ads

10 Alasan Tidak Perlu Membeli Smartphone Mahal

Senin, 10 April 2017
Samsung Galaxy S8 (Gambar Akun @VenyaGeskin1)

Saat ini banyak vendor yang memperkenalkan produk terbarunya, tidak tanggung-tanggung harga smartphone yang ditawarkan dengan harga di atas 9 Juta hingga 13 jutaan. Seperti yang sekarang sedang pre-order di Indonesia yakni Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8 Plus. 


Beberapa waktu yang lalu salah satu operator seluler di tanah air baru saja memperkenalkan produk terbaru dari Apple yakni iPhone 7. Antrian pembeli smartphone ini sangat mengular dan ludes dalam hitungan jam. Walaupun harga smartphone tersebut mahal tetapi tetap saja smartphone tersebut diburu oleh konsumen di Indonesia. 


Berbagai alasan mereka tetap berburu smartphone mahal salah satunya adalah prestise bagi siapa saja yang menggunakannya. Padahal smartphone mahal sebenarnya fiturnya tidak terlalu berbeda dengan smartphone kelas menengah, hanya ada satu atau dua fitur saja yang membedakan. Oleh karena itu ada beberapa alasan tidak perlu membeli smartphone mahal : 

  1. Fungsinya tidak jauh berbeda. Fungsi antara smartphone yang harganya mahal, sedang dan murah tidak jauh berbeda yakni bisa digunakan untuk menelepon, SMS, foto, mengakses internet, media sosial, menggunakan aplikasi perpesanan, bermain game dan mendengarkan musik dan menonton video. 
  2. Banyak fitur yang tidak terpakai. Smartphone dengan harga yang mahal biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru, tetapi di negara kita belum tentu fitur tersebut sudah bisa diterapkan sebagai contoh sistem pembayaran dari Samsung yakni Samsung Pay belum bisa berjalan dengan baik di Indonesia. 
  3. Bukan penggemar game. Jika Anda bukan seorang gamer atau pencinta game maka sebaiknya menggunakan smartphone biasa saja jangan smartphone yang mahal. Karena smartphone biasa juga sekarang sudah memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan game pada smartphone Anda. Tinggal cari smartphone yang memiliki RAM besar, resolusi tinggi dan juga memori yang luas. 
  4. Sensor kamera hampir sama. Kini mencari smartphone dengan resolusi yang tinggi tidak harus mencari smartphone dengan harga yang mahal. Ada beberapa smartphone kelas menengah yang memiliki sensor kamera besar tetapi harganya tetap terjangkau. 
  5. Kepentingan biasa. Jika Anda hanya menggunakan smartphone untuk kepentingan yang biasa atau normal saja maka percuma Anda membeli smartphone yang harganya mahal hanya untuk prestise atau gengsi saja. 
  6. Tidak terjangkau. Membeli smartphone dengan harga mahal tentu tidak semua orang bisa melakukannya. Bagi mereka harga yang murah dan terjangkau tetapi mempunyai fitur yang tidak jauh berbeda dengan smartphone murah maka sudah cukup. 
  7. Layarnya besar. Hampir semua perangkat yang mahal memiliki layar yang besar, padahal tidak semua orang suka dengan smartphone yang memiliki layar besar. Jika Anda senang dengan smartphone yang nyaman digenggam maka carilah smartphone yang sesuai dengan genggaman Anda dan tidak harus mencari smartphone yang harganya mahal. 
  8. Kalau hilang teramat sedih. Jika smartphone yang harganya mahal hilang bisa kebayang sedih, nyesel campur baur. Tetapi jika yang hilang smartphone yang harganya terjangkau tidak terlalu nyesek di hati. Tinggal ngumpulin duit terus beli yang baru lagi. 
  9. Mahal biaya reparasinya. Jika smartphone yang harganya mahal rusak, biasanya biaya perbaikannya mahal oleh karena itu mendingan membeli smartphone yang murah, kalau rusak biaya perbaikannya mahal tidak usah diteruskan tinggal beli saja yang baru.  
  10. Bakalan ada yang baru. Hanya hitungan bulan pasti ada smartphone penggantinya yang baru, sedangkan smartphone yang sudah kita miliki pasti harganya jatuh melayang-layang. Jika dijual smartphone yang kita miliki pasti dibanderol dengan harga yang jauh dari harga belinya, harga setengahnya saja masih untung. 
Itulah alasan tidak perlu membeli smartphone yang mahal, mendingan memanfaatkan smartphone yang dimiliki maksimalkan penghasilan dari smartphone tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar test