Ini Dia Perangkat Android Ternama yang Terinstal Malware

Selasa, 14 Maret 2017
Ilustrasi Malware (Gambar BGR.com)

Malware seperti kita ketahui adalah software atau program yang dirancang bertujuan menyusup atau merusak sebuah sistem komputer, tablet atau smartphone secara diam-diam. Oleh karena itu banyak perangkat mobile yang akan dipasarkan ke public harus terbebas dari malware. 


Apa jadinya jika malware tersebut sudah dibenamkan ke dalam perangkat yang dipasarkan seperti smartphone dan tablet baru. Tapi itulah yang terjadi saat ini, beberapa perangkat terindikasi sudah terinstal malware pada perangkatnya seperti diungkap oleh perusahaan keamanan Check Point dalam sebuah laporannya. 


Check Point mengatakan dalam laporannya bahwa perusahaannya mengklaim sebanyak 36 perangkat Android populer terdeteksi malware yang berbeda. Perangkat dengan kode berbahaya terdeteksi diduga telah tertanam ke beberapa perangkat dari mulai pabrik hingga ke pengguna akhir atau konsumen. 

Aplikasi berbahaya tersebut bukan bagian dari ROM resmi yang disediakan oleh vendor, Karena tim Pencegahan Ancaman Ponsel Check Point menjelaskan dalam posting blognya, menambahkan bahwa malware telah menambahkan suatu tempat di sepanjang rantai pasokan. 

Dalam penyelidikan Check Point, perangkat yang terbukti telah terinstal malware berasal dari berbagai produsen. Berikut ini data perangkat yang terinstal malware APK, Shas dan Affected Device berdasarkan data Check Point : 

  1. Samsung Galaxy Note 2 
  2. LG G4 
  3. Samsung Galaxy S7 
  4. Samsung Galaxy S4 
  5. Samsung Galaxy Note 4 
  6. Samsung Galaxy Note 8.0 
  7. Samsung Galaxy Note 2 
  8. Xiaomi Mi 4i 
  9. Samsung Galaxy A5 
  10. Samsung Galaxy S4 
  11. ZTE x500 
  12. Samsung Galaxy A5 
  13. Samsung Galaxy Note 3 
  14. Samsung Galaxy Note Edge 
  15. Samsung Galaxy Tab S2 
  16. Samsung Galaxy Tab 2 
  17. Oppo N3 
  18. Vivo X6 plus 
  19. Asus Zenfone 2 
  20. Lenovo S90 
  21. OppoR7 plus 
  22. Xiaomi Redmi 
  23. Galaxy Note 4 
  24. Galaxy Note 5 
  25. Galaxy Note Edge 
  26. Lenovo A850 (Catatan sisanya ada perangkat yang sama tetapi malware berbeda) 
Malware yang ditemukan terinstal pada perangkat ini cukup dikenal di kalangan keamanan mobile dan termasuk Loki, iklan bot berbahaya, dan Slocker yang menggunakan jaringan Tor untuk mengirim data kembali ke pembuatnya sambil menghindari deteksi.


Ini jelas situasi yang sangat serius, dan masalah ini bukan pertama kalinya perangkat Android yang ditemukan memiliki masalah keamanan. Check Point belum mengungkapkan semua perangkat dari perusahaan bersar tersebut. Tapi bisa saja itu merupakan skema besar karena munculnya malware yang sudah terinstal di perangkat berbasis Android menjadi tren, seperti dikutip dari BGR.

0 komentar:

Posting Komentar test