Inilah Fitur Wajib Jika Mencari Smartphone Kamera Terbaik

Minggu, 19 Februari 2017
Salah satu kamera smartphone yang dilengkapi dengan fitur kamera seperti DSLR (Foto ASUS)

Saat ini banyak orang yang menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas dan keperluan. Dari mengirim pesan, membaca dan mengirim e-mail, menggambar, mengerjakan pekerjaan, dan lain sebagainya. Selain itu ada beberapa fungsi lain yang sekarang sudah menjadi fitur wajib yang disematkan pada smartphone yakni kamera. 


Sekarang banyak orang menggunakan smartphone untuk mengambil gambar atau video untuk mengabadikan momen-momen penting tanpa harus menggunakan kamera pocket atau kamera digital yang ukurannya lebih besar dan tidak selalu dibawa-bawa. 


Bukan hanya sensor kameranya saja yang tinggi tetapi untuk mendapatkan kamera smartphone terbaik sebaiknya pengguna harus mengetahui fitur-fitur apa saja yang harus ada agar mendapatkan hasil foto atau video terbaik. 

Berikut ini fitur-fitur wajib jika Anda mencari smartphone kamera terbaik : 

  1. OIS (Optical Image Stabilization). Fitur ini disematkan pada kamera smartphone agar hasil image atau gambar yang diambil dengan kamera smartphone bisa stabil sehingga gambar tidak blur atau goyang. 
  2. EIS (Electronik Image Stabilization). Fitur canggih ini berfungsi untuk mengurangi efek goncangan dan bergetar pada image atau gambar yang sedang ditangkap meskipun tangan si pengguna bergetar. Jadi fitur ini sangat bermanfaat saat pengambilan image video karena hasilnya akan terlihat halus tanpa ada goncangan di layar. 
  3. Auto-focus. Sering disingkat AF mempunyai fungsi untuk memperjelas foto atau gambar secara otomatis. Selain itu Auto-focus juga dapat meningkatkan kualitas foto lebih baik dari kamera dengan tipe fixed-focus dan memungkinkan gambar yang diambil dari jarak akan lebih dekat (makro). Fitur ini juga mempunyai manfaat lain yakni dapat menyesuaikan kontras warna dan kondisi pencahayaan yang ada disekitarnya. Sekarang sudah banyak yang menggunakan PDAF (Phase Detection Auto Focus) memungkinkan fitur auto-focus telihat sangat cepat dan mulus. 
  4. Digitial Zoom. Fitur digital zoom ini digunakan untuk membuat subjek gambar tampak lebih dekat dengan kamera sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil gambar yang diinginkan. 
  5. SuperPixel. Fitur ini sudah disematkan beberapa smartphone dimana fungsinya adalah dapat menangkap gambar dengan sempurna terutama dalam kondisi lingkungan gelap atau minim cahaya. 
  6. HDR (High Dynamic Range). Dengan fitur HDR ini membuat hasil jepretan dari smartphone kita akan lebih seimbang antara daerah yang gelap dan terang. 
  7. Flash (Lampu Kilat). Flash atau lampu kilat sangat dibutuhkan untuk kamera smartphone tidak hanya digunakan pada malam hari tetapi juga pada siang hari untuk menghasilkan gambar yang terbaik terutama saat memotret wajah seseorang di bawah terik matahari. 
  8. Aspect ratio. Aspect Ratio kini sudah banyak disematkan pada smartphone. Dengan fitur ini Anda bisa mengatur perbandingan antara panjang dan lebar suatu foto. Biasanya kamera smartphone memiliki aspect ratio 4:3, 3:2 dan 16:9. Penggunaan aspect ratio ini memberikan keleluasaan pada Anda saat menghias frame foto dengan keterbatasan antara perbandingan panjang dan lebar foto. 
  9. Panorama. Fitur ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengabadikan foto super lebar agar semua gambar bisa terlihat dalam satu foto. Saat ini banyak smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur Panorama. 
  10. Timer. Saat ini banyak pengguna smartphone menggunakan timer saat akan difoto terutama foto selfie. Timer pada kamera smartphone biasanya memiliki rentang waktu 1 hingga 60 detik.
  11. ISO (International Organisation for Standardisation). ISO mempunyai fungsi untuk mengatur sensitifitas pada sensor kamera termasuk pada smartphone terhadap cahaya. Semakin besar setingan ISO pada smartphone maka semakin sensitf dan besar cahaya yang didapatkan. Nilai ISO pada kamera dimulai dari 100, 200. 400, 800, 1600 dan seterusnya. 
Sebenarnya masih banyak fitur lainnya seperti pendeteksi wajah, foto menggunakan lambaian tangan, dan fitur lainnya yang sudah disematkan pada kamera smartphone. 


0 komentar:

Posting Komentar test