ads

5 Aplikasi Gratisan Pengganti Microsoft Word 2017

Selasa, 21 Februari 2017
Aplikasi WPS Offiece Writer (Gambar Techradar)

Setiap orang membutuhkan pengolah kata yang besar, dan Microsoft Word adalah salah satu aplikasi terbaik yang medukung format lebar, integrasi dengan aplikasi Office lainnya, dan banyak template berkualitas tinggi. 


Namun, kekuatan dan kenyamanan tidak datang begitu saja tetapi hari dibeli bahkan untuk Microsoft Office 365 harus dengan cara berlangganan setiap tahunnya. Banyak pengguna akhirnya mencari perangkat lunak yang bisa digunakan sebagai pengganti Microsoft Word tanpa biaya sepeser pun. 


Dari sekian banyak aplikasi pengolah kata yang banyak beredar di jagat maya ada beberapa perangkat lunak yang bisa menggantikan fungsi Microsoft Word 2017 yang bisa digunakan untuk komputer atau laptop Anda. Bahkan memiliki fitur yang sudah mendukung template, dan kompatibilitas dengan format file Microsoft. 

Berikut aplikasi gratisan pengganti Microsoft Word 2017 :

WPS Office

  1. WPS Office Writer. Aplikasi gratisan terbaik untuk pengganti Microsoft Word, dengan antarmuka cerdas, kompatibilitas dengan berbagai kata, backup cloud atau awan, dan aplikasi ini gratis adalah WPS Office Writer. Desain apik WPS Office Writer sangat mirip dengan versi saat ini dari Microsoft Word, dengan antarmuka pita dan ikon hampir identik. Jika Anda suka menggunakan Office 2007 atau versi sebelumnya, maka Anda bisa beralih ke WPS Writer tanpa ada kendala. Ada tab browsing untuk beberapa dokumen dan WPS Office Writer dapat membuka hampir semua format teks dokumen. WPS Writer sudah memiliki dukungan cloud sebesar 1GB secara penyimpanan gratis.
    LibreOffice Writer
     
  2. LibreOffice Writer. Aplikasi open source terbaik pengganti Microsoft Word yang alain adalah LibreOffice, dengan komunitas pengembang yang banyak dan update reguler untuk menambahkan fitur dan bug squish sehingga Anda akan merasa terbantu dengan aplikasi ini. Jika Anda merasa paling nyaman menggunakan versi lama Microsoft Word, Anda akan menyukai LibreOffice Writer. Antarmuka yang sangat mirip dengan versi Word sebelum pengenalan kontroversial Ribbon pada tahun 2007. Aplikasi ini memiliki menu dan ikon yang sederhana dan intuitif.
    OpenOffice Writer
     
  3. Apache OpenOffice Writer. Software open source pengganti Microsoft Word lainnya adalah Apache OpenOffice Writer. LibreOffice adalah sebuah bagian dari Apache OpenOffice dan keduanya berbagi basis kode yang sama, sehingga tidak mengherankan hanya ada sedikit perbedaan antara keduanya. Keduanya menawarkan kompatibilitas yang sangat baik dengan dokumen Microsoft Word, dan bekerja secara lancar dengan aplikasi spreadsheet, database, dan presentasi. Hampir tidak ada perbedaan antara fitur program atau interfacenya, baik - baik menggunakan sistem Microsoft Office klasik, dengan sidebar untuk opsi formatnya. OpenOffice menyediakan template lebih sedikit dari LibreOffice secara default, tetapi ada ribuan template yang tersedia untuk men-download.
    SoftMaker FreeOffice
     
  4. SoftMaker FreeOffice TextMaker. TextMaker sangat baik sebagai pengganti Microsoft Word, tetapi akan menjadi luar biasa jika bisa menyimpan dokumen dalam format docx. Antarmuka SoftMaker FreeOffice TextMaker ini masih terlihat berantakan dibandingkan kebanyakan alternatif Microsoft Word. Beberapa fitur yang tersimpan di sub-menu, tetapi Anda dapat menyesuaikan toolbar dengan menambahkan, menghapus dan menata ulang ikon dengan mengklik tombol panah kecil di sebelah kanan.
    AbiWord
     
  5. AbiWord. Software AbiWord menggantikan fitur kunci Microsoft Word, tetapi pengembangnya telah memilih untuk fokus pada Linux daripada Windows. AbiWord bisa dengan mudah mengganti Microsoft Word untuk menulis dan mengedit untuk aktivitas sehari-hari Anda jika tidak menggunakan Microsoft Word. Ini adalah proyek open source sehingga sangat cocok untuk notebook bertenaga rendah. AbiWord memiliki dukungan format yang sangat baik, termasuk DOC dan DOCX, menjadikannya pilihan yang baik untuk sharing dokumen. Ada pilihan template dasar (atau Anda dapat membuat sendiri dari dokumen), dan koleksi plugin untuk memperpanjang kompatibilitas file-nya. Sayangnya AbiWord memiliki kekurangan relawan untuk pengembang Windows. Ini artinya meskipun versi Linux mengalami pengembangan aktif, tetapi untuk Windows belum diperbarui untuk beberapa waktu, dan tertinggal beberapa versi. 
Itulah software-software gratis alternatif selain Windows Office Word 2017 yang dikutip dari Techradar. Pilihannya ada pada Anda sebagai pengguna apakah tetap menggunakan Word bajakan atau mengganti dengan software-software tadi.

2 komentar for 5 Aplikasi Gratisan Pengganti Microsoft Word 2017:

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam