ads

Menjadi Gravitasi Dunia Dari Menulis Blog

Jumat, 17 Maret 2017
Foto bareng Serkan Toto koresponden Techcrunch di Hotel Hyatt Bandung tahun 2011 (Dok. Pribadi)
Tidak terbayangkan oleh saya sebelumnya menjadi seorang blogger atau penulis di dunia maya. Karena saya tidak ada dasar sama sekali yang mendukung aktivitas tersebut. Setelah lulus SMA Jurusan Fisika saya melanjutkan kuliah jurusan perhotelan. 

Tapi bersyukur setelah lulus kuliah Diploma 1 Perhotelan saya langsung diterima kerja di salah satu hotel di Kawasan Wisata Puncak. Disela-sela pekerjaan saya di bagian Housekeeping saya kuliah lagi di Universitas Terbuka UPBJJ Bogor dengan tempat kuliah di Cianjur. 

Biaya kuliah S1 dibantu oleh orang tua pada awalnya saja setelah itu dari semester kedua hingga selesai semua menggunakan biaya sendiri dari gaji bulan saya bekerja di hotel. Setiap semester saya harus izin ke atasan untuk mengikuti kegiatan ujian semester yang biasanya dilakukan di Kota Sukabumi dan Uji Komprehensif Tertulis di Kota Bogor.

Saat menjadi Income Auditor di salah satu hotel di Puncak (Gambar Wahyu)
Sejak bekerja di Puncak selama 6 tahun saya menduduki posisi yang berbeda, dari sebagai Public Area attendant, Roomboy, Cashier, hingga jabatan yang terakhir sebagai Income Auditor di Hotel berbintang empat di Kawasan Puncak Cipanas Cianjur. 

Tetapi karena orang tua sering sakit-sakitan akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke tempat kelahiran saya Indramayu dan mengundurkan diri dari tempat kerja yang sudah membesarkan saya hingga menjadi seorang Income Auditor, tinggal selangkah lagi menduduki jabatan sebagai Accounting Manajer di hotel tersebut.

Sebagai guru honorer selama beberapa tahun (Dokumen pribadi)
Semua jalan manusia sudah ada yang menentukan kita ambil hikmahnya saja dan tidak ada yang sia-sia. Setelah pindah ke tempat kelahiran dan beralih profesi sebagai seorang guru honorer. Selepas kesibukan mengajar di sekolah banyak waktu luang yang tersisa hingga akhirnya saya mencoba membuat blog secara otodidak. 

Awal membuat blog adalah memberikan tugas kepada murid-murid saya di SMP dan SMK tempat saya mengajar. Lama kelamaan karena seringnya membaca dan mencari pengetahuan di dunia maya akhirnya saya menemukan hasrat untuk menulis di blog. Dengan bermodalkan keyakinan bahwa saya bisa merangkai kata menjadi kalimat yang bermakna untuk ditulis di blog. 

Soal untuk siswa yang ditulis di blog (Dokumen Pribadi)

Dari semula hanya ngeblog untuk memberikan tugas kepada murid-murid saya akhirnya berkembang menjadi hobi utama yakni menulis terutama tentang gadget dan teknologi. Berbagai tulisan tentang smartphone, tablet, laptop dan lain sering saya tulis di blog saya. 

Lama kelamaan melihat banyak orang yang bisa menghasilkan uang dari blog akhirnya saya belajar mencari ilmu tentang hal tersebut. Berbagai kegiatan kopdar blog saya ikuti dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Sidoarjo, Yogyakarta, Semarang dan kota-kota lainnya pernah saya datangi selain untuk mencari ilmu tentang blog juga menjalin silaturahmi dengan blogger dari daerah lain. 

Mengikuti APAC MLearning di Bandung (Dok. Pribadi)

Beruntung dari seringnya mengikuti kegiatan kopdar tersebut, beberapa kali diundang untuk mengikuti event berskala nasional seperti Blogger Nusantara di Sidoarjo dan Yogyakarta, serta event blog bertaraf internasional seperti APAC MLearning (Asia Pasific Mobile Learning) di Bandung, ASEAN Blogger di Bali dan Festival ASEAN Blogger di Solo pernah saya ikuti. 

Di dunia blogging hampir setiap bulan ada yang namanya lomba blog, saya pun tertarik mengikuti lomba blog. Awalnya selalu kalah lambat laun mulai belajar dari para pemenang lomba blog dan sampai akhirnya saya bisa memenangkan lomba blog. 

Saat menerima hadiah sebagai juara lomba blog di Cirebon (Dokumen Pribadi)
Berbagai hal menarik tersebut saya ceritakan kepada murid-murid saya sehingga mereka banyak yang tertarik dan antusias mengikuti jejak saya sebagai seorang blogger. Karena animo murid-murid saya yang sangat tinggi akhirnya dibuat kelas belajar ngeblog selepas pulang sekolah. 

Saat ini kalau dihitung mungkin sudah ratusan bahkan ribuan murid saya yang pernah belajar ngeblog dan bisa membuat blog. Walaupun sekarang mungkin hanya beberapa murid (alumni) yang masih aktif ngeblog sisanya mungkin sudah lupa bagaimana cara menulis blog.

Pelatihan blog untuk pelajar (Dokumen pribadi)
Tetapi setelah beberapa tahun tidak dipakai terkadang mereka ingin mengetahui manfaat dari blog, tidak sedikit dari mereka yang bertanya-tanya lagi kepada saya bagaimana cara membuat dan menulis di blog. Menariknya lagi mereka tidak tinggal di Indramayu lagi tetapi ada yang tinggal di luar negeri. 

Beruntung sekarang sudah ada yang namanya media sosial, sehingga mereka belajar kembali membuat dan menulis blog melalui media sosial seperti facebook atau menggunakan messenger sehingga tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk bisa belajar membuat blog. 

Foto bareng setelah kegiatan pelatihan blog di Pendopo Indramayu (Dokumen Panitia Pelatihan blog) 

Konsistensi saya dalam ngeblog dan sering berbagi dengan murid-murid saya, akhirnya memacu saya untuk berbagi kepada banyak orang tentang apa manfaat blog. Berbagai kegiatan seperti pelatihan blog untuk pelajar,  guru, UKM (Usaha Kecil dan Menengah), mahasiswa dan masyarakat umum akhirnya sering saya laksanakan bersama rekan-rekan komunitas blogger Indramayu. 

Berbagai topik seperti ngeblog untuk branding usaha, ngeblog untuk media pembelajaran, dan ngeblog untuk mendapatkan penghasilan menjadi tema yang paling sering saya bagikan kepada orang lain. Ini tidak lain dan tidak bukan untuk menginspirasi orang lain agar bisa menghasilkan sesuatu hal yang bermanfaat dari hobi atau kesukaan yang kita geluti, disamping ingin terus memberikan kesan positif tentang Indramayu.
Saat menjadi pembicara pelatihan blog di Pendopo Indramayu (Gambar Samud)
Setelah sering menjadi pembicara dari satu pelatihan atau workshop di wilayah Indramayu dan sekitarnya, tawaran menjadi penulis dari salah satu media bertaraf internasional pun datang menghampiri saya. Tanpa pikir panjang lagi saya langsung bergabung dan menjadi penulis di media tersebut. 

Selang satu bulan dari awal bergabung, ternyata saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu penulis yang dibuatkan film pendeknya, selain itu saya juga diundang menjadi pembicara di salah satu televisi nasional untuk menjadi bintang tamu acara Hitam Putih bersama dua rekan penulis lainnya. 
Saat tampil di acara Hitam Putih Trans 7 (Dokumen Riza)
Sejak kemunculan saya di media sosial Youtube dan Televisi tersebut, banyak orang yang ingin belajar cara menulis di media online tersebut. Apalagi dari hobi menulis tersebut si penulis akan mendapatkan imbalan berupa uang setiap bulannya. 

Hingga akhirnya ratusan orang mengikuti jejak saya menjadi penulis di media online tersebut dan beberapa diantaranya mereka sudah bisa menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk menghidupi dirinya sendiri dan juga keluarganya.
Penulis di UC News
Sebagai seorang blogger saya memang jarang menggunakan kamera pocket atau DSLR, saya lebih sering menggunakan smartphone karena lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Kini dengan smartphone kita sudah bisa menghasilkan gambar atau video yang berkualitas walaupun tidak menggunakan kamera digital. 

Layar smartphone Luna (Gambar Luna.id)
Salah satu smartphone yang memiliki kamera yang bisa diandalkan adalah smartphone LUNA. Smartphone ini memiliki layar 5,5 inci. Smartphone ini memiliki sensor kamera Sony 13MP dengan aperture 2.0 dan dual flash pada bagian belakangnya sedangkan kamera depannya menggunakan sensor 8MP dengan angle view 80 derajat sehingga bisa mengambil gambar selfie lebih leluasa. 

Layar LUNA smartphone menggunakan teknologi layar Full HD dengan resolusi 1920x1080 piksel sehingga gambar yang tampil pada permukaan layar terlihat jernih dan cerah. Kaca pelindung dari smartphone luna menggunakan Gorilla Glass 3 sehingga tidak mudah tergores. 

Luna Smartphone (Gambar Luna.id)
Smartphone ini didesain sangat menawan, selain memiliki bentuk tanpa sudut, juga menggunakan bahan frame alumunium anodized, dan mahkota logam, serta polishing yang halus sehingga hasilnya terlihat lebih anggun dan elegan. 

Casing dari smartphone ini menggunakan logam unibody, dengan logam bersinar dengan tepi ultra-slim dan bagian belakang yang menarik. Smartphone ini memiliki bentuk yang tipis yakni 7.38mm ultra-tipis, LUNA memiliki penampilan luar biasa sehingga penggunanya merasa bangga saat memegangnya.
Ketipisan smartphone Luna hanya 7,38mm (Gambar Luna.id)
LUNA merupakan salah smartphone unggulan yang menggunakan prosesor Quad-core Qualcomm Snapdragon 801 dengan kecepatan 2.5GHz, RAM 3GB dan memori internal 64GB lebih efisien dibandingkan dengan produk sebelumnya. Memori smartphone ini bisa ditambah hingga 128GB dengan kartu memori tambahan. 

Smartphone ini sudah mendukung jaringan 4G LTE yang kini sudah tersebut ke seluruh Indonesia. Smartphone ini memiliki kecepatan download maksimum 150Mbps sehingga pengguna merasakan lancarnya smartphone ini saat digunakan untuk menonton video dan memainkan game online tanpa lag. 
Baterai smartphone Luna (Gambar Luna.id)
Sedangkan baterainya, smartphone ini menggunakan baterai berukuran besar 3000mAh, dengan kapasitas yang lebih besar, daya tahan lebih lama. Smartphone ini sudah medukung Pengisian cepat dan fast charge 2.0. Anda dapat mengisi baterai smartphone ini cukup selama 30 menit untuk mengisi ulang smartphone selama 40% , dan lebih cepat hingga 80% dalam waktu 60 menit. 

Untuk urusan suara, smartphone ini sudah dilengkapi dengan teknologi NXP Smart Ap yang membuat smartphone ini memiliki suara yang menggelegar dengan dual speaker yang disematkan pada perangkat ini. Maka smartphone ini sangat cocok bagi Anda yang senang mendengarkan musik atau menonton film dari perangkat smartphone.

Speaker smartphone Luna (Gambar Luna.id)
Fitur lain yang dimiliki smartphone Luna ini adalah NFC, USB OTG, serta dilengkapi dengan wireless display untuk memproyeksikan layar smartphone ke laptop atau komputer. Smartphone ini sudah bisa didapatkan di Luna Indonesia

Mudah-mudahan artikel ini bisa menginspirasi orang lain untuk terus berbagi ilmu dan pengetahuan yang kita miliki walaupun sedikit. Selain itu mudah-mudahan Anda bijak menggunakan smartphone ini hal-hal yang positif.

5 komentar for Menjadi Gravitasi Dunia Dari Menulis Blog :

  1. Kang Didno memang menginspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bai..saya justru salut sama bai yang sudah memenangkan lomba dengan hadiah jalan-jalan ke luar negeri

      Hapus
  2. Senang bisa berteman meski hanya secara virtual. Kang Didno sangat menginspirasi. Good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan-kapan kita bisa kopdar mba Mei Wulandari

      Hapus
  3. Aduh, kang Dino memang warbasyah...:) Sukses yang kang...

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam