ads

5 Fakta Mengejutkan Tentang Android Yang Perlu Anda Ketahui

Jumat, 14 April 2017
Android sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia (Gambar Gadgetcares.com)

Milyaran orang di bumi ini sudah menggunakan ponsel berbasis Android, sistem operasi ini kini menjadi sistem operasi yang mendominasi jagat raya dibandingkan sistem operasi lainnya seperti iOS, BlackBerry, Tizen dan lain. 

Sistem operasi ini banyak digunakan digandrungi oleh banyak pengguna karena bisa melakukan berbagai hal dengan mudah dan cepat untuk berbagai tujuan seperti hiburan, fotografi, kepentingan pekerjaan, panduan perjalanan, akses keamanan dan lain sebagainya. Tapi tidak semua orang mengetahui bahwa sistem operasi Android memiliki beberapa fakta menarik yang membuat Anda terkejut dan mungkin tidak terpikir sebelumnya.

Berikut 5 fakta mengejutkan tentang Android yang perlu Anda ketahui : 

  1. Android itu laki-laki. Lebih tepatnya robot pria. Banyak sumber yang menyatakan bahwa definisi Android dari kamus adalah robot dengan perwujudan dari manusia. Namun, kata fragmen 'andr' sendiri memiliki makna seorang laki-laki, sedangkan perangkat 'droid 'atau '-oild' didefinisikan robot sendiri atau robot. Selain itu sudah banyak pendapat menunjukkan bahwa Android adalah robot yang menyerupai manusia. Sedangkan robot perempuan menggunakan beberapa istilah yakni gynoid, fembot, dan robotika. Istilah robot itu sendiri berasal dari sebuah pertunjukan teater treatTikal Ceko pada tahun 1921 yang berjudul Rossum Universal Robots (R.U.R.). 
  2. Android bukan asli diciptakan untuk ponsel atau tablet. Hal itu terungkap pada 2013 lalu, salah satu co-foundernya meninggalkan Android yakni Andy Rubin, mengatakan rekan-rekannya di sebuah acara pers di Tokyo, Jepang, mengatakan bahwa Android telah berkembang pesat sejak awal 2013 dan tidak direncanakan untuk smartphone. Tapi sistem operasi ini ditujukan untuk kamera pintar. Konsep utama Android awalnya adalah untuk menghubungkan perangkat kamera pintar ini dengan PC dan kemudian meng-upload foto hasil rekaman ke sistem penyimpanan udara dengan layanan yang disebut "Android Datacenter". Tapi pasar kamera digital pintar mengalami penurunan minat dan permintaannya sehingga Rubin memutuskan untuk mengembangkan Android pada smartphone. 
  3. Android berhutang kepada Steve Jobs. Percaya atau tidak, mendiang Steve Jobs telah membuat kontribusi besar untuk Android. Antara tahun 2005 dan 2007, Android memiliki trek panjang sebagai pesaing terberat Microsoft, yang pada waktu itu merupakan perusahaan terbesar dan terkaya dalam bidang teknologi di seluruh dunia. Jika Anda lahir di tahun 90-an Anda mungkin tahu bahwa setiap ponsel memiliki sistem operasi masing-masing, seperti Nokia menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan Motorola, Samsung, Sony, dan lain-lain. Pada waktu itu dia berpikir bahwa sistem operasi Android yang menggunakan standar umum memiliki kesempatan menjatuhkan pada Microsoft. Tapi kemudian Steve Jobs memperkenalkan iPhone pada tahun 2007, perangkat smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi multi-touch. Jika Steve Jobs tidak meluncurkan teknologi ini, Samsung atau Sony mungkin akan terlihat seperti Blackberry yang masih menggunakan keyboard fisik. 
  4. Android lebih menarik daripada iPhone. Banyak orang berpikir bahwa Apple telah merevolusi perangkat lunak smartphone, namun pada kenyataannya pengembangan Android diciptakan pada waktu bersamaan ternyata lebih menarik dan memiliki banyak keuntungan. Berbeda dengan iPhone sangat tergantung pada iTunes, tidak bisa melakukan multi-tasking, dan bahkan tidak bisa copy paste pada saat awalnya. Sementara Android telah mengembangkan teknologi mobile bernama Sooner yang multi-tasking, tidak harus bergantung pada PC atau laptop, tidak hanya bekerja pada ponsel tetapi juga tablet dan terhubung dengan toko aplikasi online pada waktu yang sama. Tapi sayangnya tidak memiliki bentuk fisik yang menarik, bahkan sangat jelek. Bentuknya menyerupai Blackberry dengan tombol perangkat plastik banyak segel dengan layar yang tidak memiliki teknologi layar sentuh, apalagi multi-touch. Sementara iPhone memenangkan pasar dengan desain yang terlihat seperti perangkat modern layaknya film fiksi ilmiah. Dengan teknologi layar sentuh yang membuat sebuah revolusi dalam teknologi perangkat mobile. Dengan demikian, Android melakukan gebrakan besar pada tahun 2008 dengan smartphone stylish seperti iPhone.
  5. Android bisa digunakan di ruang angkasa. Pada tahun 2013, NASA (National Aeronautics and Space Administration) telah meluncurkan sejumlah "PhoneSats", yakni satelit murah yang menggunakan teknologi ponsel Android. Sekarang semua PhoneSats telah hancur, tiga di antaranya bertahan melalui lapisan atmosfer, tetapi mereka berhasil melakukan pekerjaan yang baik. Buktinya adalah satelit tersebut berhasil mengirim foto dari ruang angkasa dan satelit yang menunjukkan bahwa di ruang angkasa dengan menggunakan hardware murah masih bisa bekerja dengan baik. PhoneSats terdiri dari 2 buah smartphone HTC Nexus One dan Samsung Nexus S, dan total biaya untuk setiap satelitnya hanya sekitar $ 3.500 atau sekitar Rp.45,8 jutaan, harga yang relatif sangat murah untuk satelit luar angkasa, seperti dikutip dari Gadgetcares.com. 
Itulah fakta mengejutkan tentang android yang jarang diketahui oleh penggunanya. Mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar test