ads

Hati-hati Foto Selfie Dengan Dua Jari, Mau Tau Kenapa?

Rabu, 11 Januari 2017
Foto selfie dengan dua jari (Foto PhoneArena)

Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang saat selfie atau swafoto biasanya menggunakan dua jari tanda “peace” atau “damai”. Tapi tahukah Anda jika ternyata dengan semakin tajamnya kamera smartphone yang dimiliki ternyata bisa berdampak negatif yakni bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk mencuri identitas Anda. 

Bagaimana mereka bisa mencuri data Anda? Iya karena para pencuri data bisa melihat sidik jari Anda yang diambil saat foto selfie atau swafoto. Data tersebut bisa digunakan berbagai hal terutama untuk negara-negara yang sudah menggunakan identitas tunggal dengan sidik jari. 

Isao Echizen, seorang profesor di Divisi Konten Digital dan Penelitian Media Ilmu Pengetahuan National Institute of Informatics Jepang, mengatakan kepada surat kabar Sankei Shimbun Jepang bahwa ia telah berhasil memperoleh sidik jari dari foto jari yang diambil dari hingga tiga meter. 

Dia memperingatkan kepada pengguna smartphone agar berhati-hati saat mengacungkan dua jari Anda saat berswafoto karena akan memudahkan para pencuri identitas untuk mengenali pasangan sidik jari dan wajah pemiliknya. 

Oleh karena itu timnya di National Institute of Informatics telah mengembangkan teknologi anti-pencurian sidik jari. Dengan menggunakan titanium oksida agar bisa mengaburkan dan bahkan menghasilkan gambar palsu dari setiap sidik jari pengguna saat berswafoto. 

Echizen memperingatkan bahwa password atau kata sandi bisa dengan mudah diubah, tetapi sidik jari atau retina mata tidak bisa diubah. Jadi sudah saatnya kita harus berhati-hati saat berswafoto dengan menggunakan dua jari Anda karena ternyata data kita bisa diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab seperti dikutip dari PhoneArena (11/01/2017).

0 komentar:

Poskan Komentar test