepankan gambar dan video. 


Tidak bisa disanggah lagi keberadaan media sosial menjadi fenomena baru yang tidak ada sebelumnya seperti fenomena “mannequin Challenge”, “om telolet om”, hingga “Bus Challenge” dan lain sebagainya karena adanya media sosial. 


Media sosial Facebook masih mendominasi dari berbagai media sosial yang ada saat ini. Tetapi dalam menggunakan Facebook pengguna harus berhati-hati. Karena banyak hal yang tidak kita sadari ternyata menjadi lahan empuk bagi para penipu dan pengintai data di dunia maya. 

Ada hal-hal yang harus Anda hapus dari halaman facebook Anda sebelum data-data tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak baik dan merugikan diri Anda sendiri atau keluarga Anda. 

Berikut 8 hal yang harus Anda hapus di halaman facebook Anda : 

  1. Nomor telepon Anda. Nomor telepon ini banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan aksinya. Oleh karena itu sebaiknya nomor hp atau nomor telepon rumah dihapus dari facebook Anda. 
  2. Tanggal Lahir. Sebenarnya sangat menyenangkan ketika banyak teman-teman yang mengucapkan “Selamat Ulang Tahun semoga panjang umur”, “WYATB (Wish You All The Best) dan lain-lain. Tapi seiring perkembangan zaman banyak nama, alamat dan tanggal lahir digunakan oleh pencuri data identitas untuk digunakan hal-hal yang tidak baik seperti untuk penipuan dan lain-lain. 
  3. Lokasi Anda. Penandaan lokasi Anda di Facebook akan memberitahu kepada semua orang bahwa Anda sedang melakukan perjalanan. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab melakukan aksi kejahatannya seperti menyatroni rumah Anda, mengambil barang-barang yang berharga dan lain sebagainya. 
  4. Foto Bandara dan Liburan Anda. Seseorang pasti memiliki kebanggaan bisa foto di bandara atau saat liburan di daerah atau bahkan negara lain kemudian diunggah ke media sosial facebook. Tetapi ternyata kebiasaan itu bisa berdampak terhadap keamanan rumah Anda. Karena ada orang-orang yang memperhatikan keberadaan rumah Anda melalui media sosial facebook. 
  5. Bos atau Atasan Anda. Ada beberapa contoh dari pengguna Facebook kehilangan pekerjaannya gara-gara berbeda pendapat atau pandangan dengan atasan Anda kemudian diungkapkan di situs jejaring sosial. Tidak hanya itu ada juga karyawan yang mengecam atasannya di media sosial. Hal ini bisa menjadi boomerang bagi Anda sendiri karena bisa-bisa Anda dipecat dari tempat kerja Anda. 
  6. Foto Mantan Anda. Mungkin terdengar sepele dan hal kecil, tapi sebaiknya Anda menghapus foto mantan-mantan Anda dari Facebook Anda. Karena foto tersebut akan menjadi masalah baru bagi pasangan Anda di masa yang akan datang. 
  7. Foto mabuk-mabukan. Jika Anda pernah mabuk-mabukan bersama teman-teman merayakan pesta ulang tahun atau yang lainnya, kemudian diunggah ke facebook sebaiknya hapus foto tersebut. Karena selain akan membuat orang tua Anda malu juga karena banyak perusahaan yang merekrut karyawannya dengan melihat akun media sosialnya. Jika yang dia lihat foto-foto mabuk-mabukan dijamin Anda tidak akan diterima di perusahaan tersebut.
  8. Tag yang tidak sesuai dengan kita. Kita semua punya teman, salah satunya mungkin teman yang sangat akrab dengan kita. Mereka biasanya nge-tag atau tandai yang tidak sesuai dengan kita. Mereka ada yang mengunggah foto-foto yang tidak pantas, atau meme-meme yang tidak patut. Oleh karena itu sebaiknya kita mengatur setting Timeline dan Tagging. Sehingga jika mereka menandai dan gambarnya tidak kita sukai maka Anda bisa melepas tanda tersebut. 
Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar test