ads

Inilah Konten-konten yang Termasuk Konten Negatif

Jumat, 06 Januari 2017
Konten Negatif

Saat ini banyak sekali situs-situs online yang sering menginformasikan berita hoax atau kabar bohong. Begitu juga dengan akun media sosial, banyak yang menginformasikan berita-berita hoax yang cenderung memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 


Selama tahun 2016 dan awal 2017 ini masih banyak berita-berita hoax dan akun media sosial yang menebar kebencian berseliweran di jagat dunia maya. Walaupun pemerintah sudah memblokir beberapa situs yang dianggap sering menyebarkan berita hoax dan akun media sosial penebar kebencian kepada orang lain. Tetapi kita masih sering melihat situs-situs online atau media sosial yang menuliskan konten negatif. 


Masih banyak perdebatan tentang kebebasan berekspresi dan bagian mana saja yang termasuk konten negatif atau konten positif. Masyarakat masih banyak yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu sebaiknya kita mengetahui mana saja yang termasuk konten negatif. 

Apalagi pemerintah berencana akan segera membuat Badan Siber Nasional yang mempunyai tugas mengawasi situs-situs online yang menyebar berita bohong, akun-akun media sosial penebar kebencian yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. 

Berikut ini konten-konten yang termasuk konten negatif menurut Kominfo : 
  1. Berisi pornografi 
  2. Menyebarkan kebencian tentang SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan). 
  3. Penipuan atau perdagangan ilegal 
  4. Narkoba 
  5. Perjudian 
  6. Radikalisme atau terorisme 
  7. Kekerasan 
  8. Kekerasan terhadap anak 
  9. Malware dan phissing 
  10. Pembajakan 
Sebenarnya ada yang juga termasuk konten negatif lainnya seperti :
  • Menyebarkan informasi tidak jelas (hoax) 
  • Bullying (Intimidasi, menghina atau mengejek orang lain) 
Itulah konten-konten yang termasuk konten negatif. Jika anda menemukan berita hoax atau berita bohong, atau media sosial yang memuat konten negatif, Anda screen capture tulisan/URL link kemudian kirimkan datanya ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. Kerahasiaan pelapor akan dijamin. Mudah-mudahan kita masih bisa membuat konten positif baik melalui media sosial atau blog.

0 komentar:

Posting Komentar test